Skip to main content

6 Cara Mudah Menghilangkan Noda / Bercak JAMUR Yang Membandel Di kaca Mobil

cara menghilangkan jamur pada kaca mobil
6 Cara Mudah Menghilangkan Noda Atau Bercak  JAMUR Yang Membandel Di kaca Mobil Cara menghilangkan jamur kaca mobil tentunya menjadi masalah yang susah-sauah gampang. Jamur di kaca seringkali menempel secara membandel dan sangat susah dihilangkan, sehingga hal ini tentunya kembali membuat risih untuk pemilik mobil. Kaca mobil mempunyai fungsi yang begitu vital ketika berkendara, yaitu untuk alternatif pelindung dari panas dan juga hujan, memang kaca mobil menjadi bagian yang sangat penting juga dari segi keselamatan pengemudi dan penumpang.

kaca mobil tidak bisa dipungkiri merupakan bagian dari pusat pandangan pengemudi yang harus dalam kondisi baik agar bisa mengemudi secara lancar dan tidak terganggu. Untuk Kondisi kaca mobil yang bagus tentu bisa sangat membantu pandangan tepatnya ketika malam hari untuk mengurangi bias cahaya yang berasal dari luar.

Oleh sebab itu, kaca mobilmemang harus sering dibersihkan dan juga dijaga kebersihannya. Bila yang menempel itu kotoran debu, cipratan air , hal tersebut masih sangat mudah untuk dibersihkan. Memang sangat Berbeda dengan gangguan noda jamur pada kaca mobil yang memang membutuhkan usaha dan kesabaran yang lebih untuk menghilangkannya.

Memang terdapat beberapa langkah yang dapat teman-teman lakukan ketika mencari cara membersihkan jamur pada kaca mobil yang membandel ini. Tips berikut ini bisa kalian coba sendiri di rumah menggunakan bantuan alat sederhana. Cara menghilangkan bercak di kaca mobil?, langsung simak tipsnya.

Baca Juga : Syarat Pendaftaran CPNS 2018

menggunakan mobil secara terus menerus setiap harinya memang akan menyebabkan masalah pada mobil. Diantaranya masalah padakaca mobil. Kaca mobil mempunyai fungsi pelindung dari panas dan hujan ,kaca mobil menjadi bagian dari mobil yang mempunyai peran yang sangat utama dalam hal keselamatan pengemudi. Paparan hujan panas dan perubahan cuaca yang bisa membuat jamur pada kaca mobil Anda Nampak seperti bercak2 air yang mengering. Selain hal ini bisa membuat penampilan mobil tidak bagus dipandang , jamur yang terdapat pada kaca mobil bisa juga mengakibatkan gangguan ketika Anda tengah mengemudi kendaraan mengingat pengemudi tidak bisa melihat jelas pada area jalan. Apalagi ketika anda mengendarai mobil saat malam hari, memang ini sangat membahayakan keselamatan Anda semua.

Sebelum membahas cara menghilangkan jamur sebenarnya apa saja yang menyebabkan jamur pada kaca mobil? Berikut penjelasannya :
cara menghilangkan noda jamur pada kaca mobil


Perubahan cuaca saat menggunakan kendaraan

Cuaca menjadi penyebab terjadinya bercak jamur di area kaca mobil mengingat dari kondisi cuaca yang mengalami suatu perubahan terus menerus. Contohnya saja Anda tengah menggunakan kendaraan dimana saat itu ketika sinar matahari tengah terik-teriknya dan untuk beberapa saat kemudian cuaca kembali berubah menjadi hujan yang begitu deras. Perubahan cuaca drastis ini yang membuat noda jamur tumbuh di kaca kendaraan mobil Anda.

Meletakkan mobil di tempat lembab

kesalahan yang bisa membuat tumbuhnya jamur di area kaca mobil dimana Anda sering menaruh mobil anda pada tempat yang lembab dan juga membiarkan debu juga kotoran menempel begitu lama di area kaca mobil. Kaca mobil yang kotor yang tidak segera dibersihkan bisa juga memicu tumbuhnya jamur di area kaca mobil.

Mencuci mobil pada saat cuaca panas

Mencuci mobil ketika cuaca tengah terik ini menjadi faktor menyebabkan jamur dikaca mobil. Jamur di kaca mobil ini bisa juga berasal dari bercak air. ketika saat kalian berusaha mencuci nya pada keadaan panas tentunya tentunya air sangat cepat mengering dan menimbulkan timbulnya bercak jamur di area kaca mobil. Selain itu, ketika mencuci mobil pada keadaan mobil masih panas juga mempunyai pengaruh sama pertumbuhan jamur.

Kualitas air digunakan

Kualitas air yang digunakan ketika mencuci mobil tentunya bida mempengaruhi timbulnya bercak-bercak jamur di kaca mobil. Contohnya saja jika kalian menggunakan air tanah, memang kandungan kapur begitu tinggi. Kadar kapur tinggi ini bisa membuat bercak jamur semakin membesar. Selain itu, terkadang kandnung air tanah mengandung unsur besi kuning dan air garam. Anda memang perlu menghindari jenis air ini tentunya air seperti ini menyebabkan timbulnya jamur dan bisa membuat tampilan kaca mobil kusam. Untuk saat ini lebih baik bila kalian menggunakan air pam untuk mencuci mobil kesayangan.

Tips menghilangkan jamur kaca mobil kesayangan biasanya pemilik kendaraan langsung membawa mobil mereka ke cuci mobil. Namun bila membawanya ke salon mobil tentunya membuat anda harus mengeluarkan biaya yang memang tidak sedikit. Selain itu, untuk kalian yang tidak mempunyai cukup waktu sangat susah agar bisa mendatangi salon mobil. Sebenarnya anda bisa menghilangkan jamur kaca kendaraan menggunakan alat dan juga bahan yang sederhana, sehingga dapat menghemat biaya juga dari segi waktu dibandingkan kembali datang ke salon mobil.

cara menghilangkan jamur kaca mobil dengan mudah:

cara menghilangkan bercak jamur pada kaca mobil

1. Menggunakan Alkohol

Salah satu tips menghilangkan jamur di kaca mobil secara mudah adalah dengan alkohol. Alkohol dapat digunakan membersihkan luka pada kulit, namun anda bisa memanfaatkannya ketika menghilangkan jamur pada kaca mobil. tips penggunaannya sangat mudah. Berikut cara dan langkah membersihkan jamur kaca dengan menggunakan alkohol:

- Pertama siapkan terlebih dahulu alat bahan yang digunakan. siapkan alkohol 50-90%. Sedangkan bagi alat yang digunakan bisa menggunakan kapas dan juga kain lembut.

- Kocok alkohol yang di gunakan. dan celupkan kapas pada kain lembut pada alkohol, secukupnya saja.

- Gosokkan kain / kapas di bagian kaca yang ada noda jamur. Gosokkan secara perlahan sampai bercak jamur kaca menghilang.

- Meskipun tips ini bisa dibilang kuno, tetapi keampuhannya memang sudah bisa dibuktikan. Anda bisa menghilangkan jamur di kaca mobil tanpa membeli peralatan yang mahal mahal.

2. Menggunakan Pemutih Pakaian

Upaya lainnya menghilangkan jamur di kaca mobil ialah menggunakan pemutih pakaian. Pemutih pakaian memang tidak hanya bisa menghilangkan noda yang membandel di pakaian namun bisa menghilangkan bercak jamur pada bagian kaca mobil.Berikut ini upaya membersihkan jamur kaca mobil menggunakan pemutih pakaian.

- Untuk penggunaannya memang sama saja seperti sebelumnya. Anda hanya cukup menyiapkan kain lembut dan pemutih pakaian.

- Celupkan kain lembut pada pemutih pakaian, selanjutnya gosokkan pada bagian kaca mobil yang bermasalah sampai dengan bercak jamur hilang tak bersisa.

- Selanjutnya , anda bisa membersihkan kaca mobil menggunakan air biasa.

- Kemudian setelah bersih, keringkan menggunakan lap kain kering.

- Ternyata pemutih pakaian dapat di gunakan alternative cara menghilangkan jamur kaca mobil. cara 

– cara nya anda dapat mengikuti seperti langkah – langkah yang memang sudah di jelaskan di atas. Cukup mudah tentunya bukan ? selain mudah teman teman juga tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu mahal.

3. Menggunakan Minuman Soda

Air soda memang tidak hanya enak diminum, air soda juga bisa di manfaatkan mmembersihkan jamur di kaca mobil anda. berikut ini cara membersihkan noda jamur di kaca mobil menggunakan minuman soda.

bila Anda hendak memilih menggunakan minuman soda sebagai alternative menghilangkan jamur di kaca mobil anda, sebaiknya anda membersihkan permukaan kaca mobil terlebih dahulu.

- Untuk membersihkan kacaa yang bernoda jangan menyiram kaca mobil menggunakan menggunakan air. Hal ini disebabkan untuk unsur kimia yang berada pada minuman soda tidak bercampur bersama air. Anda dapat membersihkannya dengan mengelapnya saja, usahakan tidak sampai ada kotoran dan juga debu yang menempel pada kaca.

- ketika kaca bersih baru anda bisa memulai pembersihan. Anda bisa menyiapkan kain lembut kering yang kemudian basahi menggunakan minuman soda tersebut.

- selanjutnya, gosokkan di bagian kaca yang terkenan oda jamur. Ulangi cara ini sampai beberapa kali hingga jamur di kaca mobil hilang.

Selain pemutih pakaian, tentunya anda dapat menggunakan minuman soda sebagai alternatif cara menghilangkan jamur kaca mobil. cara – cara nya bisa dengan mengikuti langkah – langkah yang sudah di bahas di atas. selain cara yang mudah tentu minuman soda juga dapat Anda proleh di mana saja, anda tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu mahal juga untuk menghilangkan noda jamur membandel pada kaca mobil.

4. Menggunakan cuka apel

cuka apel yang biasanya digunakan untuk bahan makanan bahkan bisa dimanfaatkan untuk pengobatan. Namun jangan salah cuka apel juga bisa digunakan menghilangkan bercak noda jamur yang sulit dihilangkan dikaca mobil. berikut langkah-langkah membersihkan jamur kaca mobil menggunakan cuka apel caranya juga cukup simpel.

- Pertama buatlah campuran cuka apel dengan air. takarannya 3 sendok makan cuka apel dicampur dengan 1 liter air.

- Selanjutnya celupkan kain lembut pada campuran tersebut.

- Gosokkan kain tadi di kaca mobil seiring gerakan memutar sampai jamur yang ada pada kaca mobil memudar dan hilang sempurna.

- Setelah bercak jamur bersih, Kalian bisa juga mengeringkan kaca menggunakan kertas koran.

selanjutnya, kalian bisa melihat sendiri hasilnya pada kaca mobil benar-benar menakjubkan.

5. Menggunakan pasta gigi

Bahan yang kelima bisa teman-teman gunakan ialah pasta gigi. memanfaatkan pasta gigi untuk pembersih jamur kaca mobil sangatlah mudah. Berikut ini cara yang tepat membersihkan kaca mobil menggunakan pasta gigi.

- Pastikan kondisi kaca mobil pada keadaan bersih dan kering.

- Oleskan pasta gigi kaca mobil yang terdapat bercak noda jamur secara merata.

- Tunggu sampai pasta gigi mulai mengering.

- Kemudian setelah mengering, anda bisa membersihkan pasta gigi menggunakan air.

- Gosok menggunakan air sampai benar-benar bersih. Anda bisa menggosoknya menggunakan kain lembut.

- Gosokkan kain sampai jamur di kaca mobil mulai menghilang.

- mengeringkan kaca mobil, bisa juga menggunakan kain kering dan koran.

6. Menggunakan Air Tembakau

Air tembakau sangat terkenal untuk pembersih bercak jamur di kaca mobil anda. berikut ini langkah-langkah yang mudah membersihkan bercak jamur menggunakan tembakau.

- Pertama anda Siapkan segenggam tembakau kering yang akan direndam dengan air bersih dalam kurang lebih selama 15 menit.

- kondisi air yang di gunakan tidak tercampur bahan lainnya contohnya sabun atau detergen.

- sembari menunggu rendaman Air tembakau, Kalian bisa membersihkan kaca mobil terlebih dahulu menggunakan air dingin bersih.

- Ketika sudah bersih dan kering, teman-teman bisa menyiram kaca mobil yang bermasalah menggunakan air rendama tembakau.

- gosok kaca hingga bersih menggunakan busa.

- Lakukan langkah langkah tersebut beberapa kali hingga jamur kaca mobil benar-benar hilang.

- selanjutnya bilas kembali kaca dengan menggunakan air bersih dan juga lap kering.


Tentunya Anda harus melakukan pencegahan agar nantinya bercak jamur tidak bisa timbul pada permukaan kaca mobil. Caranya sangat mudah, anda memang perlu cekatan mengguyur dan mencuci langsung mobil anda ketika terkena air hujan. Namun jika anda tidak ada waktu mencucinya, anda bisa juga mengelap mobil menggunakan kanebo yang basah.
Buka Komentar
Tutup Komentar