Skip to main content

Cara Mudah Membuat Email Terbaru Hanya Butuh Waktu 5 menit


cara mudah membuat gmail, cara membuat akun gmail, cara mudah membuat account gmail, langkah membuat gmail
Bagaimana cara mudah membuat atau mendaftar email Gmail ? Gmail merupakan penyedia  email google, gmail merupakan layanan yang gratis, apakah kamu belum mempunyai Gmail? Memang dulunya gmail hanya sebatas undangan saja, namun seiring dengan berkembangnya teknologi kini anda bisa mendaftar dan membuat akun Gmail secara gratis kapanpun dan dimanapun anda mau asalkan masih terhubung dengan internet tentunya.

Gmail sebelumnya masih kalah saing dengan yahoo email, pertama kali Gmail diperkenalkan, perkembangannya memang sangat terbatas dimana hanya mengijinkan pengguna melakukan undangan terhadap teman-temannya untuk bergabung membuat email, hal ini dilakukan untuk mempertahankan reputasinya serta merta membatasi pertumbuhannya, dan hingga 14 februari 2007, sistem undangan yang terbatas itu sudah dihentikan, dan seketika Gmail menjadi penyedia email yang begitu populer.


Memang gmail tidak seperti para kompetitornya, dimana gmail tidak memasang iklan untuk  mengirim pesan anda, tidak ada iklan apapun yang diberikan oleh Gmail baik yang muncul pada komputer dan hp anda.

Memang sampai sekarang ini, gmail mempunyai peran yang sangat penting seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, selain dapat digunakan sebagai alternatif mengirim dokumen berupa, file dan video kamu juga bisa menggunakan gmail ini untuk mempermudah terhubung dengan google, youtube dan juga playstore.

Nah pada kesempatan ini, saya akan mencoba memberikan anda cara membuat acount Gmail dengan mudah,  cara membuat email gmail ini saya tulis untuk pembaca yang merasa kebingungan ketika membuat akun email gratis satu ini. Dan berikut adalah langkah-langkanya.

Cara buat akun Gmail di komputer

1.      Pertama kamu ketikan alamat www.gmail.com pada web browser.
2.      Pilih  create an account, pada kotak akan terbuka.
3.      Isi data diri kamu secara lengkap.
4.      Pada isian setelah memasukan nama , kamu  bisa memilih nama sebagai username.
5.      bila ternyata ada tulisan That username is taken. Try another. Itu menandakan orang lain telah menggunakan  username yang kamu pilih. kamu bisa saja menambahkan simbol dan angka untuk membuat username secara unik
6.      Isi semua kolom yang memang belum terisi dengan data secara benar.
7.      Klik Next Step, selanjutnya muncul agreement, dan kotak persyaratan, klik I Agree
8.      Kalian  telah memiliki akun Gmail sekarang.
Bagaimana mudah bukan ? sampai disini nampaknya kamu sudah bisa melewati cara mudah membuat gmail lewat laptop, nah bagaimana bila kamu menggunakan smartphone? Tenang saja, saya akan memberikan ulasan cara membuat akun gmail lewat hp, tetapi sebelum itu kamu juga harus tahu manfaat dari gmail ini.

Manfaat  menggunakan Gmail

1. Penyaringan Spam

Tentunya  sebagian besar layanan email akan menawarkan semacam penyaringan seperti sekarang ini, penyaringan spam yang dimiliki  google sangat efektif. Gmail akan mencoba menyaring upaya adanya virus, spam, dan phising iklan, namun tidak penyaringan 100 persen benar/ efektif.

2. Merger Google Hangouts

Dekstop Gmail juga menambahkan fitur  kontak hangouts pada sisi kiri layar, sehingga kamu  bisa  mengetahui siapa saja kontak email kamu yang tengah menggunakan hangouts. Hangouts adalah sebuah aplikasi messenger yang mempunyai kelebihan seperti  dapat melakukan video call bersama banyak orang.

3. Akses offline

Kamu  bisa juga  mengakses gmail secara offline di komputer , walaupun tidak terhubung internet. Caranya ialah dengan memasang add on  Gmail offline chrome di web browser kamu.
Nah itulah 3 (tiga) manfaat utama menggunakan produk google satu ini, selain menjaga documen kamu selalu aman, Gmail juga memberikan fasilitas yang cukup memuaskan. Selanjutnya adalah cara membuat gmail pada hp atau smartphone, berikut adalah ulasannya.


Cara membuat akun Gmail Di Android / HP OS lainnya

1.      Pilih  menu setting dan sesuaikan dengan pengaturan di HP
2.      pada menu acoount atau akun
3.      kamu Pilih add acoount / tambah akun
4.      Cari ikon google
5.      Selanjutnya  muncul pilihan sign in juga create a new account
6.      Kamu pilih saja create a new account
7.      Pada form Isi nama depan dan nama belakang
8.      Klik next
9.      Selanjutnya  isi tanggal lahir , jenis kelamin
10.  Klik next
11.  Pilih nama untuk username kalian
12.  Klik next
13.  Jika  muncul tulisan That username is taken. Try another. Itu pennada orang lain telah menggunakan username yang kalian pilih. Kalian juga  bisa mengakalinya dengan menambah angka.
14.  Klik next
15.  Selanjutnya kamu akan diarahkan memilih password. Minimal menggunakan 8 karakter, dapat  menggunakan huruf kecil, angka, besar,  dan karakter unik. Jangan lupa! Samakan isian kolom atas juga dengan bawah.
16.  Klik next
17.  Langkah selanjutnya ialah  tidak wajib diisi, bila kamu  ingin mengisinya selanjutnya klik next jika tidak kamu  klik skip
18.  muncul kotak Privacy and Terms
19.  Klik I Agree
20.  Setelahnya ada konfirmasi username juga password. Klik Next
21.  Kemudian selanjutnya muncul pilihan pembayaran. Pada bagian ini bisa kamu lewati dengan pilih No Thanks, lalu klik Next
22.  Aplikasi memproses. Setelah itu kamu  akan mendapat pemberitahuan berupa notif  mengatakan bahwa kamu telah memiliki akun Gmail baru.
Selamat Gmail sudah dibuat pada hp android atau OS kamu, memang banyak manfaat yang bisa didapatkan bila menggunakan email Gmail seperti mempermudah akses, google, youtube, playtore dan sistem pengiklan google, semoga untuk artikel satu ini bisa membantu kamu yang lagi kesulitan untuk membuat akun gmail, jangan lupa berikan kritik dan saran pada kolom komentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar