Skip to main content

Kumpulan Latihan Soal Soal CPNS Lengkap Dengan Jawaban, Terbaru 2019


Download Latihan Soal CPNS
Kumpulan Soal CPNS Lengkap dengan jawaban, mungkin teman teman yang masih nganggur dan dalam proses mencari kerja CPNS akan sangat membutuhkan KisiKisi Latihan Soal cpns, tentunya persiapan yang matang menjadi modal utama untuk menghadapi soal soal untuk dapat  lulus seleksi cpns.

Sedikit pengalaman admin, ternyata persiapan matang adalah kunci lulus dalam menghadapi soal namun sebelum itu teman-teman harus lulus tahap Administrasi terlebih dahulu. Beradasarkan pengalaman beberapa persyaratan untuk dapat mengkikuti seleksi CPNS adalah sebagai berikut.

sistem pendaftaran seleksi CPNS bisa dilakukan secara terintegrasi lewat  portal resmi nasional via https://sscn.bkn.go.id dan perlu di ingat kembali tidak ada pendaftaran lewat portal mandiri oleh Instansi.

Syarat Ketentuan Pendaftaran CPNS


Dokumen untuk lulusan S1/D4

1. Fotokopi KTP

2. Fotokopi Ijazah, Transkip Nilai yang telah dilegalisir

3. Surat keterangan akreditasi BAN PT

4. Pas foto yang terbaru ukuran 4x6 cm sejumlah  4 lembar dengan latar belakang merah

CPNS 2018 Dibuka 19 September, Syarat kembali Ditentukan Instansi terkait , Penting Siapkan Berkas Umum Ini!

Dokumen tambahan bagi lulusan D3 dan SMA/Sederajat

1. Materai Rp 6.000.

2. Fotokopi KTP.

3. Fotokopi ijazah/STTB.

4. Fotokopi ijazah SD.

5. Fotokopi ijazah SLTP.

6. Fotokopi ijazah SLTA.

Harus Lolos Passing Grade, tentunya Ini Dia Hasil Tes CPNS yang kini menggunakan CAT dan Harus Dilampaui. Memang ini menjadi Salah satu tahapan penting ketika mengikuti  seleksi CPNS Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tahapan ini tentunya harus dilalui pelamar dengan ketentuan lulus seleksi administrasi. Seperti halnya tahun lalu, pelaksanaan SKD CPNS tahun sebelumnya  ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), kelulusan menggunakan nilai ambang batas yang disebut dengan (passing grade). Nilai SKD mempunyai bobot 40 persen, sementara untuk Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bobotnya sebesar 60 persen.

 (SDM) Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PANRB menyebutkan, setiap peserta SKD memang harus mengerjakan 100 Contoh Soal yang dibagi menjadi  ,Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 Contoh Soal, Tes Intelegensia Umum biasa disingkat (TIU) 30 Contoh Soal, dan juga Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 Contoh Soal.

TWK mempunyai pengertian seleski menilai penguasaan pengetahuan juga kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, bela negara, pilar negara, integritas,  bahasa Indonesia, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945, dan NKRI. NKRI ini tergabung pada sejarah perjuangan bangsa, sistem tata negara Indonesia,peran bangsa Indonesia untuk tatanan regional & global, dan juga kemampuan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Untuk TIU sendiri adalah untuk menilai intelegensia dari peserta seleksi. Pertama ialah kemampuan verbal dan juga kemampuan menyampaikan informasi dengan lisan maupun tulisan. Selain itu, pengetahuan numerik, / kemampuan melakukan perhitungan angka  juga melihat hubungan diantara angka-angka. untuk setiap jawaban yang benar untuk kelompok Contoh Soal ini tentunya akan mendapat skor 5, dan untuk jawaban salah nilainya nol (0).

TIU menilai kemampuan figural, adalah kemampuan berhubungan kegesitan mental dari seseorang ketika menganalisa gambar, simbol, juga diagram. Selain itu kemampuan berpikir logis, dan juga penalaran secara sistematis, selian itu kemampuan berpikir analisis, dengan kemampuan mengurai permasalahan dengan sistematik. setiap jawaban yang benar untuk kelompok Contoh Soal ini tetunya mendapat skor 5, dan untuk jawaban salah nilainya nol (0).

Tes Karakteristik Pribadi (TKP). untuk Soal-Contoh Soal kelompok ini mencakup hal-hal yang terkait pelayanan publik, teknologi informasi , sosial budaya, dan komunikasi, integritas diri, profesionalisme, jejaring kerja, Dan sebagainya. Sangat berbeda dengan dua kelompok Contoh Soal sebelumnya, TWK dan TIU, untuk nilai kelompok Contoh Soal ini yang terbesar 5 dan tidak ada nilai untuk jawaban salah alias nol (0) untuk setiap jawaban. sebab itu, peserta sangat diimbau menjawab seluruh Contoh Soal TKP.

Passing Grade
Agar dapat mengikuti seleksi lanjutan, SKD memang harus melampaui nilai ambang batas yang telah ditentukan (passing grade) seperti diatur pada Peraturan Menteri PANRB No. 37/2018 mencakup Nilai Ambang Batas SKD dalam Pengadaan CPNS. “Passing grade untuk peserta SKD kelompok pelamar jalur umum yang sama halnya seperti tahun lalu, 143 untuk TKP, 80 TIU dan 75 untuk nilai TWK,” ungkap dari Deputi Sumber Daya Manusia (SDM).

Sementara untuk pelamar dari formasi khusus, bagi th lalu menggunakan sistem perangkingan, kali ini untuk jumlah akumulasi & nilai TIU memang ada batas minimalnya. bagi pelamar formasi sarjana cumlaude dan diaspora, akumulasi bagi nilai paling sedikit 298 , nilai TIU minimal 85.

Sedangkan bagi yang penyandang disabilitas, untuk nilai kumulatifnya 260, nilai TIU minimal 70. Putra-putri Papua/Papua Barat, untuk nilai akumulatif 260 bersama TIU minimal 60. eks tenaga honorer K-II, untuk nilai akumulatif minimal 260 bersama TIU minimal 60. “bagi peserta seleksi olahragawan berprestasi internasional, untuk nilai terendah ialah nilai ambang batas hasil SKD,” .

Ditambahkan, dari Permen PANRB No. 37/2018 ini yang mengatur adanya pengecualian bagi beberapa jabatan. dokter spesialis juga instruktur penerbang, nilai kumulatif yang minimal 298, bersama nilai TIU sesuai passing grade. Sedangkan jabatan rescuer, juru ukur, ABK, pengamat gunung api, pawang hewan, penjaga mercusuar,  dan penjaga tahanan,untuk  akumulasi nilainya paling sedikit 260 bersama  nilai TIU minimal 70.

Untuk teman teman yang tengah mempersiapkan diri mengikuti seleksi CPNS Online dan mencari kisi kisi Soal CPNS, pada kesempatan ini kami kerjasante.com akan memberikan link Download Soal CPNS secara gratis.


Nah demikianlah informasi KumpulanSoal CPNS terbaru yang bisa kami berikan kepada teman-teman semua, harapan kami bisa membantu teman teman yang tengah membutuhkan Latihan Soal CPNS, dan link diatas bukanlah iklan yang membuat teman-teman kesulitan untuk mendownloadnya, terimakasih sudah berkunjung.

Kerjasante.com Catatan Tulisan Admin menyajikan Info Gadget, Ragam Contoh, Tips Terbaru Dan Kumpulan Contoh Soal Soal CPNS/UNBK/USB Jika tulisan ini terasa menarik jangan lupa SHARE Terimakasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar