Skip to main content

11+ Contoh Surat Lamaran Kerja Baik Dan Benar SMA, Fresh Graduate, Perawat DLL

Contoh Surat Lamaran Kerja
Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar agar lebih mudah diterima kerja berikut refrensi surat lamaran pekerjaan lengkap, sudah lulus kuliah atau ingin bekerja sampingan? sekolah sambil bekerja, dari sekarang tentunya sudah seharusnya mulai mempersiapkan dengan matang document yang akan digunakan untuk melamar pekerjaan, dan salah satunya adalah surat lamaran kerja, dan nampaknya teman tema semua akan merasa bingung untuk mencari tahu bagaimana sih contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar, Nah untuk itu kami akan mencoba untuk meluangkan waktu memberikan 10 contoh surat lamaran kerja agar cepat diterima.


Contoh Surat Lamaran Kerja yang akan kami bagikan ini tentunya kami sajikan untuk para pelamar dan pencari kerja untuk nantinya lebih mudah dan cepat ketika mengajukan lamaran sesuai posisi jabatan dan juga pekerjaan yang ditargetkan. Untuk hal yang menyangkut format dan bentuk surat lamaran kerja suatu lowongan pekerjaan memang sangat seringkali dianggap remeh bagi pelamar kerja pada umumnya, namun tidak jarang gagal mendapatkan pekerjaan sebab kurang paham juga teliti ketika membuat surat lamaran. Padahal, surat lamaran memang berpeluang membuka lowongan pekerjaan dapat melihat kualitas calon pekerja. alasan tersebut, tentunya dalam membuat surat lamaran memang harus benar juga menarik sehingga bisa dijadikan pertimbangan untuk diterima bekerja dan tidak Lupa CV Kreatif

Kesalahan Membuat Surat Lamaran Kerja

Kesalahan Pada Surat Lamaran Kerja

Kesalahan umum surat-menyurat yang sangat sering terjadi ialah kesalahan struktur dan bahasanya. Oleh sebab itu, penting untuk para pemohon dan pelamar agar melihat contoh surat lamaran pekerjaan yang baik juga benar berikut ini sehingga teman teman tidak dipusingkan lagi dengan pola struktur penulisan lamaran kerja juga bahasa yang digunakan. Teman teman tinggal menyesuaikan dengan cara mengganti nama, posisi jabatan yang akan dilamar, identitas sesuai data diri masing-masing dan juga pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan yang dimiliki. 


Seringkali kita sudah mengirimkan surat lamaran kerja, memang tidak ada respon bahkan dari perusahaan. Hal ini memang akan terasa mengecewakan, memang kita sudah berharap banyak. tetapi sebelum lebih jauh untuk menyalahkan perusahaan, memang ada baiknya kita selalu untuk introfeksi diri. sebab bisa jadi kesalahan dalam penulisan surat lamaran kerja milik kita. 

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang seringkali terjadi ketika penulisan surat lamaran kerja. 

1. Ditulis Tangan 

Disini berdasarkan pengalaman pribadi, ketika sekolah dulu memang sangat di anjuran bila menulis surat lamaran kerja tetap ditulis tangan. Tentunya ketika itu dijelaskan alasan mengapa ditulis tangan dan kelebihannya, namun kembali menengok kelapangan tentang realita yang terjadi ternyata tidaklah sama yang diperkirakan. Menulis tangan surat lamaran kerja hal yang harus dihindari, sebab dari hasil penulisan takutnya tidak rapi, berantakan dan juga akan sulit terbaca. 

Ketika membuat lamaran pekerjaan, HRD bisa menerima ratusan sampai ribuan surat lamaran kerja. bayangkan bila tiba-tiba diantara ribuan surat lamaran kerja itu, terselip surat lamaran kamu yang di tulis tangan dan kesannya memang kurang rapi. Saya rasa surat lamaran kamu tak akan pernah dilirik oleh HRD. 

Berbeda dengan kondisi dimana dipersyaratan lowongan kerja diberikan keterangan untuk menulis surat lamaran kerja ditulis tangan, nah hal ini adalah pengecualian. tentunya ada beberapa perusahaan yang memang memberikan persyaratan ini demi pertimbangan tertentu. 

2. Layout Acak-acakan 

surat lamaran kerja sudah seharusnya disusun berdasarkan kaidah penulisan surat resmi. Dan penulsannyapun harus mengikuti kaidah penulisan resmi yang tentunya menghasilkan surat berkualitas, penulisan layout juga struktur yang rapi tentunya akan menghasilkan surat yang penuh estetika. Sehingga sangat dibaca dan menarik perhatian. 

Alasannya sama saja dengan poin pertama diatas, dengan layout acak-acakan tentuya bisa membuat tim HRD tidak tertarik merasa jenuh ketika membaca surat lamaran tersebut. Sementara itu ribuan surat lamaran lain tentunya masih harus di pertimbangkan. 

3. Banyak Salah Ketik 

Typo, dalam surat lamaran kerja tentunya harus dihindari. Kesalahan ketik untuk menulis surat lamaran kerja, mengindikasikan kamu orang yang tidak cermat juga pemalas. Sebab dari itu, saya seringkali menyarankan untuk cek ulang atau cek kembali di artikel tentang surat lamaran kerja. Hal ini hanya untuk meminimalisir terjadinya kemungkinan ke-salah pengetikan. 

Jika saja kesalahan pengetikan nama perusahaan, dipastikan hal ini akan membuat hal fatal. Bagaimana pun, surat lamaran kerja untuk kesan pertama yang nantinya diterima oleh calon atasan kamu. ciptakanlah kesan terbaik untuk penulisan surat lamaran kerja. 

Selain itu, upayakan untuk menghindari penggunaan tip-ex yang berlebihan. hindari penggunaan tip-ex ketika penyusunan surat lamaran kerja. Dan bila harus menulis ulang surat lamaran kerja yang salah tentunya memakan biaya waktu lebih banyak, namun ini menunjukan kualitas diri kita apa salahnya. 

4. Manipulasi Template 

Saat ini di internet memang sudah tersedia ratusan template surat lamaran kerja. Penggunaan template ini memang sudah se harusnya diperhatikan ketika digunakan seminimal mungkin. Penggunaan template sebaiknya dihindari dan sangat tidak di anjurkan. Tips dari kami cukup Gunakan template struktur dan layout, sementara redaksi bahasa sebaiknya teman teman usahakan menyusun ulang berdasarkan informasi juga bidang lowongan kerja yang kamu lamar. 

Sama juga halnya template milik pribadi. Penggunaan template surat lamaran kerja uasang pun tetap harus di perhatikan secara baik, jangan terkesan sama untuk bahasa monoton. sebaiknya, redaksi surat lamaran kerja perusahaan tentunya menggunakan redaksi bahasa berbeda-beda. 

Satu lagi, yaitu hindari mengirim banyak surat sekaligus dalam satu redaksi. Terkadang kita menerima informasi lowongan pekerjaan satu waktu, untuk menghemat tenaga surat lamaran kerja yang mempunyai struktur redaksi yang sama. Sebaiknya hindari hal seperti itu. Kamu dapat juga mempelajari tips mengirimkan surat lamaran kerja dengan baik sekaligus dan efisien. 

5. Tidak Mencantumkan Posisi Pekerjaan Dilamar 

Pelajari detail posisi pekerjaan yang akan kamu lamar, tuliskan dengan jelas di surat lamaran kerja. Bahkan memang ada baiknya kamu menuliskan posisi lamaran kerja pada amplop terluar paket pengiriman surat lamaran kerja, hal ini memang untuk memudahkan tim HRD ketika melakukan identifikasi surat lamaran kerja yang kamu kirimkan. 

Selain itu teman teman harus perhatikan kualifikasi pendidikan dan skill yang di persyaratkan untuk bidang pekerjaan tersebut. Memang Ada kemungkinan ketika surat lamaran kerja teman teman tidak di respon dengan alasan karena kamu tak memenuhi kualifikasi yang tengah dibutuhkan. 

Nah demikianlah 5 kesalalahan yang harus di hindari bagi pelamar kerja, untuk mempermudah mendaptkan pekerjaan yang di inginkan, usahakan selalu teliti dan cermat dalam hal membuat surat lamaran kerja, agar HRD bisa mempertimbangkan posisi yang anda inginkan, untuk selanjutnya kami akan langsung memberikan contoh surat lamaran kerja yang nantinya juga bisa di download versi DOC. 

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja


Berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh surat lamaran kerja Bank, PT, Indomaret, Alfamart , BUMN, CPNS Dan sebagainya untuk melengkapi berkas Lamaran Kerja. 

Namun sebelum menyimak beberapa kumpulan cara penulisan lamaran kerja berbagai intansi, tidak ada salahnya teman teman memperhatikan Struktur Penulisan Lamaran Kerja sebagai berikut:
Struktur Penulisan Surat Lamaran Kerja
Struktur Penulisan Surat Lamaran Kerja

1. Contoh Surat Lamaran Kerja BANK


Denpasar, 2 Desember 2018 

Kepada Yth. HRD Bank Swadaya
Jl. Werkudara Km. 15 Bantul Yogyakarta

Berdasarkan informasi yang saya peroleh pada Job Fair pada tanggal 1 Oktober 2018 Bank Swadaya membuka beberapa formasi lowongan kerja. Dengan surat ini saya ingin melamar pekerjaan untuk posisi Bagian Keuangan. Berikut ini data diri saya:

Nama                           : Kadek Agus Ariawan, S.E.
Tempat/tanggal lahir   : Denpasar, 12 Desember 1993
Alamat                        : Pamogan, Denpasar
Pendidikan terakhir    : S1-Ekonomi
No Telp/ Hp                : 081936544787
Email                          : AABB@gmail.com

Saya saat ini dalam keadaan sehat bak jasmani dan rohani. Saya juga bisa mengunakan bahasa Inggris dengan baik menulis dan berbicara. Saya punya penampilan yang menarik dan ramah.

Untuk melengkapi sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu saya melampirkan beberapa berkas sebagai berikut;

1. Daftar Riwayat Hidup (CV)
2. Foto copy Ijasah Terakhir
3. Foto copy Transkip Nilai
4. Foto copy Surat Pengalaman Kerja
5. Foto copy SKCK
6. pas foto 3x4 terbaru

Demikian surat lamaran ini saya buat, saya berharap saya diterima di Bank Swadaya yang Bapak/Ibu pimpin. Atas segala perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Kadek Agus Ariawan, S.E.

Denpasar, 19 Desember 2018 

Kepada Yth.
HRD CIMB NIAGA FINANCE
Solo Baru

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                               : Kadek Agus Ariawan
Tempat & tanggal Lahir  : Denpasar, 19 Agustus 1993
Alamat                             : Pamogan, Denpasar
No. HP                             : 085 728 202 230

Dengan mengajukan surat lamaran pekerjaan ini  kepada Bapak / Ibu Pimpinan, untuk dapat diterima sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Sebagai pertimbangan saya lampirkan : 
  1. Fotocopy SKCK 
  2. Fotocopy Ijazah Terakhir
  3. Daftar Riwayat Hidup 
  4. Fotocopy KTP 
  5. Pas Foto (4×6) 
Demikian untuk menjadikan periksa adanya, besar harapan saya dapat diterima di Perusahaan ini. Atas perhatian terkabulnya permohonan ini saya ucapkan Terima kasih.

Hormat saya,

Kadek Agus Ariawan 


Denpasar, 19 November 2015 

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.
Bp/Ibu Pimpinan
BANK MANDIRI (persero) Tbk.
Di Tempat

Dengan hormat
Saya dengan keterangan sebagai berikut :

Nama                                                 : Beny Sukamti
Tempat/Tanggal Lahir                       : Surakarta, 2 Desember 1993
Jenis Kelamin                                    : Laki – Laki
Pendidikan Terakhir                          : Sarjana

Dengan ini, saya mengajukan permohonan kerja pada PT. BANK MANDIRI (Persero) Tbk. Yang Bapak/ Ibu Pimpin. Selanjutnya harapan untuk permohonan bisa dikabulkan dan di tempatkan di perusahaan tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/ Ibu, berikut ini saya lampirkan sejumlah dokumen penting :
  1. Foto copy KTP : satu lembar 
  2. Foto copy Ijazah SMA : satu lembar 
  3. Daftar Riwayat Hidup : satu lembar 
  4. Pas Foto 4 x 6 : dua lembar 
  5. Foto copy Kartu Keluarga : satu lembar 

Dan lampirkan sejumlah Dokumen penting lainnya :
Ijazah Transkrip Nilai Sarjana Ekonomi
Piagam Penghargaan Kejuaraan Bola Voli Tingkat Provinsi & Nasional

Demikian surat permohonan ini saya buat berdasarkan kondisi saat ini. Besar harapan saya agar dapat diterima di perusahaan Bapak/Ibu.

Atas perhatiannya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,
Beny Sukamti


Denpasar, 16 Januari 2018 

Kepada Yth.,
HRD BANK NASIONAL INDONESIA
Cabang Tasikmalaya
Jln. KTC. Mustofa
Tasikmalaya

Dengan hormat,
Sehubungan informasi lowongan kerja di Bank Nasional Indonesia bagian Customer Service, dengan ini saya:

Nama : Kadek Agus Ariawan
Tempat / tgl. lahir : Denpasar, 05 Juni 1990
Pendidikan Terakhir : S1 Manajemen
Alamat : Jl. Pamogan Nasional No. 10, Denpasar.
Telepon (HP) : 0852-1234-5123
Status : Belum Menikah

Dengan ini saya mengajukan permohonan penempatan kerja pada posisi Customer Service. Saya mempunyai pengalaman bekerja sebagai Customer Service pada perusahaan telekomunikasi di Bandung. Dengan surat permohonan ini saya berkomitmen dapat memberikan kompetensi tenaga waktu saya jika diperlukan. Sangat besar harapan saya bisa untuk diberikan kesempatan wawancara ataupun tes lainnya.

Dan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy KTP
3. Pass foto terbaru
4. Foto copy ijazah S-1 (legalisir)
5. Foto copy Transkrip Nilai (legalisir)

Demikianlah surat lamaran ini, besar harapan saya untuk bisa bergabung di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin, dan saya akan melakukan yang terbaik untuk Bank Nasional Indonesia ini.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Materai 6000
Kadek Agus Ariawan

 2. Contoh Surat Lamaran Kerja PT


Denpasar, 7 Juni 2018 

Kepada Yth.
HRD PT. MAKMUR HARAPAN PERMATA
Jl. Yos Sudarso No 153 Surakarta 57115


Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                              : Andi Permadi
Tempat & tanggal Lahir : Denpasar, 23 Mei 1972
Alamat                            : Jln. Pamogan Denpasar.

No. HP : 08812923587

Dengan ini saya mengajjukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak/Ibu Pimpinan agar bisa diterima sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin. Untuk bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :
  1. Daftar Riwayat Hidup 
  2. Fotocopy Ijazah Terakhir 
  3. Fotocopy SIM C & SIM A 
  4. Fotocopy KTP 
  5. Pas Foto 3 x 4 

Demikian untuk dapat dijadikan bahan pertimbangan, besar harapan saya agar dapat diterima di Perusahaan ini. Atas perhatian terkabulnya permohonan ini saya ucapkan Terima kasih.

Hormat saya,

Andi Permadi

 3. Contoh Surat Lamaran Umum


Denpasar, 9 November 2017

Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.
HRD Manegar PT. Arta Karya
Jl. Doponoro No 29 Riau

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari surat kabar harian Denpasarnow pada tanggal 8 November 2017. PT Arta Karya membuka lowongan pekerjaan di beberapa posisi, Dengan surat lamaran ini saya mengajukan diri untuk melamar pekerjaan diperusahaan Bapak/Ibu pimpin, untuk bisa menempati posisi yang saat ini sedang kosong.

Berikut ini biodata singkat saya.

Nama : Indah Maharani
Tempat / tgl. Lahir : Denpasar. 1 Januari 1989
Jenis Kelamin : Prempuan
Pendidikan Terakhir : S1 Manajemen
Alamat : Jl. Taman Siswa No. 8 Pamogan, Denpasar
Telepon (HP) : 087839569618

Saya dalam keadaan sehat baik jasmani rohani, saya sangat fasih berbahasa inggris baik lisan dan tulis, selain itu saya sangat menjunjung tinggi kejujuran ketika bekerja keras dan pekerja keras, saya menguasai beberap software untuk menunjang pekerjaan, sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu saya melampirkan beberapa berkas kelengkapan data diri sebagai berikut.

  1. Foto ukuran 3×4 terbaru
  2. Daftar riwayat hidup
  3. Foto copy Ijazah Terakhir
  4. Foto copy surat Pengalaman kerja
  5. Foto copy SKCK
  6. Foto copy surat Pencari Kerja
Saya mengharapkan kesempatan wawancara agar dapat menjelaskan lebih detail tentang potensi yang saya punyai.

Demikian surat lamaran ini beritahukan, atas perhatian kerja sama saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Indah Maharani

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat


Kepada Yth.
Kepala Rumah Sakit Sumber Waras
Jl. Wates Km. 10 Pamogan
Denpasar

Dengan hormat
Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Mita Purnama
Tempat, Tanggal Lahir : Denpasar, 29 Juni 1993
Jenis Kelamin : Prempuan
Agama : Hindu
Pendidikan Terakhir : D3 Apoteker
Status : Belum Menikah
Alamat : Jl. Wates Km, 9 Pamogan Denpasar

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari Harian DenpasarNow, hari Senin 30 Januari 2017 bahwasanya rumah sakit Sumber Waras tengah membuka lowongan pekerjaan sebagai apoteker. Dengan surat ini saya bermaksud melamar pekerjaan agar bisa menempati posisi tersebut, saya memilik imotivasi tinggi bekerja keras, memliki interaksi kemaun belajar dan bertanggung jawab untuk semua pekerjaan, Mampu bekerja individu dan sebagai tim, saya telah mempunyai pengalaman kerja dibidang apoteker sebelumnya.

Sebagai pertimbangan Bapak/Ibu, saya melampirkan beberapa berkas sebagai berikut :

1. Curriculum Vitae (CV)
2. Pas Foto terbaru
3. Foto Copy KTP
4. Foto Copy Ijazah
5. Foto Copy Transkrip Nilai
6. Foto Copy Kartu Kuning
7. Foto Copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian
8. Foto Copy Surat Pengalaman Kerja
9. Foto Copy Surat Kempetensi

Besar harapan saya agar dapat mengikuti tes selanjutnya agar saya dapat menjelaskan kempetensi dan kemampuan saya secara langsung secara detail, Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Denpasar, 1 Februari 2017

Hormat saya,

Mita Purnama 

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Sekolah


Singaraja. 6 Juni 2014 

Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.
Kepada SMK Puriwisata Singaraja
Bali

Dengan hormat.

Berdasar kan informasi lowongan Guru Bahasa di SMK Puriwisata Singaraja Bali, dengan ini saya mengajukan surat permohonan surat lamaran kerja.

Saya Riana Dewi, wanita usia 26 tahun telah menyelesaikan pendidikan jurusan pendidikan sejarah di Universitas Pendidikan Ganesha pada tanggal 28 April 2013 dengan IPK 3,51 saya menyukai bidang ilmu pendidikan dan memahami prosess ilmu sejarah, saya memiliki pengalaman mengajar di SMK Negeri 2 Singaraja selama tiga tahun, di tambah kemampuan yang saya punyai diantaranya mampu mengoperasikan komputer, berorganisasi, dan pembuatan media pembelajaran baik manual dan menggunakan media elektronik.

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan berkas sebagai berikut:

1. Foto Copy Ijazah Terakhir
2. Daftar Riwayat Hidup
3. Foto Copy KTP
4. Pas Foto ukuran 3 x 4 = 2 lembar
5. Sertifikat Keterampilah dan organisasi

Demikian surat permohonan kerja ini saya buat sebenar-benarnya, semoga saya bisa mengembangkan minat, bakat kopentensi diri saya di bidang pendidikan dan dapat memberikan kontribusi di SMK Puriwisata Singaraja Bali, Besar harapan saya untuk bisa diterima di sekolah ini, Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Riana Dewi, S.Pd 

6. Contoh Surat Lamaran kerja Tulis Tangan


Contoh Surat Lamaran kerja Tulis Tangan
Contoh Surat Lamaran kerja Tulis Tangan

7. Contoh Surat Lamaran Kerja Swasta


PNS bukan akhir dari perjalanan karir seseorang, memang kebanyakan malah melamar pekerjaan pada perusahaan swasta. Menulis surat lamaran kerja pada perusahaan swasta memang memiliki format berbeda akan surat lamaran kerja yang diberikan pada perusahaan pemerintahan. jika teman teman saat ini tengah ingin melamar pekerjaan pada perusahaan swasta, gunakanlah beberapa contoh surat lamaran kerja di bawah ini untuk patokan. Nanti, teman temna bisa tinggal ganti nama perusahaannya juga dapat sesuaikan dengan data diri dan kepentinganmu.

Denpasar, 27 Maret 2016 

Hal: Surat Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth,
Bapak / Ibu Bagian Personalia / HRD
MNC K Vision Tbk.
Cabang Denpasar
Di Tempat
Dengan hormat,

Berdasarkan informasi bursa kerja penerimaan karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, saya mengajukan lamaran untuk bisa menjadi karyawan, saya bertanda tangan dibawah ini:

Nama             : Kadek Agus Ariawan
Jenis kelamin : Laki-Laki
Tempat, tanggal lahir : Singaraja, 19 Juni 1994
Pendidikan terakhir : S-1 Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha
Alamat : Desa Gobleg, RT 7 RW 15, Bali
Agama : Hindu

Dengan ini mengajukan permohonan agar bisa diterima sebagai karyawan di perusahaan Bapak/Ibu pimpin sesuai keahlian yang saya miliki. Sebagai pertimbangan, bersama ini saya lampirkan:

1. Curiculum Vitae.
2. Fotocopy TranskripNilai Sementara.
3.Fotocopy SKL
4. Fotocopy KTP
5. Fotocopy SKCK
6. 1 Lembar Pas Photo Berwarna 4×6 cm Terbaru.
7. Fotocopy Sertifikat Pendukung Lain-nya.
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan kondisi saya yang sebenarnya.jika dikemudian hari terdapat perbedaan, saya sepenuhnya siap bertanggung jawab. untuk perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,
Kadek Agus Ariawan

8. Contoh Surat Lamaran Kerja Karyawan Pabrik


Menjadi Salah satu pekerjaan paling banyak dilamar di Indonesia tidak lain ialah pekerjaan sebagai karyawan pabrik. Indonesia memang cukup maju untuk bidang industri sehingga memang ada banyak pabrik yang berdiri di sini dan juga sudah memproduksi aneka macam barang. Untuk melamar pekerjaan pada pabrik sebagai karyawan, surat lamaran kerja memang perlu dibuat. Sebagai refrensi contoh surat lamaran kerja karyawan pabrik di bawah ini dapat digunakan contoh dan patokan ketika menulis surat lamaran kerja.

Denpasar, 19 Januari 2017

Kepada Yth.,
HRD PT. Bima Karya Bakti
Jln. Lurus No. 1
Yogyakarta

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi Surat Kabar seputarjawa tentang adanya lowongan pekerjaan di pabrik yang bapak/ibu pimpin. lewat surat ini saya mengajukan diri melamar pekerjaan pada pabrik PT. Bima Karya Bakti untuk menjadi staff produksi.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Bagas Adi
Jenis kelamin : Laki-Laki
Tempat, tanggal lahir : Denpasar, 21 Mei 1994
Pendidikan terakhir : SMA
Alamat : Pamogan, Sesetan, Denpasar
Agama : Hindu

Sebagai kelengkapan, saya melampirkan beberapa data saya yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bapak/ibu. Berikut kelengkapan data diri saya:

Daftar riwayat hidup
  1. Foto copy ijazah terakhir
  2. Foto copy KTP
  3. Foto copy SKHUN
  4. Foto copy Sertifikat PKL
  5. Pas Photo terbaru
Demikian surat ini saya buat dengan benar adanya , atas perhatian bapak/ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Bagas Adi .

9. Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar


Salah satu reprensi surat lamaran kerja yang harus diketahui tentunya ialah contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Dengan teman teman mengetahui bagaimana menulis lamaran kerja yang terkesan formal enak dibaca, teman teman tentunya akan menulis surat lamaran kerja yang disukai oleh HRD. Surat lamaran kerja enak dibaca juga mengesankan tentunya akan meloloskan penulisnya pada proses wawancara. Berikut ini merupakan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar:

Jakarta, 30 Januari 2018
Hal : Surat Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth,Bapak / Ibu Bagian Personalia / HRD PT. Bulan Cahaya Baru
Di Tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang dimuat surat kabar  “Berita Bandung” edisi Sabtu, 27 Januari 2018 tentang penerimaan karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, saya mengajukan lamaran untuk bisa menjadi karyawan, saya bertanda tangan dibawah ini:

Nama                                  : Daavid
Jenis kelamin                     : Laki-laki
Tempat, tanggal lahir         : Surabaya, 20 Juni 1993
Pendidikan terakhir           : S1 Pendidikan Ekonomi, Universitas Brawijaya
Alamat                               : Kompleks Agung, Blok K17, Medono, Surabaya
Agama                               : Hindu

Dengan ini mengajukan permohonan agar diterima karyawan perusahaan Bapak/Ibu pimpin sesuai keahlian yang saya punya. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan:

  1. Curiculum Vitae.
  2. Fotocopy Transkrip Nilai
  3. Fotocopy Ijazah Terakhir.
  4. Fotocopy KTP 
  5. Fotocopy SKCK
  6. 1 Lembar Pas Photo Berwarna 4×6 cm Yang Terbaru.
  7. Fotocopy Sertifikat Pendukung Lain-Lain.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat debgan sebenarnya. jika dikemudian hari terdapat perbedaan, tentusaya sepenuhnya siap bertanggung jawab. Atas perhatian kerjasamanya saya sampaikan terimakasih.

Hormat saya,

David

Download PDF Surat Lamaran Kerja

Download PDF Surat Lamaran Kerja 

Demikan beberapa contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar yang bisa teman teman gunakan sebagai refrensi dengan format dan model penulisan yang berbeda-beda. mudah mudahan saja contoh-contoh lamaran pekerjaan ini bisa memudahkan teman teman untuk segera mengajukan lamaran di Perusahaan yang diinginkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar