Skip to main content

4 Tips Dasar Bagi Pemula Sebelum Siap Terjun di Dunia PC Gaming



Di jaman teknologi yang sudah serba canggih dan makin maju, Personal Computer (PC) sebenarnya bukanlah sebuah platform game, namun seiring dengan perkembangan jaman, PC pun kemudian menjadi sebuah “platform” game yang diminati. Banyak game-game hebat termasuk game PS4 yang lahir dari PC, game sekelas PUBG-pun dibuat menggunakan PC. Hadirnya mod yang membuat game-game jadi makin lebih menarik ketika dimainkan di PC tak ayal membuat para gamer serta pro player lebih memilih PC sebagai platform gaming mereka. Namun dibalik semua itu, tidak sedikit juga gamer yang beranggapan bahwa PC Gaming itu mahal. Kalian tidak perlu menjadi kaya raya untuk dapat terjun langsung ke dunia PC Gaming. Pembahasan admin kali ini akan sedikit berbeda dari artikel sebelumnya, kali ini admin akan membahas 4 tips bagi kalian para “newbie/pemula” yang ingin terjun ke dunia PC Gaming.

1. Cari Tahu Apa yang Kamu Butuhkan

Di era milenial saat ini tentunya sudah banyak dari kalian yang memiliki desktop PC untuk sekedar melakukan browsing, mengirim e-mail, mengerjakan tugas, menonton YouTube, atau sebagainya. Namu tahu kah kalian di dalam PC terdapat berbagai komponen dalam CPU yang kalian butuhkan agar PC yang kalian miliki dapat digunakan untuk bermain game? Mulai dari Processor, RAM, VGA, dan HDD. Disinilah kalian berperan untuk mencari tahu tentang spesifikasi yang kalian butuhkan agar dapat bermain game yang kalian gemari di internet. Setelah itu kalian baru akan tahu, apakah PC yang kalian miliki sudah cukup untuk kalian gunakan dalam bermain game.

Sekilas Contoh, jika kalian ingin bermain GTA V dan misalnya spesifikasi terendah yang dibutuhkan GTA V adalah core i5 / AMD FX, RAM 8GB, VGA 1 GB, dan HDD 60GB, setelah kalian pelajari komponen PC yang kalian miliki sendiri ternyata sesuai spesifikasi tersebut, namun tidak dengan VGA-nya yang masih terlampau rendah. Dari sini kalian tahu apa yang dibutuhkan, maka kalian harus membeli VGA baru untuk meng-upgrade PC kesayangan kalian agar bisa memainkan GTA V. hal ini juga dapat untuk membuat kalian sedikit berhemat.

2. Riset dan Pelajari Hardware PC di Internet

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan riset hardware PC yang bagus di Internet. Mungkin ini adalah sesuatu yang sangat menjengkelkan untuk kalian, namun hal ini sangat penting juga untuk kalian. Untuk kalian yang masih newbie dunia PC Gaming. kalian dapat memulainya dari processor yang terbagi atas 2 merk AMD dan Intel, bagaimana spesifikasi dari keduanya baik dari tipe dan kecepatan processor, berapa core yang dimiliki, bagaimana fungsi dari masing-masing komponen yang ada dalam processor, apa perbedaan tiap komponen, hingga tipe socket apa yang dimiliki processor. kalian juga dapat melakukan hal yang serupa di komponen selanjutnya pada VGA, HDD, RAM, Power Supply, dan lain sebagainya.

Memang sangat menjengkelkan jika harus mengingat dan mempelajari ratusan jenis processor dan komponen lainnya. Namun percayalah, ketika kalian sudah mengetahui sebagian besar dari tipe komponen-komponen tersebut, maka akan lebih bijak dalam memilih komponen mana yang harus dibeli untuk merakit PC baru atau meng-upgrade PC lama kalian tanpa harus membuang banyak uang sia-sia. Mimin sendiri juga merasakan hal itu ketika pertamakali terjun ke dunia PC Gaming, mungkin admin masih belum bisa dikatakan sempurna untuk hal ini seperti ahli IT pada umumnya, tapi setidaknya admin tahu betul komponen PC apa saja yang admin butuhkan.


3. Sesuaikan dengan Apa yang dibutuhkan

Selanjutnya masih sama dengan yang diatas kalian juga harus menyesuaikan komponen PC milik kalian dengan apa yang dibutuhkan. Misalnya, kalian akan merakit sebuah PC untuk bermain game sekelas PUBG, dengan setting grafis medium pada 1080p dengan 60 FPS, direkomendasikan menggunakan GTX 1060 GB, ada juga Ultra 1080p dengan 60 FPS (Mainstream Gamer) direkomendasikan dengan GTX 1070, terakhir ada Ultra 1440p dengan 60 FPS untuk pro gamer, direkomendasikan menggunakan minimal 1080 dengan kualitas gambar yang sangat tajam, silahkan kalian sesuaikan spesifikasi PC dengan hal itu, kemudian prosesor yang digunakan bisa pakai Intel Core i7-8700K agar sensasi game tanpa lag kalian dapatkan atau bisa pakai AMD Ryzen 5 ataupun Intel Core I5 terbaru sudah cukup lancar. Masalah RAM cukup memiliki RAM 8 GB sudah aman, jika ingin lebih 16 GB sudah dapat memuaskan sensasi bermain game kalian sembari multitasking. PUBG juga tergolong game yang lumayan berat maka kapasitas storage juga harus diperhatikan dengan menyediakan HDD minimal 30 GB untuk game ini. Jika memungkinkan, kamu bisa menggunakan SSD. Dibandingkan HDD, SSD memiliki kecepatan yang tinggi sehingga membuat game berjalan lebih lancar dan cepat. Namun sangat sia-sia jika kalian merakit PC dengan spesifikasi “monster” seperti Intel Core i7 4.0Ghz, RAM 16 GB, GTX 780 4GB GDDR 5, dan HDD 2TB namun hanya kalian gunakan untuk bermain game yang notabene hanya membutuhkan spesifikasi PC yang tidak begitu tinggi.

Berbeda lagi ceritanya jika kalian ingin merakit PC untuk bermain game resolusi tinggi atau merakit PC kalian tidak sekedar untuk bermain game saja. Misalnya kalian ingin mengedit video, membuat animasi 3D, atau rendering VFX (Visual Effect) sekelas VFX di film Transformers di After Effect. Maka spesifikasi “monster” yang admin sebutkan di atas wajib dimiliki. Sesuaikan dengan apa yang dibutuhkan, jangan membuang sia-sia uangmu hanya untuk hal yang tidak dibutuhkan.

4. Menabung

Yang satu ini tentunya kalian semua sudah tahu dong yaa,,,, lumayan uang yang harus kalian persiapkan untuk membeli atau meng-upgrade PC. Salah satu cara agar kalian mempunyai banyak uang adalah menabung, terlebih bagi kalian yang masih sekolah. Mungkin beberapa dari kalian menganggap cara ini adalah cara yang sangat menjengkelkan serta kuno, tapi percayalah, kalian akan mendapatkan kepuasan tersendiri ketika kalian menabung dan bisa mendapatkan jumlah uang yang cukup untuk membeli atau meng-upgrade PC kalian sendiri dengan uang hasil menabung.

Selain bisa membeli atau meng-upgrade PC, menabung juga dapat menghantarkan kalian agar bisa membeli game original. Admin tidak akan memungkiri juga, jika kalian bisa juga memainkan game bajakan di PC secara gratis. Tapi, apakah kalian tidak sedih jika developer game kesukaan kalian bangkrut dan tidak memproduksi game tersebut lagi akibat pembajakan? Sangat disayangkan jika hal itu terjadi, untuk itu mari kita beli game produksi karya karya devloper yang sudah berusaha membuatnya dengan susah payah.

Membeli game original tidak harus mahal, bisa membeli game PC original dengan diskon besar-besaran di steam summer sale dan beberapa diskon yang diberikan oleh Origin (EA), uPlay (Ubisoft), dan seller game original lokal terpercaya. Beberapa event diskon yang perlu kalian catat salah satunya adalah steam summer sale, christmas sale, dan winter sale. Dengan membeli game original, maka secara tidak langsung kalian sudah menghargai kerja keras developer dan mendukung developer tersebut bertahan hidup agar tetap bisa membuat game-game favorit kalian selanjutnya. Bukankah merupakan sebuah prestasi tersendiri bagimu jika bisa merakit / upgrade PC dan membeli game original-mu dengan jerih payah sendiri?

Gimana menurut kalian mengenai ulasan admin guys? Semua hal yang admin tulis disini adalah tips dan saran bagi kalian yang masih baru ingin terjun di dunia PC Gaming. Admin tidak menyalahkan kalian jika memilih spesifikasi “monster” tapi hanya digunakan hanya untuk bermain game berkualitas rendah semua kembali kepada kebutuhan dan keputusan kalian, karena uang yang kalian gunakan adalah uang kalian sendiri. Inti dari pembahasan admin kali ini adalah, belajar untuk menghemat pengeluaran se minimal mungkin dengan membeli spesifikasi PC yang dibutuhkan untuk bermain game.


Jangan pernah lupa untuk mempelajari setiap komponen PC yang ada, agar dapat memudahkan kalian untuk merakit serta meng-upgrade PC kalian secara bijak kedepannya. Dan selalu ingat untuk merakit PC agar sesuai dengan apa yang dibutuhkan demi kebaikan kalian sendiri. Terima kasih.
Kerjasante.com Catatan Tulisan Admin menyajikan Info Gadget, Ragam Contoh, Tips Terbaru Dan Kumpulan Contoh Soal Soal CPNS/UNBK/USB Jika tulisan ini terasa menarik jangan lupa SHARE Terimakasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar