Skip to main content

Cara Bayar Pajak Motor Online Lebih Mudah Lewat ATM Dan E-Samsat

Cara Bayar Pajak Motor Online Via ATM dengan Mudah
Cara Bayar Pajak motor online Berikut adalah cara mudah bayar pajak kendaraan secara online lewat ATM dan E-samsat bali, banten, aceh jabar, jateng dan sebagainya tentunya ini akan sangat memudahkan anda ketika membayar pajak kendaraan.

Membayar pajak kendaraan tentu sudah menjadi kewajiban kita sebagai warga Negara yang baik,namun di sela kesibukan bekerja di kantor bahkan kuliah, tentunya harus ada cara yang lebih mudah untuk melakukan pembayaran pajak bermotor tanpa ngantre lagi di kantor samsat,bahkan berjumpa dengan calo calo yang memang banyak dijumpai untuk membantu anda membayar pajak.

Kini Sudah lebih mudah..!!!

Membayar pajak kendaraan bermotor tentunya menjadi hal yang wajib dilakukan untuk semua kalangan masyarakat di Indonesia yang mempunyai kendaraan. Nah, cara mempermudah masyarakat membayar pajak memang sudah dipikirkan sejak dulu dari pemerintah  untuk dapat melayani masyarakat ditengah berkembangnya teknologi masa kini, pihak kepolisian telah memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan adanya bayar pajak motor online.

Berdasarkan situs NTMC Polri, membayar pajak kendaraan bermotor lewat online memang terdapat lima tahap, pertama membuka situs e-Samsat, kedua data kendaraan, keiga daftar kota tempat pengambilan nota pajak kendaraan online, ke empat proses pembayaran pajak motor online, dan terakhir yang kelima adalah nota pajak di Samsat.

Langkah Bayar Pajak Motor Online


1. Buka situs e-Samsat

Pertama  Anda harus membuka situs e-Samsat setiap provinsi. Layanan samsat online tidak berlaku untuk antarprovensi. Contohnya , jika Anda tinggal di bali  dengan pelat nomor Jakarta, dipastikan tidak dapat untuk  menggunakan layanan ini sebab  hanya melayani kota provinsi saja. contohnya E-Samsat Bali.


  1. Aceh Darusalam alamat: https://esamsataceh.com
  2. DKI Jakarta alamat : https://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB
  3. Jawa Barat alamat : https://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/
  4. Jawa Tengah alamat : https://dppad.jatengprov.go.id/
  5. Jawa Timur alamat : https://www.esamsat.jatimprov.go.id/

2. Mengisi  Data Kendaraan

Bila sudah, Anda selanjutnya  diharuskan untuk mengisi data kendaraan.

- Kota : memilih kota kendaraan Anda, bila untuk  pelat motor Anda denpasar, maka pilih denpasar.

- Samsat : untuk kota biasanya mempunyai beberapa kantor samsat, selanjutnya anda harus memilih di samsat mana kendaraan akan diurus.

- Nopol : dengan memasukkan nomor plat  kendaraan Anda (Nomor Pelat Motor).

- Kode : memasukan kode captcha keamanan yang ada di kotak.

- kemudian klik “Cari”.


Jika seluruh  data yang dimasukkan secara benar tentunya , langkah selanjutnya akan dihadapkan pada halaman baru yang berupa data kendaraan, untuk jumlah pajak yang harus dibayar dan jua denda jika anda mengalami keterlambatan pembayaran. Contohnya jika pembayaran tersebut memang sudah melewati jatuh tempo dari tanggal pembayaran.

Mengecek kembali data yang harus  diisi. Bila untuk  seluruh data sudah yakin benar & sesuai, selanjutnyaanda  keluar Notify, ‘Apakah Anda ingin melakukan pembayaran?’. Pilih  pernyataan tersebut.

3. memilih  Kota /Tempat Pengambilan Nota Pajak

Sebelum anda membayar lewat bank mandiri internet banking, cara bayar pajak motor bank mandiri secara onlinememang  harus mengisi form kembali. Tentunya harus diketahui form ini nantinya nantinya bisa juga digunakan bukti ketika pengambilan nota pajak yangakan  diserahkan kantor samsat daerah anda.

Berikut di bawah ini data yang harus Anda masukkan:

- Kota : memasukan  kota di mana untuk  mengambil nota pajak.

- Samsat : memilih  samsat terdekat daerah tempat tinggal

- Bank : memilih  bank apa yang ingin  kita gunakan ketika  melakukan pembayaran

- Layanan : bila anda menggunakan layanan internet banking, selanjuntya  pilih internet banking-

- Kode Bayar : agar mendapatkan kode bayar, Anda harus mencari “Kode Bayar” yang berada pada area sebelahnya. jika kode bayar sudah muncul, klik print.

- jika sudah selesai anda tentunya akan melihat kode bayar, jumlah nominal uang yang wajib dibayarkan, juga untuk alamat Samsat di mana tempat mengambil nota pajaknya.

4. Proses Pembayaran Pajak Motor Online

membayar pajak lewat  internet banking atau ATM bisa juga  M Banking. Berikut cara bayar pajak motor online:

- 1 (Pertama) , membuka  menu Bayar > Multi Payment > Memilih  Samsat yang sesuai tempat tinggal sobat.

- selanjutnya, ingat ketika memasukkan kode pembayaran pada kolom bawah  yang anda dapatkan dari pendaftaran web e-Samsat pada proses sebelumnya.

- selanjutnya  memilih bottom  ‘Lanjutkan” untuk  melakukan proses pembayaran. Hingga  pada langkah ini tentunya akan terdapat bukti yang menunjukkan jika sobat sudah melakukan proses pembayaran lewat internet banking.

- Print out bukti pembayaran nantinya untuk bukti sah ketika ditukar bersama nota pajak kendaraan anda yang baru.

Nah bagaimana untuk batas waktu nota pajaknya tersebut?  nota pajak ini berlaku sampai tujuh hari sejak print out bukti pembayaran ingat hanya 7 hari. tentunya dari itu, cara bayar pajak motor online ini sangat disarankan setelah print out, pada hari itu sebaiknya dengan segera  ke kantor Samsat mengambil nota pajaknya.

5. Pengambilan Nota Pajak di Samsat

Memang ini sangat perlu dicatat, sesudah anda  membayar pajak motor online, selanjutnya harus mengambil nota pajak pada Samsat yang telah daftarkan pada awal proses pembayaran tepat ketika pada proses regstrasi pada E-Samsat.

Tentunya anda  harus mempersiapkan beberapa bukti pembayaran, KTP dan STNK asli untuk kembali diserahkan pada  loket pembayaran. Demikianlah cara mudah bayar pajak motor online yang bisa langsung kamu terapkan untuk menghemat waktu, di era serba modern seperti ini memang semua menjadi lebih mudah.

Cara Bayar Pajak Motor Lewat  ATM BNI


Sebelumnya harus dipasikan teman teman sudah membuka rekening BNI dan mempunyai BNI ATM dengan itu anda akan dipermudah untuk membayar Pajak Kendaraan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun kerjasante.com BNI melayani pembayaran PKB pada daerah - daerah sebagai berikut :

  1. Bali.
  2. Banten.
  3. Jawa Tengah.
  4. Jabodetabek.
  5. Jawa Timur.
  6. Jawa Barat.
  7. DI Yogyakarta.

Langkah - Langkah Pembayaran Pajak Motor Lewat ATM BNI.


Langkah 1 :

Dengan registrasi kendaraan agar mendapatkan kode bayar untuk sistem samsat nasional.

Langkah 1 : Registrasi agar Mendapatkan Kode Pembayaran Pajak.

Untuk memproleh  kode pembayaran masyarakat bisa mengakses- Mobile apps Samsat Online Nasional di Playstore Android.

Website Korlantas tampilanya seperti dibawah ini.
cara bayar pajak motor online 1
Nah ini adalah tampilan samsat online nasional yang terdapat beberapa menu di dalamnya, perlu di ingat aplikasi ini teman teman dapat temukan di playstore dengan mencari kata kunci " Samsat Online Nasional"  @Korlantas Polri

Tahap berikutnya  melakukan pendaftaran pilih saja menu Daftar seperti gambar diatas, dan akan muncul form seperti dibawah ini:
cara bayar pajak motor online 2018
pada form diatas anda harus mengisi nrkb, Nik, No Rangka, Kontak ponsel dan email
setelah mengisi form dengan benar akan mendapatkan rincian pembayaran yang akan digunakan untuk menyelesaikan transaksi Di Bank.

Note (apa sih no NRKB itu) nomor registrasi kendaraan bermotor atau lebih dikenal sebagai Plat kendaraan contohnya DK 4476 DY.

Cara Bayar Pajak Motor Bali
pilih lanjutkan dan simpan dengan baik untuk kode pembayaran tersebut untuk melanjutkan pembayaran pajak lewat ATM BNI

Langkah  Pembayaran Pajak Bermotor Lewat ATM BNI

cara bayar pajak motor online bni


pertama anda pilih menu lain - selanjutnya pada tampilan baru seperti langkah 2 pilih - Pajak/ Penerimaan Negara

langkah berikutnya.

cara bayar pajak motor online 5

nah langsung pada tampilan berikutnya anda cukup memilih E-Samsat , pada tampilan yang baru anda harus memasukan kode intitusi  jika anda belum hafal pilih daftar kode institusi terlebih dahulu ya. kode bayar ? jangan panik kode bayar teman teman proleh dari transaksi yang sebelumnya sudah anda simpan pada aplikasi samsat online nasional ini dia tampilanya jika anda merasa lupa.
cara bayar pajakmotor online
berikutnya jika sudah selesai - pilih menu -tekan jika benar untuk melanjutnkan, maka akan muncul bukti transaksi yang nantinya akan anda bawa ke kantor samsat. sebelumnya pilih ya untuk mendapatkan bukti transaksi.
E-samsat Bali

nah proses sudah selesai. tinggal anda pergi ke kantor samsat untuk mengesahkan STNK, jika ada yang masih membingungkan hubungi kami lewat livechat gan.


Kerjasante.com Catatan Tulisan Admin menyajikan Info Gadget, Ragam Contoh, Tips Terbaru Dan Kumpulan Contoh Soal Soal CPNS/UNBK/USB Jika tulisan ini terasa menarik jangan lupa SHARE Terimakasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar