Skip to main content

17 Cara Mengusir Lalat Di Rumah Secara Alami, Paling Cepat Dan Ampuh.

Cara mengusir lalat di rumah dengan cepat
Cara Mengusir Lalat – Salam untuk Pembaca Setia ! Pada kesempatan ini kami akan memaparkan cara ampuh dan paling cepat mengusir Lalat membandel yang ada di dalam rumah, Namun sebelum lebih jauh membahas solusi mengusir lalat dengan cepat, alangkah lebih baiknya anda menyimak terlebih dahulu penjelasan lalat berikut ini.
Lalat merupakan salah satu hewan yang tidak asing kita jumpai dan sangat sering dijumpai di rumah rumah, lalat menjadi salah satu hewan Arthropoda, tanpa disadari hewan ini sangat merugikan manusia. Karena lewat lalat benih-benih penyakit dapat disalurkan, tanpa kita sadari lalat sering sekali hinggap, meludahi bahkan membuang kotoran di makanan tentu ini sudah jelas menjadi bibit penyakit bagi kesehatan manusia, Lalat berkembang biak  begitu cepat biasanya akan bertelur di sampah-sampah hingga makanan yang ada disekitar, sudah sangat jelas lalat sangat merugikan manusia.

Spesies Umum Lalat

Lalat bisa kita jumpai secara berkala dirumah-rumah dan tidak bisa dipungkiri keberadaan lalat menyebar di seluruh Indonesia, dimana sih yang tidak ada lalatnya?. 

Fakta tentang lalat [ Rata Rata lalat dewasa akan hidup sekitar satu bulan atau 30 hari, mereka mempunyai 4 tahap kehidupan dari telur, Larva, Pupa hingga menjadi lalat dewasa ].

Dari fakta tersebut tentu kehidupan spesies ini berkembang sangat cepat, jika diperhatikan mereka mampu bertelur hingga menghasilkan ratusan bahkan ribuan larva selama hidupnya, wah ini tentunya menjadi fenomena yang sangat luar biasa.

siklus kehidupan lalat dapat anda simak  pada gambar dibawah ini

Siklus Kehidupan Lalat Image [dokterunggas.com]

Fakta Tentang Lalat

Meskipun lalat mempunyai ukuran tubuh yang kecil dan sepintas tidak berbahaya, lalat dengan ukuran kecil ini ternyata bisa membawa bakteri dan kuma berbahaya untuk kesehatan manusia.

Lalat sering kali dijumpai menempel di dingding dan plapon rumah, biasanya akan membenrtuk pola bintik - bintik hitam yang ternyata itu adalah ludah dan kotorannya. Perkembang biakan lalat betina terkesan sangat cepat, tentunya akan menjadi masalah yang serius jika menyaksikan lalat berterbangan dengan bebas dirumah, dan tempat bisnis anda.

Nah berikut ini saya akan memberikan fakta tentang lalat yang harus anda ketahui bisa langsung di simak videonya dibawah ini:

Video Youtube Fakta Kehidupan Lalat.

Selanjutnya mungkin anda juga tidak ingin melewatkan jenis-jenis lalat sebelum, anda berkeinginan untuk membasmi populasinya.
  • Lalat Rumahan
Lalat rumahan yang dikenal dengan sebutan (Musca domestica) merupakan jenis lalat utama yang beresiko membawa bibit penyakit dan mampu menginfeksi segela type bangunan. Jenis lalat rumahan ini sangat tertarik dengan berbagi jenis makanan seperti makanan manusia, makanan hewan, sampah bahkan sampai dengan kotoran, gimana membayangkannya saja sudah jijik dibuatnya bukan?. Lalat dewasa adalah tanda aktivitas yang sangat berbahaya bagi manusia, mereka akan bertelur dengan cepat dan membawa larva yang sangat cepat berkembang menjadi lalat kecil.

Untuk siklus lalat dewasa mereka mempunyai panjang 5-8 mm dan bisa hidup hingga 30 hari lamanya, selain itu lalat jenis ini mempunyai mata yang majemuk komplek dengan ribuan lensa yang mempunyai jangkauan begitu luas.

Dan pada pembahasan nanti juga akan dibahas cara mengatasi lalat rumahan dengan cepat.
  • Lalat Hijau
Lalat Hijau yang dikenal dengan istilah   (Calliphora vomitoria) sangat sering terlihat terbang di sekitar tempat sampah, mereka sangat tertarik dengan aroma busuk dari kotoran hewan dan bangkai yang sangat terkenal sebagai sumber penyakit,  disebut dengan lalat hijau karena warna lalat ini menyerupai warna hijau gelap.

Lalat jenis ini jika dewasa mempunyai panjang mencapai ¼ inci – 1 ½ inci hanya membutuhkan waktu 7-12 hari untuk tumbuh dewasa. Untuk perkembangannya begitu pesat telur bisa menetas dari 0-18 Jam (perkembangan secara universal berlangsung pada lalat betina). Kebanyakan dari lalat ini akan hinggap pada daging untuk menempelkan sel telurnya.

Lalat hijau 80 kali lebih beresiko dari lalat rumahan ketika menyebarkan wabah penyakit, tentu dari sedini mungkin anda harus waspada dengan kedatangan lalat hijau di sekitar rumah bahkan akan sangat berbahaya jika sampai hinggap pada makanan anda, tentu diperlukan cara mengatasi lalat hijau ampuh.
  • Lalat Pasir
Lalat pasir yang lebih dikenal dengan sebutan (Spiriverpa Lunulata) ini adalah jenis lalat musiman yang akan terlihat pada bulan April- September. Lalat jenis ini biasanya akana hidup di tepi sungai yang berpasir, dan untuk lalat betina akan lebih menyukai  letak telur di tanah basah dan di dalam Air. Larva bisa memakan watu hingga 2 tahun untuk bisa lepas dari permukaan tanah atau pasir.
  • Lalat Buah
Lalat Buah yang lebih dikenal sebagai (Drosophila species) pada umumnya lalat buah akan ditemukan untuk menginfeksi buah dan sangat suka berkerumun di sekitar fermentasi yang biasa ditemukan pada lahan buah dan sayuran pabrik. Untuk ciri cirinya mempunyai warna kuning kecoklatan nanti akan dibahas tentang cara mengatasi lalat buah.
  • Lalat Limbah
Lalat limbah yang lebih dikenal dengan (Psychodidae) seringkali dihubungkan dengan limbah dan tempat pembuangan sampah, dimana larva akan berkembang dan memakan bahan organic seperti Lumpur, mereka juga sangat sering dikenal sebagai ngengat atau lalat pembuangan sering sekali dijumpai di kamar mandi atau WC, nanti akan dibahas tentang cara mengatasi lalat Limbah.
  • Lalat Daging
Lalat daging sering juga disebut dengan (Family - Sarcophagidae) merupakan jenis lalat yang sangat suka dengan daging, untuk lalat betina akan lebih sering menaruh larvanya did aging daging busuk, untuk ciri cirinya mempunyai warna tubuh coklat kekuningan, untuk siklus kehidupannya berlangsung dari 2-4 minggu saja, nanti akan dibahas tentang cara mengatasi lalat Daging.
  • Lalat Kuda
Lalat kuda yang lebih dikenal dengan sebutan (Family tabanidae) merupakan jenis lalat yang sering disebut sebagai kususnya pada hewan ternak, jenis lalat ini memberikan serangan berupa gigitan tanpa henti dan untuk lalat betina biasanya akan membuat berat badan ternak menjadi turun.

Lalat kuda jantan menjadi jenis lalat yang sangat aktif memakan nectar dan serbuk sari, dan tentunya gigitan dari lalat kuda ini bisa menyakitkan bagi manusia.

Lalat jenis ini mempunyai mulut yang bekerja sangat baik seperti pisau dimana mereka akan menggunakan mulutnya untuk membuka sel kulit dengan gerapakan yang menggunting.

Wah tentunya lalat jenis ini sangat merugikan bagi para peternak, yang bisa membuat ternak menjadi kesakitan pada bagian kulit ketika digigitnya nanti akan dibahas tentang cara mengatasi lalat kuda.

Untuk artikel kali ini lebih jelasnya akan membahas tentang cara mengusir lalat di sekitar rumah, memang sebagain besar orang akan sangat terganggu dengan adanya lalat in, terlebih lagi lalat hinggap dimakanan, wah sangat berbahaya !

Selain kehadiran lalat berbahaya, jika diperhatikan lalat yang hinggap dimakanan akan terkesan sangat menjijikan, seperti yang sudah kita ketaui lalat suka hinggap di tempat yang berpotensi kotor.

Bahaya lalat ini, sesuai yang sudah dinyatakan para pakar, lalat memang sangat berbahaya untuk kesehatan manusia.

Untuk satu ekor lalat saja bisa membawa sekitar 200 jenis bakteri yang mungkin berasal dari kotoran hewan dan sampah sampah sekitar, bakteri bakteri yang dibawa oleh lalat akan menempel pada rambut tipis yang berada di kaki lalat.

Sebagai usaha menjauhkan diri dari penyakit, sebaiknya kita menghindari makanan yang sudah di hinggapi lalat, karena jika memaksakan untuk memakannya tentu saja akan berdampak pada lambung dan pencernaan yang bisa memicu tumbuhnya benih benih penyakt dalam tubuh.

Cara Mengusir Sumber Lalat
cara mengatasi sumber lalat

image [faridmj]

Sebelum mengusir lalat tentu anda harus memperhatikan dimana sumber lalat berkembang biak, dengan mengetahui sumber benih kehidupan lalat tentunya anda bisa mencegah perkmebangbiakan dari lalat itu sendiri.

Berikut adalah cara mengusir sumber adalah sebagai berikut:
  • Membersihkan tempat yang sering di hinggapi lalat terutama dari sisa makanan, karena berdasarkan informasi yang telah di dapatkan lalat akan bertelur setelah mereka makan.
  • Lalat mampu menyelesaikan siklus hidupnya selama seminggu, maka dari itu segera singkirkan bahan organik basah dan pupuk kandang karena dari sini lalat dengan cepat bisa berkembang biak.
  • Usahakan jangkaun tempat sampah dan rumah berjauhan
  • Tutup tempat sampah dengan rapat, dan jika menggunakan kantong plastik maka usahakan untuk melipatnya.
  • Bersihkan kotoran hewan atau ternak secara teratur, dan singkirkan tanaman yang sudah membusuk.
  • Jauhkan jangkauan kandang hewan (anjing) setelah member makanan pastikan kondisi sisa makanan sudah bersih.
  • Jauhkan bahan tumbuhan kompos dari area rumah.
  • Mungkin yang terakhir membersihkan Area dapur menyimpan sayuran, susu, telur di dalam kulkas karena dapur adalah tempat favorit lalat di rumah anda.

Cara Mengusir Lalat Dalam Rumah

Cara mengusir lalat di rumah, rumah adalah  tempat  yang kita tinggali, tentunya kita menginginkan kondisi bersih  dan menjadi tempat istirahat nyaman tentunya. Lalu apa jadinya bila rumah yang kita tinggali berpotensi menjadi sumber penyakit yang di sebabkan oleh  lalat yang berterbangan dan hinggap di rumah kita? tentunya kita merasa risih dan jijik.  Faktor utama yang bisa menjadi penyebab adanya lalat  di rumah kita ialah faktor kebersihan.

Tempat yang kotor akan sangat mudah di hinggapi lalat.  pada dasarnya lalat  ini memang sangat suka pada tempat tempat yang kurang bersih.  Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjada kebersihan lingkungan sekitar, terutama kebersihan tempat tinggal kita.  Tempat bersih memang tidak disukai lalat.

Anda tidak usah bingung ketika memikirkan metode apa yang bisa di gunakan membasmi larva lalat. Berikut  ini kami akan sajikan cara yang dapat di gunakan mengusir lalat lalat yang mengganggu di rumah anda.

Berikut cara mudah untuk membasmi lalat yang bisa anda terapkan:

Menggunakan Baygon
mengusir lalat dengan semprotan baygon

image [wikihow]

mengusir lalat dengan baygon atau hit pembasmi serangga  dapat menggunakan yang semprot dan elektrik, pertama yang harus diperhatikan ketika menggunakan baygon semprot adalah jika ada makanan usahakan dalam keadaan tertutup.

Menggunakan baygon pembasmi serangga terkesan ampuh membunuh lalat yang berkeliaran di rumah anda, tidak hanya lalat, kecoak hingga nyamuk akan mati dibuatnya.

Namun perlu juga diperhatikan karena mengandung bahan kimia tentu zat yang ada dalam cairan ini tidak bagus untuk kesehatan manusia, gunakan masker ketika menyemprotkan dan usahakan tidak masuk ruangan jika sedang menyemprotkan baygon.

Membersihkan lingkungan sekitar
mengatasi lalat dengan membuang sampah pada tempatnya

image [youtube]

Lalat yang sangat identik dengan tempat kumuh dan kotor, dan cobalah untuk menerapkan kehidupan sehat terutama memperhatikan lingkungan sekitar, karena dengan lingkungan yang bersih akan membuat jiwa yang sehat untuk anggota keluarga, salah satu caranya cukup mudah dengan membuang sampah pada tempatnya dan menutup tempat sampah, usahakan menempatkan bak sampah jauh dari rumah sebab ini sangat memicu datangnya lalat.

Usahakan untuk membuang sampah saat pagi atau sore hari karena lalat aktif waktu siang hari, lalat akan aktif mencari makanan berupa sisa makanan dan kotoran disekitar, selanjutnya usahakan membersihkan lingkungan sekitar rumah tanpa terkecuali Dapur, dapur adalah tempat yang sangat disukai para lalat oleh karena itu wajib rasanya untuk membuat kondisi dapur selalu bersih dan wangi.

Menggunakan Kantong Air + Cabe
mengusir lalat dengan kantong air dan cabe

image [tribunnews]

Mengusir lalat dengan kantong Air, Pernahkan anda memperhatikan di warung makan ada benda yang tidak lazim seperti gantungan air  dan Cabe dalam plastic ? ini bukanlah pesugihan ya hehe namun hal ini dilakukan untuk mencegah kehadiran lalat itu sendiri.

Mengusir lalat di warung makan, Gantungan Air dan cabe pada Plastik dipercaya mampu mengalihkan pengelihatan lalat untuk datang kerumah, dapat ditaruh pada pintu atau bisa juga digantungkan pada area yang dekat dengan hidangan makanan.

Menggunakan Lem Lalat
cara mengusir lalat dengan lem lalat

image [warganet]

Ini menjadi solusi yang cukup mudah mengatasi serangan lalat, menggunakan lem lalat sangat ampuh membasmi ratusan hingga ribuan lalat yang mengganggu aktifitas anda caranya memang sangat mudah cukup membuka kemasan lem tersebut dan ditaruh pada area yang sering di hinggapi lalat.

Untuk lem ini bisa anda dapatkan dengan mudah karena dijual secara bebas di supermarket hingga warung sekitar.

Menggunakan Bunga Lavender

mengusir lalat dengan bunga lavender

image [bibitbunga]
Salah satu yang tidak disukai oleh lalat adalah aroma wangi bunga lavender, tidak hanya lalat nyamuk sekaligus sangat takut dengan bunga berwarna biru ini.

Daun lavender dapat ditanam di sekitar pekarangan rumah, tentu ini menjadi cara tradisional mengusir lalat dengan mudah.

Menggunakan kipas
mengusir lalat dengan kipas angin
image [seenday]

Jika anda mempunyai kipas dapat juga menggunakan benda satu ini akan efektif jika digunakan di dalam ruangan yang tentunya mampu membuat lalat terhempas oleh angin.

Jika anda tidak mempunyai kipas, anda bisa membelinya langsung di toko elektronik terdekat di daerah tempat anda tinggal masing-masing.

Daun Cengkeh
mengusir lalat dengan daun cengkeh

images [takimzone]

Daun cengkeh adalah bahan rempah yang mempunyai kasiat yang sangat bagus siapa sangka cengkeh bisa digunakan mengusir lalat. Dengan aroma yang khas ini lalat tidak akan berani mendekat.

Untuk mendapatkan dauh cengkeh memang lumayan sulit, anda bisa langsung berkunjung ke pasar tradisional untuk membelinya, usahakan dauh dan buah cengkeh agar roma wanginya makin pekat dijamin lalat tidak akan berani mendekat lagi.

Menggunakan lilin
mengusir lalat dengan lilin

image [rosyad]

Lilin adalah bahan alternatife penerangan tradisional ketika listrik padalm, tetapi siapa sangka lilin bisa membantu mengusir lalat, sebab dengan nyala api akan membuat lalat kepanasan.

Selain itu lalat takut dengan cahaya api dan aroma dari lilin, cara ini terkesan cukup mudah karena untuk mendapatkan lilin. Anda bisa langsung pergi ke warung terdekat untuk membelinya, cara ini akan efektif apabila mengaplikasikan penggunaan lilin dalam ruangan seperti kamar tamu, tempat tidur dan lain lain.

Menggunakan Daun Kemangi
mengusir lalat dengan daun kemangi

Image [warganet]

Daun kemangi terkenal dengan aroma khasnya, jika anda bingung bentuk daun kemanggi dapat menyaksikan gambar terlebih dahulu, dan biasanya sering sekali digunakan di warung penyetan, sebab daun kemangi bisa digunakan untuk  bahan lalapan yang akan disandingkan dengan kacang panjang dan sayur lainnya.

Daun kemangi mempunyai manfaat untuk mengusir lalat  lho, caranya sama dengan pengaplikasian air dan cabe, untuk dauh kemangi dimasukan pada plastik yang sudah terisi air selanjutnya dapat digantung ditempat yang biasanya disukai oleh lalat itu sendiri.

Daun kemangi bisa juga digunakan sebagai tanaman hias anda lho, selain mempunyai fungsi bagus untuk mengusir lalat, daun kemangi juga bisa menghasillkan aroma yang alami di sekitar halaman rumah.

Menggunakan minyak kayu putih
mengusir lalat dengan minyak kayu putih

image [themoondoggie]

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya lalat tidak suka dengan aroma tertentu, dan aroma minyak kayu putih adalah salah satu aroma yang sangat dibenci oleh lalat, cara menggunakannya cukup mudah tuangkan minyak kayu putih di tempat yang sering dihinggapi oleh lalat.

Menggunakan Daun Pandan
mengusir lalat dengan daun pandan

image [halosehat]

Selain bunga lavender ternyata daun pandan mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk mengusir lalat. Daun pandan memang mengeluarkan aroma yang wangi yang biasanya digunakan bahan pengharum makanan seperti nasi kuning dan sebagainya, cara menggunakanya cukup mudah tinggal memotong kecil kecil daun pandan selanjutnya direndam pada baskom yang sudah berisi air, dan ditaruh di tempat yang sering dihinggapi oleh lalat.

Selain memotong daun pandan, coba untuk menanam daun pandam dekat dekat rumah karena tanaman ini bisa juga digunakan sebagai tanaman hias yang mempunyai aroma harum dan ampuh membuat lalat kabur.

Menggunakan Raket listrik
mengusir lalat dengan raket listrik
image [jakartanotebook]

Menggunakan raket listrik untuk membasmi lalat dalam rumah adalah cara yang mengusir lalat secara modern caranya sendiri cukup mudah anda cukup mengayunkan raket kearah sasaran sama halnya ketika bermain bulu tangkis.

Namun perlu diwaspadai menggunakan reket ini memang harus lebih hati hati karena menggunakan sumber listrik elektrik bisa menyengat bagian tubuh ketika kita menyentuhnya. Untuk mendapatkan alat ini anda cukup pergi ke toko elektronik terdekat.

 Menggunakan jeruk lemon
mengusir lalat dengan jeruk lemon

image [m.video]

Jeruk lemon adalah buah yang sangat bagus digunakan minuman ketika dahaga, dibalik rasa nikmat yang dihasilkan buah satu ini, ternyata lalat bisa digunakan untuk mengusir lalat. Caranya memang masih sama dengan cara sebelumnya. Anda bisa mengiris lemon dan memasukannya pada baskom yang sudah berisi air.

Selain menggunakan baskom,  irisan lemon juga dapat ditaruh pada daerah yang suka di inggapi oleh lalat.

Lalat memang tidak suka dengan aroma jeruk nipis, dengan mencium aroma bau segar lemon ini, lalat akan otomats kabur.

Menggunakan  Garam Dapur
mengusir lalat dengan garam dapur

image [cnnindonesia]

Garam dapur adalah bahan penyedap makanan, dibalik kasiatnya untuk bahan penyedap makanan ini ternyata sangat ampuh untuk penangkal lalat, caranya cukup mudah dengan menaburkan garam di tempat yang suka di hinggapi oleh lalat,  contohnya anda bisa menaburkan garam di atas rak penyimpanan makanan.

Selain mampu mencegah lalat hinggap ternyata garam mampu mencegah semut yang akan datang tiba tiba bersama rombongannya.

Cara ini dapat anda coba langsung dirumah karena garam tentunya sangat mudah ditemui di dapur anda.

Membuang Sampah Dengan Teratur
membuang sampah dengan teratur
image [orami]

Membuang sampah adalah hal wajib di lakukan setiap orang. Kondisi Sampah yang menumpuk di tempat tinggal kita bisa menimbulkan efek besar walau  dianggap sepele. menumpuknya sampah dapat menjadi  datangnya benih beni penyakit yang bisa menyerang manusia dengan tiba tiba.

Lalat adalah binatang yang sangat menyukai tempat tempat kotor yang basah, tempat sampah adalah salah satunya. Oleh karena itu, usahakan membuang sampah dengan rutin agar terhindar dari wabah penyakit,  Buanglah sampah pagi dan sore hari karena lalat akan mulai beraktifitas mencari makanan ketika siang hari.

Dengan kondisi yang bersih, tentunya lingkungan sekitar rumah akan menjadi bersih juga menjadikan  anggota keluarga sehat dan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh lalat.

Nah, itulah cara mengusir lalat yang bisa Anda lakukan semuanya sekaligus, tetapi jika dilakukan sekaligus tentu sangat memberatkan, lakukan satu metode untuk mencoba mengusir lalat, intinya adalah selalu bersih. Perlu juga di ingat  lalat dapat membawa bakteri yang sangat banyak dapat membahayakan kesehatan kita.

Oleh karena itu, Ayo dari sekarang kita  terapkan pola hidup bersih naninya pasti berdampak baik bagi kita  dan keluarga. 

Cara Herbal  Mengusir  Lalat

cara alami mengusir lalat

image[vamela]
Mengusir lalat secara Alami Menggunakan Daun Mint, Kemangi dan tandan yang mempunyai aroma harum – bagi manusia dan ampuh membuat lalat beralih ke tempat lain, dan bisa juga menggantungkannya di dekat dengan jendela untuk mencegah lalat masuk ke dalam rumah.

1.Menggunakan Minyak Sereh Penolak  Lalat Terbang:

Minyak sereh mempunyai sifat penolak serangga yang ampuh  dan mampu membuat aromatik menyegarkan rumah Anda. Jadi, Anda dapat menggunakan minyak sereh dengan cara membuat semprotan untuk menangkal lalat berterbangan dan sebagai penyegar ruangan.

Untuk membuat semprotan anti lalat Anda harus mencampur bahan-bahan berikut ini:
  • Minyak esensial sereh – 20-25 tetes
  • Air panas sekitar 1/2 gelas
Simpan larutan pada botol semprot dan semprotkan sepanjang pintu dan jendela dan area dengan lalat lainnya.

Catatan: Bila tidak ada minyak sereh Anda juga dapat menggunakan minyak alami lainnya seperti minyak Lavender, minyak Eucalyptus, minyak Citronella, minyak Pennyroyal, dan minyak Peppermint. Namun untuk menemukan hasil semprotan yang optimal usahakan untuk menggunakan minyak sereh.

Nah itulah informasi tentang fakta dan cara mengusir lalat dirumah, tapi jangan dulu beranjak untuk anda yang bergerak dalam sektor industri peternakan juga harus kompeten mengatasi lalat yang berkeliaran di kandang , lalu bagaimanakah cara mengusir lalat di kandang ayam, babi sapid an ternak lainnya? Berikut adalah ulasanya.

Cara Mengatasi Lalat Di Kandang Peternakan

Cara mengusir lalat dipeternakan

Yang sering kita jumpai kususnya di industry peternakan, identik dengan tempat tumbuh kembang bagi lalat lalat berkembang dengan cepat, dan mungkin lalat inilah yang akan trasnmigrasi ke rumah anda, tidak hanya itu para peternak juga sangat dirugikan dengan kembang biak lalat ini, selain menggangu lalat juga bisa membawa bakteri dari 1 hewan ke hewan yang lain nah berikut adalah solusi mengurangi lalat di peternakan.

Cara mengatasi lalat dipernakan

  • Memperhatikan kebersihan kandang.
Membersihkan kandang peternakan anda secara bertahap, selain sangat bagus untuk kesehatan ternak bisa juga menetralisir bau kotoran ternak.
  • Menambahkan cairan permentasi Em-4 pada makanan ternak.
  • Membersihkan sisa ransum yang tumpah kondisinya masih basah.
  • Menggunakan Obat kimia semprot
Jika Anda mempunyai waktu yang cukup banyak bisa juga  menyemprot lalat, gunakan obat kimia khusus. Lalat yang di semprot menggunakan semprotan obat ini bisa langsung jatuh dan mati. tetapi, pastikan obat-obat ini aman untuk kesehatan sapi.
  • Bahan organik alami
Anda bisa membuat sendiri obat alami untuk membasmi lalat. menggunakan biji mahoni, kemudian tumbuk hingga  menjadi serbuk halus. Dan Masukkan hasil tumbukan in ke mangkuk & tambahkan tembakau. Selanjutnya Tuangkan air panas pada mangkuk, dan aduk hingga tercampur merata.

Setelah suhu air dingin, saringlah dan ambil airnya. Setelah itu, tambahkan sampo agar memperkuat efek racun cairan dan sebagai perekat. Anda dapat  menyemprotkan cairan tersebut langsung ke arah lalat.
  • Bakar-bakaran sampah
Bakar bakaran sampah juga bisa mengurangi populasi lalat, dengan melakukan hal ini mampu mengurangi kelembaban pada kandang peternakan.

Nah itulah alternatif yang bisa dilakukan untuk mengusir, mengatasi, dan membasmi lalat selalu perhatikan kebersihan sekitar untuk mencegah penyakit yang bis disebabkan oleh lalat, dan seperti pepatah mengatakan sehat itu mahal sayangi diri dan kesehatan keluarga anda. 

Kerjasante.com Catatan Tulisan Admin menyajikan Info Gadget, Ragam Contoh, Tips Terbaru Dan Kumpulan Contoh Soal Soal CPNS/UNBK/USB Jika tulisan ini terasa menarik jangan lupa SHARE Terimakasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar