Skip to main content

Kata Kata Ucapan Selamat Hari Raya Galungan Dan Kuningan Lengkap Makna Dan Runtunan Hari Raya

galungan, kuningan, ucapan galungan dan kuningan, kata ucapan selamat galungan dan kuningan, selamat galungan dan kuningan
Kata Kata Ucapan Selamat Hari Raya Galungan & Kuningan Terbaru OM Swastiastu Ucapan pertama kami ingin mengucapkan Selamat Menyambut hari raya Galungan Dan Kuningan kali ini kami kembali Akan Berbagi Kumpulan Kata Ucapan selamat hari raya galungan dalam bahasa bali, indonesia dan juga menggunakan  bahasa inggris, tentunya semua ini tidak bisa dipungkiri bahwanya galungan dan kuningan adalah hari kebesaran umat hindu di dunia.

Kumpulan Kata Ucapan Galungan Dan Kuningan Terlengkap

Umat hindu kususnya di Bali akan melaksanakan persembahyangan terhadapat Tuhan /Ida Sang Hyang Widi Wasa,  tentunya Di Bali masyarakat mulai bersibuk ria untuk mempersiapkan persembahyangan yang biasanya dimulai dari sebulan sebelumnya, sama halnya para ibu rumah tangga akan mempersiapkan jajanan/banten (Eteh Eteh) yang nantinya digunakan sebagai saran sembahyang, di kesempatan ini umat hindu Se- Dharma, memang teman-teman juga harus tahu sejarah mitologi ,  Rangkaian dari Hari Raya sebagai geneasi penerus wajib untuk mengetahui semua itu dan terakhir Kumpulan ucapan Selamat hari raya galungan & Kuningan yang diberikan untuk teman dan sanak saudara Umat Hindu Se-Dharma.


Peringatan Hari Raya Galungan ini merupakan simbol kemenangan Dharma ketika melawan Adharma, secara simbolis masyarakat hindu serentak memperingati hari kemenangan dengan melaksanakan persembahyangan di pura-pura,Galungan diperingati setiap 210 hari oleh umat Hindu, jika menggunakan hitingan kalender Bali, Galungan akan jatuh pada hari Rabu Budha Kliwon Dungulan.

Runtunan Hari Raya Galungan Dan Kuningan

  • Tumpek Wariga
  • Sugihan Jawa
  • Sugihan Bali
  • Hari Penyekeban
  • Hari Penyajan
  • Hari Penampahan
  • Hari Raya Galungan
  • Hari Umanis Galungan
  • Hari Pemaridan Guru
  • Ulihan
  • Hari Pemacekan Agung
  • Hari Kuningan
  • Hari Pegat Wakan

Makna Hari Raya Galungan

Berikut adalah makna dari peringatan dari hari raya galungan sebagi berikut:

Hari raya Galungan para umat Hindu Se-Dharma menyatukan kekuatan rohani agar bisa meraih pikiran ,pendirian yang tenang, bersatunya rohani & pikiran yang jernih suci inilah salah satu dari wujud dari Dharma yang berada pada diri, sedangkan segala hal berkaitan akan kekacauan pikiran merupakan bagian dari wujud Adharam, ini merupakan konsep yang dikutip atas Lontar Sunarigama, hakekatnya Galungan ialah merayakan kemenangan Dharma melawan Adharma.


Pawedalan Jagat (Otonan Gumi), dikutip oleh Parisade Hindu menyatakan bahwa pada hari raya galungan umat/masyarakat hindu di bali melaksanakan suksemaning Idep (mengucapkan terimaksih) kehadapan Tuhan/ Ida sang Hyang Widhi Wasa atas semua ciptaan yang ada di dunia beserta dengan isinya, Peringatan  hari raya galungan ini bagian dari simbolis syukur umat hindu atas segala-galanya yang berada di dunia ini.

Makna Hari Raya Kuningan

Berikut adalah makna dari peringatan dari hari raya Kuningan sebagi berikut:

Kuningan biasa disebut dengan tumpek kuningan yang jatuh pada hari sabtu, kuningan tepat jatuh 10 hari setelah hari raya galungan, dan hari ini umat hindu akan melaksanakan persembahyangan kehadapan Dewata &Pitara /leluhur, dan yang uniknya kuningan ini diperingati setengah hari atau sampai dengan  jam 12 saja.

mungkin teman teman yang perhatian, setiap galungan dan kuningan, maka di jalan jalan akan di hiasi dengan Penjor, sudah tahukah teman teman dengan makna penjor yang dipasang di depan rumah ?

Makna Penjor Hari Raya Galungan Dan Kuningan

Penjor mempunyai pengertian Pengajum, Pengastawa, jikadihilangkan huruf “ny” , kata benda akan menjadi Penyor yang mempunyai arti sebagai sarana melaksanakan Pengastawa.

Bahan penjor sebatang bambu ujungnya yang  melengkung, dihiasi janur dan daun enau yang masih muda dan daun-daunan seperti(plawa). Perlengkapan penjor diantaranya adalah Pala bungkah (umbi-umbian salah satunya adalah ketela rambat), Pala Gantung (seperti kelapa,  pisang, nanas dan sebagainya), Pala Wija (contohnya ialaha jagung, padi dll),  jajan dan juga sanggah Ardha Candra lengkap menggunakan sesajennya. kusunya untuk di bagian ujung penjor akan digantungkan sampiyan penjor lengkap tetandingan porosan dan bunga. Sanggah Penjor yang dibuat Sanggah Ardha Candra yang dibuat menggunakan bambu, dengan bentuk  persegi empat bagian atapnya melengkung setengah lingkaran sampaidengan bentuknya menyerupai bentuk bulan sabit.

Memasang Penjor mempunyai makna mewujudkan bakti dan sebagai ungkapan raya syukur terima kasih kita untuk kemakmuran yang dipersembahkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi (Tuhan). Bambu melengkung simbolis dari gunung tertinggi yang merupakan tempat yang suci, hiasan Penjor terdiri kelapa, jajan, pisang, tebu, dan kain merupakan wakil dari tumbuh-tumbuhan dan juga benda sandang pangan yang ada di bumi.

Untuk bahan-bahan pembuat penjor ini tentu mempunyai arti dan filosofinya . 

Penjor galungan bersifat begitu religius, mempunyai fungsi tertentu ketika upacara keagamaan,dan sangat wajib di buat lengkap untuk segala kelengkapannya, penjor untuk upacara harus memenuhi syarat tertentu, dan sesuai Sastra Agama, tentunya tidak berkesan sebagai hiasan saja. pada lontar Tutur Dewi Tapini memang telah disebutkan setiap unsur penjor melambangkan atas simbol-simbol suci, yaitu adalah sebagai berikut :
  • Bambu (dan kue) sebagai vibrasi kekuatan Dewa Brahma
  • Kelapa sebagai Simbolis vibrasi Dewa Rudra
  • Kain Kuning dan Janur sebagai Simbolis vibrasi Dewa Mahadewa
  • Daun-daunan (plawa) sebagai Simbolis vibrasi Dewa Sangkara.
  • Pala bungkah dan pala gantung sebagai Simbolis vibrasi Dewa Wisnu.
  • Tebu sebagai Simbolis vibrasi Dewa Sambu.
  • Padi sebagai Simbolis vibrasi Dewi Sri
  • Kain putih sebagai Simbolis vibrasi Dewa Iswara..
  • Sanggah sebagai Simbolis vibrasi Dewa Siwa.
  • Upakara sebagai Simbolis vibrasi Dewa Sadha Siwa dan Parama Siwa.

10 Kata Ucapan Hari Galungan Bahasa Bali Dan Artinya

Ngelawar bangkung di ceningan
Selamat Galungan lan kuningan
Baju baru lengen dawa
Smoga selalu sehat bahagia
Banten saeban di pure
Nenten wenten malih sinampure!!!!

Rahajeng nyanggra rahina Galungan lan Kuningan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa suaeca Asung Kertha Wara Nugraha ring semeton sareng sami
(Selamat menyambut hari raya Galungan dan Kuningan, semoga Tuhan Yang Mahakuasa senantiasa memberikan rahmat nugerah kepada kita semua)

 Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa ngicenin kerahayuan lan kerahajengan ring sekancan sane maurip
(Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga Tuhan Yang Mahakuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada semua mahluk hidup)

 Gemerincing suara genta, semerbak harum bau dupa dan indahnya lekukan penjor menghiasi setiap jalan2 suatu bukti bahwa hari kemenangan ini telah datang dan menjadi milik semua mahluk yg berkenan kepadaNYA. Selamat hari raya Galungan Dan Kuningan..

 Rahajeng Rahina Galungan dan Kuningan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa mapaica kerahayuan lan kerahajengan sareng sami
(Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada kita semua)

 Rahajeng Nyanggra Rahina Galungan lan Kuninan
(Selamat Menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan)

 Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan, majengring ida dane sareng sami, pamekasnyane umat sedharman rin dija ja magenah (Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, kepada kita semua khususnya umat Hindu dimanapun berada)

 Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa ngicenin kerahayuan lan kerahajengan ring jagat sami
(Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga TuhanYangMaha Kuasa senantiasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan alam semesta ini)

 Lihat ke laut, betapa banyaknya air di sana. Lihat ke hutan, betapa banyaknya pepohonan yang tumbuh. Lihat ke sekeliling mu, betapa banyak kebersamaan yang kita lewati dengan kedamaian di hati. Rahajeng Rahinan Jagat Galungan lan Kuningan.

 Detik demi detik, menit demi menit, hari demi hari, bulan demi bulan, waktu demi waktu telah kita lalui. Hari kedamaian pun telah di depan mata. Mari sambut hari kemenangan dengan kedamaian di hati. Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan.

Kata Ucapan Hari Galungan Dan Kuningan Bahasa Indonesia

Jika hati sejernih air, jangan biarkan ia keruh/
Jika hati seputih awan, jgn biarkan dia mendung/
Dika pikiran dan prasangka membuat hati gelap, mari terangi dengan cahaya sucinya DHARMA.
“rahajeng nganggra rahina Galungan”

1 senyum mengawali persahabatan/ 1 tawa menghapus kesedihan/
1 tindakan mengartikan kata/ 1 doa memberikan harapan
1 sms menyampaikan “selamat hari raya Galungan dan Kuningan”

sperti senyum memeluk damai….
seperti cinta memeluk kebahagian…
begitulah sewajarnya kita memluk dharma…
”’rahajeng nyanggra rahina galungan lan kuningan…””

gemerincing suara genta, semerbak harum bau dupa dan indahnya lekukan penjor menghiasi setiap jalan2 suatu bukti bahwa hari kemenangan ini telah datang dan menjadi milik semua mahluk Yang berkenan kepadaNYA. Selamat hari raya Galungan Dan Kuningan..

Rahajeng nyanggra rahine galungan in kunigan …. di hari yg dharma ini mari kita sell nyebarkan kedarmaan kepada semua umat . agar bumi ini Menjadi ringan .supaya jauh dari mara bencana..
om shanthi shanthi shanthi om

Andai jarak tak kuasa berjabat, setidaknya kata masih dapat terungkap. Tulus hati meminta maaf
Tiada pemberian trindah&perbuatan trmulia selain maaf & saling memaafkan. “SELAMAT HARI RAYA GALUNGAN DAN KUNINGAN”

Semoga di hari kemenangan dharma ini, hati tetap bersih dan suci.
Sepuluh jari tersusun rapi.. Bunga melati pengharum hati .. SMS dikirim pengganti diri… smoga tetep bisa nguasai hati yang tetep suci…Met Galungan dan Kuningan

Harumnya Asap Dupa…..Wanginya bunga serta Indahnya lantunan Mantra yang dikumandangkan….. membawa keheningan dan kedamaian dalam pikiran dan hati untuk mendekatkan diri pada NYA. Marep ring semeton Bali (Hindu) sami sane magenah ring Indone…sia yadiapin di Luar negeri…….RAHAJENG NYANGGRA RAHINA GALUNGAN LAN KUNINGAN:::::::: DUMOGI IDA SANG HYANG WIDI WACA MICAYANG KERAHAYUAN.

Gambar Ucapan Galungan Dan Kuningan























Nah demikianlah. Kumpulan Kata kata Ucapan Hari raya Galungan dan Kuningan yang bisa kami berikan kepada saudara semua, dan kami berharap artikel ini selalu bermanfaat untuk teman-teman semua, Om Shanti Shanti Shanti OM



Kerjasante.com Catatan Tulisan Admin menyajikan Info Gadget, Ragam Contoh, Tips Terbaru Dan Kumpulan Contoh Soal Soal CPNS/UNBK/USB Jika tulisan ini terasa menarik jangan lupa SHARE Terimakasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar