Skip to main content

11+ Contoh Teks Eksplanasi Sosial, Budaya, Tsunami, Pendidikan DLL Lengkap Struktur Dan Penjelasannya

Kumpulan Contoh Teks Eksplanasi
Contoh Teks Eksplanasi - Salam hangat kembali dengan ragam contoh Teks pada kesempatan ini kami akan memaparkan contoh contoh eksplanasi tentunya sebelum membahas lebih jauh kamu harus paham apa sih itu teks eksplanasi agar tidak ada kekeliruan ketika membuat contohnya nanti.

Mungkin untuk sebagain orang teks eksplanasi menjadi istilah yang belum dipahami, dan mungkin untuk sebagian orang ini sudah menjadi hal yang sudah sering di dengar atau familiar, lantas dimana sih biasanya bisa menjumpai teks eksplanasi, teks eksplanasi memang bisa dijumpai pada kurikulum 2013 dan menjadi kurikulum baru di dunia pendidikan.
Berikut adalah Tabel yang memuat isi semua konten memudahkan kamu mencari isi materi.
Dan ketika menginjak jenjang SLTA atau SMP kamu akan mempelajarinya pada Studi Bahasa Indonesia, dan dapat dibilang sangat banyak yang tertarik dengan teks ekplanasi ini karena bisa disebut baru dan masih sangat jarang diketahui orang, dan untuk rujukan dan refrensi untuk teks ini masih tergolong sangat langka.

Melihat kenyataan yang ada memang teks ini sangat menarik dan memberikan pembahasan yang mendalam, untuk mahasiswa dan pelajar yang suka dengan kegiatan menulis pastinya akan sangat penasaran untuk mempelajari teks satu ini.

Menjadi materi di perkuliahan dan materi sekolah kami sadar tentu siswa-siswi akan berupaya mencari refrensi yang benar dan terpercaya,  mungkin kamu berada di website yang tepat karena dikesempatan ini kami akan mengulasnya secara lebih lengkap, untuk melengkapi tugas tugas anda.
Untuk memudahkan untuk mempelajari jenis teks ini kami akan mencoba membahasnya lebih detail lagi dengan contoh contoh secara lengkap, diharapkan setelah membaca semuanya, kamu bisa lebih paham dan mengerti dan bisa membuat teks eksplanasi  sendiri.

Contoh Teks Eksplanasi
Image : Hidupsantai

PENGERTIAN TEKS EKSPLANASI


Pertama tama kita akan membahas pengertian teks eksplanasi (Definisi) agar anda lebih paham lagi tentang jenis teks satu ini, seperti kata pepatah ‘tak kenal maka tak sayang’  berikut adalah definisinya.

Jika diperhatikan eksplanasi berasal dari bahasa inggris Eksplanation yang berarti penjelasan atau keterangan. Sedangkan teks eksplanasi mempunyai definisi suatu paragraph yang berisi informasi tahapan “Bagaimana” dan “Mengapa” peristiwa, dan peristiwa yang bisa dijadikan teks eksplanasi adalah ( Alam, Sosial, Budaya, ilmu Pengetahuan Dsb ).

Secara Umum : Teks Eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa & Bagaimana suatu peristiwa alam, budaya , sosial dan budaya yang dapat terjadi, dan peristiwa tersebut mempunyai hubungan sebab akibat.

Kejadian yang terjadi disektira kita harus diamati dan rasakan, sekaligus peristiwa tersebut dapat digunakan sebagai pembelajaran, mengapa kejadian itu bisa terjadi dan bagaimana kejadian itu dapat terjadi.
Jangan Lewatkan : Contoh Teks Eksposisi Lengkap

CIRI CIRI TEKS EKSPLANASI


Setelah membahas definisi teks eksplanasi kamu juga harus mengeahui ciri-ciri dari teks eksplanasi.Untuk setiap jenis teks pastinya memiliki ciri-ciri sendiri. Dan berikut adalah ciri dari teks eksplanasi.
Dengan mengetahui ciri ciri teks eksplanasi, tentunya bisa memudahkan pembaca saat membedakan teks ini dengan teks yang lainnya. Berikut ciri-ciri teks eksplanasi yang bisa anda cermati.
  • Teks eksplanasi merupakan  jenis teks yang berisi suatu informasi yang memuat fakta dan kenyataan. Sehingga jenis teks ini tidaklah jenis teks fiksi atau karangan belaka.
  • Fakta informasi melekat di jenis teks eksplanasi ini bersifat ilmiah dan sejalan dengan ilmu pengetahuan.
  • Teks eksplanasi terdiri tiga bagian, yakni pernyataan umum, sebab akibat dan interpretasi.
  • menggunakan sequencemarkers pertama, kedua, ketiga atau menggunakan kata pertama, berikutnya dan berakhir.
Nah itulah beberapa ciri-ciri dari teks eksplanasi yang mendasar yang bisa membedakan mana yang masuk pada jenis teks eksplanasi dan mana yang tidak. Selain itu dapat digaris bawahi  adalah teks eksplanasi tidak bersifat mempengaruhi pembaca untuk mempercayai hal yang diulas dalam teks. tetapi, jenis teks ini lebih ke- informasi.

STRUKTUR  TEKS EKSPLANASI


Setelah membahas ciri teks eksplanasi kini beralih ke bagian struktur teks eksplanasi, tentunya bagian struktur begitu berpengaruh tentang hal nantinya akan disajikan, jika belum memahami struktur teks eksplanisasi tentunya akan susah membuat contoh teksnya, dan berikut adalah struktur dari teks eksplanasi tersebut.
  • Terdiri dari pernyataan umum
Pernyataan umum bagian yang memuat penjelasan tentang suatu topik dan proses yang terbentuk atas  proses terjadinya suatu peristiwa.
  • Sebab dan akibat
urutan tahap ini berisikan penjelasan mengenai suatu tahapan suatu peristiwa. Sebab akibat ini di susun bertahap berurutan dari  awal sampai dengan  akhir peristiwa.
  • Interpretasi
Bagian ini merupakan bagaian yang akan memberikan pernyataan tentang topik yang diuraikan pada teks atau dapat juga  disebut kesimpulan dari teks ekplanasi.

BAGIAN-BAGIAN TEKS EKSPLANASI


Setelah membahas Struktur teks eksplanasi kini berlanjut ke bagian bagian teks eksplanasi, tentunya bagian ini begitu berpengaruh tentang hal nantinya akan disajikan, jika belum memahami teks eksplanisasi tentunya akan susah membuat contoh teksnya, dan berikut adalah bagian bagian dari teks eksplanasi tersebut.
  • Pembuka
Biasanya untuk bagian pembuka, si penulis akan menceritakan secara umum tentang apa saja yang dimuat di teks eksplanasi nya.
  • Isi
Isi pada bagian ini adalah runtunan penjelasan fenomena yang terjadi pada teks  eksplanasi tersebut.
  • Penutup
Untuk  penutup lebih berisi  tentang inti dari penjelasan pada teks eksplanasi tersebut.
  • Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi
Setiap jenis teks tentunya  mempunyai keabsahan yang sangat unik. Dan tidak jarang keabsahan antara jenis teks satu dan teks yang lain itu berbeda. Dengan kaidah keabsahan yang khusus tersebut, tentunya dari pembaca dapat menebak secara mudah jenis teks apa yang mereka baca. Dan berikut ini beberapa kaidah kebahasaan pada teks eksplanasi yang wajib diketahui.
  • Pada teks eksplanasi terdapat istilah atau bahasa ilmiah.
  • Pembahasan yang ada pada teks eksplanasi mempunyai sifat umum dan tidak mencakup partisipan tentang manusia.
  • Penulis teks eksplanasi dibuat sesuai peristiwa dan fakta yang sebenar benarnya terjadi.
  • Teks eksplanasi yang biasanya menggunakan kalimat pasif.
  • Pada teks eksplanasi konjungsi kausal dan waktu.
  • Pemakaian kata kerja pada  jenis teks eksplanasi ini lebih relasional dan material.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya


Berikut akan kami berikan contoh teks eksplanasi singkat tentang gerhana bulan lengkap dengan struktur nya.
Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan
Image: Tribunstyle

Judul: Gerhana Bulan
1. Pernyataan Umum (Pembuka)
Gerhana bulan adalah salah satu fenomena alam yang tidak asing dan sering kita jumpai. fenomena alam ini terjadi jika bulan beroposisi dengan matahari. tetapi, letak bulan dengan matahari tidak selamanya menghasilkan peristiwa gerhana bulan hanya fenomena tertentu saja.
Mengapa? karena dari kemiringan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika sama besar. tetapi saat terjadi perpotongan bidang orbit bulan bersama bidang ekliptika, kemudian bisa menyebabkan munculnya dua titik dikenal dengan sebutan node.
Nah, untuk gerhana bulan bisa terjadi jika bulan beroposisi pada titik nude tersebut. Dibutuhkan waktu sekitar 29,53 hari hingga bulan bergerak pada satu titik ke titik oposisi lainnya.
2. Deretan Penjelas (Isi)
Kenyataannya jika terjadi gerhana bulan, terkadang penampakan bulan tetap bisa terlihat. Hal ini di karenakan sinar matahari masih tersisa, berbelok mengarah bulan yang disebakan oleh atmosfer bumi.
Sinar matahari yang dibelokkan mempunyai spektrum cahaya kemerahan, yang menjadi alasan mengapa ketika peristiwa gerhana bulan, tampilan bulan terlihat lebih gelap, dan biasanya berwarna merah gelap, jingga bahkan coklat.
Untuk mengamati gerhana bulan, Anda bisa melihatnya dengan mata telanjang tanpa was-was akibat yang ditimbulkannya. ketika terjadi gerhana bulan, umat Islam melihat dan mengamati fenomena gerhana ini disunnahkan agar melakukan salat gerhana (salat khusuf).
3. Penutup (Interpretasi)
Saat bayangan bumi menutupi sebagai bahkan seluruh penampang bulan, tentunya pada saat itulah terbentuknya gerhana bulan. Terutama saat bumi menempati posisi berada diantara matahari dan bulan, dan berada satu garis lurus, yang kemudian akan membaut sinar Matahari tidak bisa mencapai bulan sebab dihalangi oleh posisi bumi saat itu.
Nah itulah pembahasan  teks eksplanasi singkat tentang  Gerhana Bulan beserta strukturnya.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya


Contoh Teks Eksplanasi Budaya
Image : Balimediainfo
Indonesia adalah negara yang kaya akan seni aneka ragam budaya. Dan wayang adalah menjadi salah satu produk seni budaya bangsa. Wajang adalah pertunjukkan yang dimainkan oleh dalang. Jenis dan bentuk wayang berbeda-beda tergantung daerahnya masing-masing. bila kita bandingkan wayang Jawa dan wayang Bali memang sangat berbeda. Selain si pulau Jawa wayang sangat terkenla di pulau lain seperti bali, Sumatera dan daerah daerah sekitarnya. Sebagai generasi muda sudah seharusnya  berbangga sebab  salah satu organisasi dunia UNESCO tanggal 7 November 2003 sudah menobatkan wayang adalah Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Unesco juga sudah mengakui pertunjukkan wayang adalah  produk kebudayaan yang sangat berharga
Jangan Lewatkan : Contoh Memo Bahasa Iggris

Di indonesia terdapat banyak versi  wayang baik dilihat bentuk dan  berdasarkan jalan cerita. Untuk bentuknya ada wayang golek, wayang orang (yang secara langsung diperagakan oleh manusia).

wayang kulit , wayang boneka,  dan sebagainya. Dan berdasarkan jalan ceritanya terdapat 2 jenis wayang yang terkenal. pertama dari jalan cerita Mahabharata dan Ramayana. Latar belakang wayang tersebut adalah dimana agama Hindu mulai masuk ke Indonesia. agar masyarakat mau menerima, Para penyebar agama Hindu saat itu tengah berupaya menyesuaikannya bersama budaya setempat, lantas  pertunjukkan wayang kian dipilih agar dijadikan media yang bisa menghubungkan antara agama Hindu dengan sosial masyarakat yang ada disetempat. lalu saat agama Islam masuk ke Indonesia, untuk pembuatan wayang sendiri menggunakan kulit sapi. Saat itu Wayang merupakan wujud penyesuaian agama Islam dengan masyarakat.

Adanya akulturasi membuat wayang kian berkembang begitu pesat tidak sampai situ saja. Pada  tahun 1960, mulai muncul gerakan yang menyebarkan agama Katholik di Indonesia oleh misionaris katholik. Yang Kemudian mereka mulai mengembangkan jalan cerita dikenal dan disebut dengan wayang Wahyu dimana sumber jalan ceritanya diambil berdasrkan kitab agama khatolik. Saat ini wayang menjadi hiburan masyarakat. Kadang-kadang  jika tidak ada wayang acara  kurang lengkap.
Wayang sendiri mempunyai filosofi yang mempunyai makna kebaikan dan mengajak untuk kebaikan. Untuk bagian wayang, masing-masing mempunyai makna dan arti. Harapan yang berada dalam pertunjukkan wayang, untuk pesan dan juga  moral kebaikan dapat tertuju juga mengena pada masyarakat. Dan sebagai generasi muda memang kita harus melestarikan kebudayaan ini agar nantinya bisa digunakan bahan ajar dan media secara kusus di sekolah-sekolah.

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam


Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam
Image :kaskus
Gempa bumi adalah suatu fenomena alam  yang penyebabnya adalah pergerakan lapisan batu di perut bumi. Getaran yang berasal dari dasar lapisan bumi. Dan memang ada beberapa daerah atau kawasan yang rentan mengalami gempa bumi. Dan daerah yang dimaksud adalah kawasan daerah gunung merapi aktif dan juga daerah-daerah sekitar lautan luas.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat

Disebabkan karena  gerakan atau pergeseran lapisan di dasar bumi dan adanya letusan gunung merapi yang begitu kuat, tentunya  pada akhirnya menyebabkan gempa bumi terjadi. Dan Tidak sebatas itu, gempa bumi juga yang terjadi sangat cepat juga dari efeknya sangat kuat bagi  lingkungan yang berada di sekitarnya.

Getaran gempa bumi yang kuat tentunya bisa menyebar ke berbagai penjuru dan itu bisa saja mengakibatkan banyak bangunan menjadi rata dengan tanah. Dan untuk Kejadian semacam ini memang tidak jarang akan memakan korban jiwa tersendiri. Gempa bumi bisa terbentuk dari beberapa bagian, perama dari adanya gempa vulkanik dan kedua gempa tektonik.
Jangan Lewatkan : Contoh Teks Negosiasi

Gemba vulkanik terjadi disebabkan karena  meletusnya gunung berapi dengan ukuran besar. Jika dibandingan dengan gempa tektonik, gempa vulkanik masih sangat memang jarang terjadi. Sedangkan gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi yang lunak sehingga membuat  bumi mengalami pergerakan atau pergeseran.

Beberapa lapisan buatan yang ada di bumi ini berdasarkan teori plate. Dan kebanyakan untuk kawasan yang berlapis kerak ini bisa hanyut nantinya  mengapung pada sebuah lapisan menyerupai salju. Lapisan inilah mengalami pergerakan yang sangat pelan. membuat terjadinya tabrakan / pecah diantara lapisan satu dengan lapisan yang lainnya. Inilah menyebabkan gempa bumi bisa terjadi.

Interpretasi

Kejadian Gempa bumi memang tidak mengenal musim dan kapan saja ia mungkin terjadi. walaupun demikian, gempa bisa terjadi diakawasan tertentu saja. contohnya pada perbatasan plat pacific karena di kawasan itu banyak gunung berapi yang masih aktif. Oleh karena itu, tempat itupun dikenal dengan istilah lingkaran api.

CONTOH TEKS EKSPLANASI GUNUNG MELETUS


Pernyataan Umum

CONTOH TEKS EKSPLANASI GUNUNG MELETUS
image : tribunnews
Endapan Magma pada perut bumi adalah salah satu penyebab gunung meletus.Gas yang berada pada perut bumi ini akan disemburkan tentunya di imbangi dengan kekuatan yang sangat besar. Latusan gunung berapi bisa menjadi salah satu fenomena bencana alam yang luar biasa dan sangat besar.

Sebab gunung berapi bisa terjadi di imbagi dengan letusan yang amat hebat. Dan Ada banyak gunung berapi yang aktif di Indonesia. Dan beberapa gunung berapi yang masih aktif di Indonesia diantaranya adalah, Gunung Krakatau, Gunung Toba, Gunung Tambora, Gunung Kerinci dan tentunya masih banyak lagi gunung berapi lainnya.

Runtutan Penjelasan Sebab Akibat

disebabkan hubungan antara batas lempeng bumi secara langsung, tentunya sebagian aktifitas gunung berapi sangat berkaitan dengan zona kegempaan yang masih  aktif.Di antara tanda yang dapat dikenali sebelum adanya sebuah gunung berapi meletus ialah terdapat aktifitas seperti halnya perubahan suhu &  tekanan yang  memang cukup tinggi di batas lempeng bumi.

Hal ini akan mengakibatkan berbagai material yang berupa batuan pada gunung merapi meleleh.Secara umum, batuan meleleh ini  dikenal sebagai magma dan cairan pijar. Material yang berada di sekitarnya bisa dialiri oleh magma melalui rekahan yang datang pada bagian permukaan bumi.

Cairan pijar magma ini bisa terbentuk pada bagian perut bumi karena pada perut bumi ini suhunya begitu panas. Lalu keberadaan  material-material ini, akhirnya gas bisa dikirimkan sehingga bisa tercampur dengan magma.

Pembentukan magma pada kedalaman 60 dengan 120 km yang berada di bawah permukaan bumi. Di sekitar kawah sebuah magma yang mempunyai kandungan gas. Dan untuk Letak magma ini  tepatnya berada di bawah tekanan batu-batuan.

Jangan Lewatkan : Contoh Surat Izin Usaha Lengkap

Akibat tekanan tersebut gunung meletus dan terus mengeluarkan magma. selanjutnya magma dikeluarkan oleh gunung meletus yang mengalir dan juga akan keluar di perut gunung menuju permukaan bumi. Magma disertai  gas ini meledak pada waktu yang bersamaan.
Selanjutnya bisa menimbulkan lubang disebut lubang utama. lubang ini, pada umumnya ini sangat  banyak materi vulkanik yang bermunculan. Dan ketika semburannya selesai, tentunya untuk puncak gunung merapi seperti  mangkuk yang itu biasa dikenal sebagai kawah. Sementara lubang utamanya terletak pada bagian dasar kawah.

Letusan gunung berapi bisa menyebabkan dampak positif dan negatif bagi kehidupan di bumi. Untuk Dampak positif letusan gunung merapi diantaranya menjadikan tanah pertanian subur. Di samping itu, material yang bisa dihasilkan perut bumi dapat juga dijadikan mata pencaharian masyarakat setempat.

Dari fenomena ini dapat juga dijadikan sebagai sumber daya air seperti wisata air panas. Sementara jelas dari ini akan memunculkan dampak negatif letusan gunung berapi dapat memberikan efek langsung dan  tidak langsung untuk  masyarakat sekitar. Efek langsung dimaksud bisa terjadi marabahaya dan tentunya akan memunculkan ancaman bagi makhluk hidup.
Gunung meletus dapat mengeluarkan zat dan gas beracun, jatuhan piroklastik awan panas. Sementara efek tidak langsung yang akan terjadi adalah terjadinya hujan lahar, area perkebunan bisa menjadi rusak, dan akan menimbulkan jenis penyakit contohnya penyakit saluran pernapasan dan lain sebagainya.

Interpretasi

Oleh sebab itu, sampai hari ini menjadi bencana yang mengerikan bagi masyarakat ialah terjadinya  gunung meletus.Kehebatan letusan gunung berapi bisa  memecah pulau dan menciptakan danau.

CONTOH TEKS EKSPLANASI TSUNAMI


Pernyataan Umum:

CONTOH TEKS EKSPLANASI TSUNAMI
image : poble 365
Tsunami Diambil dari bahasa jepang dan terdiri dari suku kata “tsu” (pelabuhan) dan “nami” (gelombang). ilmuwan mengartikan fenomena ini sebagai tidal wave (gelombang pasang) / seismic sea waves (gelombang laut karena gempa).

Tsunami adalah gelombang laut yang bisa datang tiba-tiba berdasarkan kecepatan yang tinggi yang mengarah kawasan pantai, Tsunami terjadi karena aktivitas gunung berapi dan gempa dibawah laut.

Urutan Sebab-Akibat:

Ketika  gempa terjadi yang dibarengi permukaan dasar laut naik turun sepanjang patahan tentunya saat ini tsunami bisa terbentuk. Patahan itu mengakibatkan keseimbangan air laut  bisa terganggu. Patahan besar akan menciptkan gelombang yang besar pula.

ketika setelah gempa terjadi, air laut biasanya mengalami surut. Dan bisa kembali ke daratan kedatanganya dengan gelombang besar (tsunami).

Tsunami bisa terjadi disebabkan adanya letusan gunung berapi di dasar laut yang sangat jelas bisa mengakibatkan tingginya pergerakan air laut dan pergerakan tinggi perairan di dekatnya.
Tsunami mempunyai kecepatan gelombang  besar jika dibandingan dengan gelombang biasa. Bahkan hingga 700km/jam hampir sama dengan adanya kecepatan pesawat.

Untuk gelombang Tsunami sendiri mempunyai tinggi berkisaran 50 – 100 meter dan menyebar dengan cepat ke semua arah. Ketinggian tsunami sangat  dipengaruhi bentuk juga dari kedalaman pantai. tentunya dari itu gempa bumi di dasar laut besar kemungkinan  memicu terjadinya tsunami.

Simpulan/Penutup (interpretasi):

Kenyataan , tsunami adalah salah satu peristiwa alam yang begitu amat berbahaya bagi kehidupan manusia sebab bisa mengakibatkan  kerusakan besar dan bisa merenggut ribuan jiwa sekaligus jika saja terjadi secara mendadak.

tentunya dari itu kita wajib selalu waspada setiap saat juga menyiapkan diri menghadapi bencana alam tsunami. Meskipun  tidak semua gempa dan juga letusan gunung berapi di dasar laut mengakibatkan bencana tsunami.

CONTOH TEKS EKSPLANASI PELANGI


Pernyataan Umum:

CONTOH TEKS EKSPLANASI PELANGI
image: melinweb
Pelangi biasa juga disebut dengan bianglala merupakan fenomena alam yang terjadi disebabkan ole pembiasan cahaya matahari bersama butir-butir air. Pelangi memilik 7  warna yang saling sejajar juga sangat tampak di langit, pelangi dianggap sebagai gejala optik.

Secara umum pelangi mempunyai bentuk busur, untuk masing-masing ujungnya mengarah di titik yang berbeda. Pelangi menyerupai busur cahaya mempunyai ujung mengarah horizon pada suatu ketika hujan ringan. tidak jarang pelangi dapat dilihat di sekitar air terjun yang mempunyai tekanna air deras.

Urutan Sebab-Akibat:

Pelangi dapat muncul disebabkan cahaya membias juga menyimpang menjauhi partikel. saat matahari terbenam tentunya langit menjadi merah sebab sinar matahari melewati atmosfer lebih ketimbang keadaan matahari di siang hari.

Pelangi tidak bisa dijumpai ketika malam hari maupun saat mendung, ini menjelaskan jika pelangi merupakan peristiwa alam yang disebabkan oleh pembiasan cahaya.

Awalnya cahaya matahari melalui tetes hujan yang dibiaskan/dibelokkan menujua arah tengah tetes hujan sehingga ini akan membuat cahaya putih berubah warna spektrum.

Simpulan/Penutup (interpretasi):

Pelangi dapat kita lihat ketika sedang hujan saat matahari bersinar yang berasal dari sisi berlawanan dari arah kita menghadap. Sehingga untuk posisi ini kita harus ada di antara matahari dan juga tetesan air bersama  matahari di belakang kita.

Mudahnya begini, kita yang mengamati, matahari, dan juga pusat busur pelangi berada pada satu garis lurus. Sehingga ini membuat kita menikmati indahnya warna-warni pelangi dikenal sebagai mejiku hibineu terdiri warna Merah, Jingga, Kuning, Hijau Biru, Nila,  dan warna Ungu.

CONTOH TEKS EKSPLANASI TANAH LONGSOR


Pernyataan Umum:

CONTOH TEKS EKSPLANASI TANAH LONGSOR
image : katadata
Berpindah pada teks peristiwa alam selanjutnya yaitu tanah longsor. Longsor merupakan  peristiwa geologi yang muncul  karena pergerakan dari masa batuan dan tanah dengan berbagai jenis contohnya jatuhnya gumpalan tanah dan runtuhnya bebatuan. Biasanya longsor disebabkan karena 2 faktor yaitu pertama faktor pendorong dan faktor pemicu.

Faktor pendorong adalah faktor yang bisa mempengaruhi kondisi material, untuk faktor pemicu adalah faktor penyebab materi ini bergerak. Meski sangat banyak faktor yang mengakibatkan terjadinya tanah longsor, namun penyebab utamanya adalah  “gravitasi yang mempengaruhi lereng yang curam”.

Urutan Sebab-Akibat:

Negara kita memang sangat sering mengalami tanah longsor, dan kebanyakan dikarenakan dari gempa dan juga hujan deras. Gempa adalah  pergerakan lempeng bawah tanah bisa tergeser.
Proses longsor ini sendiri yang pertama dimulai meresapnya air hujan pada tanah sehingga bisa membuat beban dalam tanah yang berada pada batas maksimal dalam mengandung air.

Perubahan tekstur tanah, saat air sudah sampai menembus bagian tanah yang menyerap air membuat  tanah akan menjadi licin, sehingga bisa memicu pergerakan tanah yang cepat.

Permukaan tanah nantinya mengalami pelapukan, begitu dari struktur lapisan tanah yang berada dibawah sampai ke dasar tanah. Inilah mengakibatkan tanah bergerak dan kemudian keluar lereng terjadilah tanah longsor.

Simpulan/Penutup (interpretasi):

Peristiwa bencana alam longsor ini bisa membuat kerugian yang besar,  kerusakan rumah, putusnya jembatan, hilangnya harta benda, sampai munculnya korban jiwa.

Sangat jarang kejadian tanah longsor orang bisa menyelamatkan diri, itu disebabkan kecepatan tanah longsor dapat sampai 100km/jam.

Jika ada yang selamat sekalipun, mungkin dia mengalami trauma. Untuk itu, bila kamu mulai mendengar suara gemuruh didekat tebing danjurang, usahan  lari menjauh ke dataran tinggi dan stabil. Semoga kita dalam lindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

CONTOH TEKS EKSPLANASI BUDAYA


CONTOH TEKS EKSPLANASI BUDAYA
image :tribunnews
Selain memaparkan contoh di atas, di kesempatan ini selanjutnya selanjutnya akan diulas contoh teks eksplanasi budaya. Simak uraian secara ditail berikut ini.

Perubahan Budaya

Pernyataan Umum

Budaya tidak selalu berkaitan dengan sesuatu berbau tradisional. seperti bahasa, pakaian, kesenian, makanan khas dan sebagainya. tetapi, jika mendengar tentang budaya, maka  kerap memusatkan pikirannya dengan simbol budaya daerah atau Negara tertentu, adat istiadat, bangunan, musik, tarian dan sebagainya.

Uraian Penjelasan

Budaya adalah cara hidup yang berkembang dan dipunyai secara bersama suatu kelompok orang dan diwariskan turun temurun dari pada satu generasi ke generasi. Oleh sebab itu, untuk daerah yang satu dengan daerah lainnya mempunyai budaya yang berbeda. Di samping itu, dari pergeseran masa ke masa sangat mempengaruhinya.

Jika Dipaparkan, budaya dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, pertama kepercayaan, pengetahuan dan estetika. Dari ketiganya tentu saja berpengaruh untuk satu dengan yang lain dan bisa memunculkan hasil seperti  bahasa, adat, makanan, pakaian, teknologi, tempat tinggal dan sebagainya.

Untuk beberapa faktor yang bisa mempengaruhi perkembangan budaya masa ke masa, di antaranya sebagai berikut:

Secara langsung dan tak langsung, manusia saling berinteraksi antara satu sama lain, termasuk lintas daerah. Sehingga, untuk perkembangan teknologi bisa mempengaruhi daerah satu dengan daerah lain. Manusia berkembang menyebabkan perubahan cara hidup dan lain sehingga bisa  mempengaruhi perubahan budaya itu sendiri. Adanya perubahan lingkungan ini terlihat cukup ekstrem untuk berbagai belahan dunia juga menimbilkan perkembangan budaya.

Dengan demikian, perubahan budaya tentu bisa menjadi hal yang tidak bisa dihindari.Wacana pelestarian budaya itu sendiri menjadi sebatas slogan. Karena diakui dan tidak, manusia memang tidak mampu bertahan menggunakan cara hidup lama dan cenderung bisa mengikuti perkembangan jaman.

Tetapi  sangat penting diperhatikan untuk budaya yang lama akan menjadi rujukan lahirnya budaya baru. Sehingga Anda dapat mengatakan budaya baru tidak lain merupakan hasil modifikasi dan kreasi dari budaya yang lama.

Penutup

Perubahan budaya memang tidak selama bermakna buruk. walaupun budaya lama yang baik terkiskis oleh jaman. tetapi, di sisi lain, budaya baru berkembang juga bisa membuat manusia semakin kreatif namun tetap memperhatikan nilai yang baik.
Meskipun  beberapa sisi budaya baru yang memunculkan nilai luhur yang kurang baik dan tidak bagus dilestarikan. Maka dari itu, manusia tetap memilah dan memilih, mana budaya baru harus diikuti dan mana budaya lama yang seharusnya benar-benar dilestarikan. Dengan demikian, manusia bisa hidup lebih baik lagi kedepannya.

CONTOH TEKS EKSPLANSASI SAMPAH


CONTOH TEKS EKSPLANSASI SAMPAH
image : okezone
Setelah membahas contoh teks eksplanasi tentang budaya, selanjutnya bisa diulas tentang contoh teks eksplanasi fenomena sampahh dimana pada contoh ini bisa dibahas salah satu fenomena sosial yang menarik. Berikut contoh eksplanasi tentang sampah.

Pernyataan Umum

Sampah adalah salah satu benda yang sudah tidak terpakai lagi dan bisa di daur ulang. Keberadaan sampah sendiri tentunya dapat mengganggu kehidupan sekitar, khususnya kesehatan masyarakat yang ada di sekitar. Untuk Jenis sampah sendiri dapat dibagi  menjadi dua, pertama sampah organik dan yang kedua adalah sampah non-organik.

Sampah organik adalah jenis  sampah yang bisa terurai yang disebabkan oleh bakteri dengan sangat mudah ditemui di kehidupan sekitar. Contoh sampah organik di sini seperi sayuran, daun yang sudah mengering dan dapat juga berasal dari jenis makanan yang sudah basi. Manfaat sampah organik sendiri banyak digunakan oleh masyarakat diantaranya dapat diolah menjadi pupuk tanaman atau pupuk kompos untuk tumbuhan.

Sementara untuk sampah non-organik sendiri adalah sejenis sampah yang sulit untuk diuraikan contohnya botol, kaleng, plastik dan sebagainya. Beberapa langkah bida dilakukan untukmengurangi keberadaan sampah organik diantaranya dengan melakukan pengolahan dan daur ulang. Benda-benda ini bisa juga dijadikan barang yang nilai jualnya cukup tinggi.

Runtutan Penjelasan Sebab Akibat

Di sekitar masyarakat, sampah tentu bisa menjadi suatu fenomena yang lumayan banyak dijumpai. sampah-sampah biasanya ditandai dengan berserakan di sekitar rumah dan lingkungan sekitarnya. tetapi, tanpa disadari keberadaan sampah ini bisa merugikan masyarakat sekitar , seperti terjadinya banjir, longsor dan juga dapat menjadi sumber penyakit.

Sampah selalu diabaikan bisa menumpuk tentu menyebabkan bau yang tidak enak. Sehingga itu bisa menyebabkan pencemaran udara di sekitar bahkan dapat mengakibatkan seseorang terkena penyakit kronis seperti halnya DBD dan muntaber.

Selain itu, sampah menyebabkan terjadinya bencana besar seperti longsor dan banjir. Banyaknya sampah yang dibuang ke area sungai dapat menghambat aliran sungai. Dan seiring berjalannya waktu, tentunya air sungainya tersumbat dan meluap mengakibatkan banjir. Dengan demikian, aktifitas dan kegiatan masyarakat tentunya akan terhambat.

Interpretasi

Jika Anda terbiasa membuang sampah dengan sembarangan, tentunya dapat  menimbulkan dampak yang sangat merugikan ketika di kemudian hari. sebab dari itu, sebagai makhluk yang ingin berbahagia, mari selalu menjaga lingkungan sekitar dengan cara membiasakan diri membuang sampah di tempatnya.

Ini merupakan bagian hal kecil yang dapat mengurangi bahaya penumpukan sampah. Dan bagi  jenis sampah organik, Anda dapat juga  mengolahnya menjadi pupuk. Sementara jenis sampah non organik, Anda dapat membuatnya untuk kerajinan yang mempunyai nilai jual tinggi.

CONTOH TEKS EKSPLANASI SOSIAL


CONTOH TEKS EKSPLANASI SOSIAL
Setelah membahas tentang contoh teks eksplanasi tentang sampah dan Berikut ini merupakan contoh teks eksplanasi sosial.

Menjadi permasalahan nasional bangsa Indonesia hingga saat ini belum rampung adalah masalah pengangguran. Pemerintahan dan berbagai pihak telah  berupaya mencari solusi terbaik untuk mengatasi pengaguran agar efektif dan efisien. Semenjak kemerdekaan, berganti tumbuh kekuasaan presiden periode ke periode. Untuk masing-masing presiden pada era pemerintahannya memang sudah mencanangkan program dan upaya seperti mengadakan pelatihan bagi masyarakat umur produktif juga mencanangkan program usaha bagi daerah-daerah yang berpotensi. Namun jika melihat kenyataannya, dari tahun ke tahun jumlah pengangguran tetap naik.

Tentunya persaingan global yang mengalami peningkatan, memang terdapat beberapa faktor tidak ke seimbangan  antara pergerakan ekonomi Indonesia dan juga  jumlah pencari kerja yang tiap tahunnya meningkat, belum meratanya  SDM yang kompeten, meningkatnya jumlah PHK dan sebagainya.
Jika terus meningkat, tentunya akan menimbulkan dampak yang negatif. Untuk Beberapa hal  negatif ini seperi meningkatnya angka kriminalitas juga kemiskinan tanpa disadari akan  menyebabkan penurunan tingkat kesehatan.

Dengan pengangguran tentunya bisa mengakbatkan dampak yang tidak baik. Dengan demikian, tentunya memang harus segera dicarikan solusi penanganan yang tepat agar bisa mengurangi dampak-dampak negatif yang sudah disebutkan diatas. langkah pemecahannya adalah berupaya memperbaiki  sisi kualitas pendidikan juga menumbuhkan kesadaran orang tua agar mampu memberikan arahan untuk anak-anaknya juga  selalu mendukung sesuai kemampuan minat anak. Semoga cara ini dapat  mengurangi angka pengangguran.

Nah demikian adalah Contoh Teks Eksplanasi yang bisa digunakan sebagai refrensi sebelum teman teman membuat tugas atau naskah.

Jangan Lewatkan : Contoh CV Yang Baik Dan Benar
Semoga dengan adanya artikel ini bisa menjawab pertanyaan teman teman semua, jangan lupa untuk share ke teman teman kamu, sekian dan terimakasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar