Skip to main content

Penyebab Rambut Rontok dan Apa yang Membuat Rambut Jadi Rontok?


Rambut rontok memang sangat menganggu bagi para kaum wanita. Namuan kita harus tau apa penyebab dari kerontokan rambut pada masing – masing diri kalian. Jika kalian ingin tahu lebih lanjut tentang penyebabnya, kalian berada di tempat yang tepat. Admin akan bagikan beberapa hal yang dapat mengganggu penyebab kesehatan rambut kalian.

Bagi wanita, mahkota kepala adalah salah satu bagian tubuh yang dapat menunjang penampilan. Saat mengalami masalah kerontokan yang menghadang, tentunya kalian akan langsung mencari cara untuk mengatasi rambut rontok yang berlebihan.

Tak hanya perlu mencari cara untuk mengatasinya, kalian juga perlu mencari penyebab rambut rontok. Karena nggak ada gunanya dong kalau kita hanya tahu cara mengobatinya tanpa tahu apa penyebab rambut kalian bisa rontok kan?

Yang pertama kalian lakukan adalah mengetahui terlebih dahulu apa yang membuat rambut kalian menjadi rontok. Apa itu karena terlalu sering menggunakan alat penata rambut atau karena strees? 

Penasaran apa penyebab rambut rontok pada wanita? Jika sudah penasaran ingin tahu penyebabnya, yaudah langsung kepoin artikelnya sampek bawah yuk!

1. Gangguan Hormon

Jika pada wanita, hormon juga dapat dipercaya menyebabkan yang namanya kerontokan, hormon tersebut alopesia androgenetik, hormon alopesia areata, dan hormon dihydrotestoterone (DHT). Yang paling berperan besar dalam penyebab kebotakan pada wanita adalah hormon alopesia androgenetik.

Hormon ini merupakan salah satu penyakit keturunan yang menyebabkan kebotakan hal tersebut disebabkan oleh peningkatan sensitivitas genetik dari folikel rambut kalian terhadap dihydrotestoterone. Pola kerontokannya dimulai dari bagian tengah rambut kalian hingga menjalar menuju ke samping.

Kemudian ada hormon alopesia areata adalah gangguan hormon yang dapat mengakibatkan kepitakan. Hormon ini diakibatkan oleh penyakit yang disebut dengan autoimun, di mana tubuh membuat autoantibodi yang menyerang sel normal karena mengira sel tersebut adalah sel asing yang menyerang tubuh kalian.

Hal tersebut biasanya terjadi pada remaja dan perempuan dewasa muda. Akan tetapi, penyebab rambut rontok pada wanita yang satu ini tidak bersifat permanen. Rambut kalian dapat diatasi, rambut kesayangan kalian bisa tumbuh kembali dalam waktu kurang lebih satu tahun.

2. Pengaruh Gizi dan Vitamin

Pengaruh gizi dan vitamin juga dapat menjadi penyebab kerontokan pada rambut wanita. Meski rambut tergolong kecil dan sangat lembut, tetap saja membutuhkan banyak asupan nutrisi.

Yang namanya bagian di tubuh semua butuh asupan gizi, apalagi Mahkota kepala kalian sangat butuh gizi untuk bertahan kuat dan sehat agar tidak mudah rapuh dan rontok. Salah satu contoh yang buruk adalah ketika kalian menjalani diet ekstrim yang juga membatasi asupan gizi bagi rambut seperti protein dan zat zinc, sehingga bisa dipastikan kalau rambut kalian pasti akan mengalami rontok mengerikan.

Maka dari itu, salah satu cara untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak asupan nutrisi yang baik. Asupan nutrisi ini juga baik untuk kesehatanmu dan organ tubuh kalian. Jadi kan nggak sia-sia karena banyak sekali manfaatnya.

3. Penggunaan Bahan Kimia

Dalam merawat mahkota rambut kalian juga jangan terlalu berlebihan dan disertai dengan penggunaan bahan kimia yang bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok kalian. Dan penggunaan pewarna yang terlalu sering apalagi dalam dosis yang berlebihan dapat memicu kerusakan. Maka dari itu kalian harus lebih teliti sebelum melakukan pewarnaan pada mahkota kepala kalian yah.

Tidak hanya pada mewarnai rambut, pada proses pelurusan rambutmu (rebounding ataupun smoothing) juga ada zat kimianya lho, hal itu tidak baik untuk pertumbuhan rambut kalian dalam jangka panjang. Apalagi adanya proses penyerapan bahan kimia pada rambut kalian selama kurang lebih 30 menit. Hal tersebut tentunya dapat memperparah kerontokan pada rambut kalian.

4. Alat Penata Rambut

Kaum wanita biasanya rela meluangkan waktu berjam-jam untuk menunjang penampilan mereka agar selalu terlihat cantik. Bahkan juga para kaum wanita rela bangun lebih awal agar dapat menata rambut mereka dengan alat pengeriting, alat catok, ataupun hairdryer agar mahkota mereka terlihat lebih indah.

Perawatan dengan menggunakan alat catok dan pengeriting tersebut dapat berdampak buruk bagi rambut kalian jika terlalu sering dilakukan. Penyebab rambut rontok tersebut disebabkan karena jarak antara alat catok terlalu dekat dengan kulit kepala kalian. Sehingga membuat akar rambut kita menjadi kering dan rambut kalian pun menjadi lebih cepat patah. Kemudian pada alat keriting, rambut kalian akan dililitkan pada alat tersebut tentunya hal tersebut membuat akar rambut kalian tertarik dan rambut kalian akan menjadi pecah-pecah serta bercabang.

5. Efek Samping Obat

Jika kalian tengah menjalani sebuah pengobatan dan diwajibkan untuk mengonsumsi obat secara rutin, mungkin kalian akan merasakan rambut yang kalian miliki mulai sering rontok. Hal itu terjadi karena ada beberapa obat yang memiliki efek samping berupa kerontokan.

Jenis Obat yang dapat mengakibatkan kerontokan diantaranya ada obat kemoterapi, depresi, pengencer darah, dan kontrasepsi. Kalian tidak perlu khawatir berlebihan jika rambut kalian rontok pada masa pengobatan.

Setelah penggunaan obat selesai, maka kerontokan pada mahkota kalian pun akan mulai berkurang. Pada intinya, kalian harus menjaga kesehatan kalian terlebih dahulu sehingga kerontokan pada mahkota kalian perlahan akan mulai hilang.

6. Jarang Keramas

Kemudian untuk wanita berhijab, jangan sampai jarang keramas yah. Hal tersebut akan membuat rambut kalian jadi berminyak dan juga lembap.

Apalagi jika kalian aktif melakukan kegiatan di luar rumah, sinar matahari akan membuat kulit kepala kalian berkeringat. Sehingga rambut yang sudah bercampur debu akan semakin lepek dengan tambahan keringat di kulit kepala kalian.

Pada saat kalian keramas usahakan agar saat menggosok kepala jangan terlalu kencang. Jika kalian menggosoknya terlalu keras, maka hal itu dapat merusak folikel. Pada akhirnya mahkota kalian pun jadi semakin rontok.

7. Terlalu Kencang Mengikat Rambut

Bagi kebanyakan wanita, mengikat rambut dilakukan tidak hanya untuk memperindah penampilannya. Akan tetapi juga untuk kepraktisan saat mereka akan melakukan berbagai aktivitas.

Namun juga tidak banyak para wanita menyadari jika rambut mereka diikat terlalu kencang akan menyebabkan ke rontokan pada rambut mereka. Hal tersebut disebabkan karena mereka terlalu kencang mengikat rambut mereka, hal tersebut justru membuat akar rambut mereka ikut tertarik. Terlalu lama ditarik, justru hal tersebut dapat membuat rambut kita terlepas dari akarnya dan terjadilah kerontokan pada mahkota kalian.

Ada hal yang harus kalian perhatikan jika memang harus mengikat rambut kalian, tentunya kalian saat mengikat rambut jangan terlalu kencang lebih dari dua jam. Hal itu akan membuat rambut kesayangan kalian rontok serta dapat membuat kepala kalian sakit juga lho.

8. Penyakit

Penyakit juga dapat membuat kerontokan pada rambut kalian. Maka dari itu kalian juga harus mengetahui ciri-ciri rambut rontok karena penyakit, karena ada beberapa jenis penyakit yang dapat membuat kerontokan pada rambut kalian cukup parah.

Sindrom down, lupus, diabetes, dan hipertiroidisme, itulah beberapa penyakit yang bisa membuat rambut kalian rontok cukup parah. Kemudian, pengaruh dari kemoterapi juga dapat berdampak secara menyeluruh pada kulit kepala, wajah, dan juga tubuh kalian.

Akan Tetapi kalian tidak perlu terlalu khawatir tentang penyebab rambut rontok yang satu ini. Karena kerontokan yang disebabkan oleh penyakit tidak akan bersifat permanen dan rambut kalian pun masih bisa tumbuh normal lagi setelah beberapa bulan berhenti menjalani pengobatan.

9. Kehamilan

Selanjutnya ada Banyak perempuan yang mengalami kerontokan rambut pada saat mengalami masa kehamilan atau beberapa saat setelah melahirkan. Penyebab rambut rontok pada wanita ini terjadi secara alami dan merupakan hal yang sangat normal.

Pada Umumnya kerontokan tersebut akan pulih setelah 3 bulan pasca melahirkan. Seandainya masih ada yang masih mengalami kerontokan setelah masa tersebut sekalipun, biasanya jumlahnya sudah mulai berkurang.

10. Gangguan Emosional

Selanjutnya kerontokan pada rambut wanita bisa terjadi ketika seseorang tengah mengalami stress yang terlalu berlebihan. Hal tersebut terjadi karena otot pada syaraf yang ada di kepala kalian menegang.

Menegangnya otot syaraf pada kepala kalian itulah yang akhirnya menyebabkan akar syaraf rambut jadi melemah. Pada saat akar syaraf rambut melemah, maka kerontokan pun akan langsung melanda kalian.

11. Sinar Matahari serta Polusi

Kemudian Sinar matahari atau radiasi matahari memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Namun, tentu saja kalian tidak akan bisa memungkiri jika terlalu lama berada di bawah sinar matahari, dapat mengakibatkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah kerontokan.

Hal itu bisa terjadi karena terlalu sering terpapar matahari akan membuat keratin pada rambut kalian jadi berkurang. Keratin merupakan protein yang ada di dalam rambut, kuku, dan gigi manusia. Sehingga berkurangnya keratin akan membuat rambut menjadi pecah-pecah dan akhirnya menjadi rontok.

12. Rokok

Tentunya sudah banyak yang tahu, jika kandungan dalam sebuah rokok tidak memiliki manfaat yang berarti untuk tubuh kita. Tidak hanya mengandung zat adiktif yang dapat merusak organ yang ada dalam tubuh kita seperti paru-paru dan jantung, rokok juga bisa mempengaruhi kesuburan rambut.

Itu disebabkan karena zat adiktif yang ada dalam rokok menyumbat arteri alias pembuluh darah. Dampaknya tentu saja akan mengurangi aliran nutrisi bagi tubuh, termasuk yang ke kepala kalian. Pada akhirnya, folikel rambut pun akan rusak dan menjadikan rambut jadi semakin rontok.

13. Infeksi

Yang satu ini kalian harus perhatikan juga guys, infeksi pada kulit kepala ? segeralah berobat ke dokter. Karena jika tidak segera diobati, infeksi tersebut dapat menyebabkan kerontokan pada rambut kalian.

Untuk penanganan cepat sebelum periksa ke dokter kalian bisa menggunakan antijamur dan sampo khusus pengobatan jamur spora dan hipa. Namun, untuk hasil yang lebih baik, tentu saja harus tetap memeriksakannya ke dokter rambut untuk mendapatkan tablet antijamur.

Cari Penyebab Rambut Rontok pada Wanita dan Hindari Sebisa Mungkin

Kalian sudah tau kan penyebab rambut rontok pada wanita yang bisa kamu perhatikan dengan saksama. Jumlah kerontokan yang sedikit biasanya akan kalian abaikan, akan tetapi jika tidak segera diobati, kepala kalian jadi botak kan nggak lucu dong yah?

Mahkota wanita adalah Rambut indah yang menghiasi kepala wanita, oleh karenanya akan lebih baik jika kalian menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan kebotakan. Jika sudah terlanjur, segera cari penyebabnya dan obati sesuai dengan hal yang menyebabkan timbulnya kerontokan pada rambut kalian. Kalau sudah, rambut indah dan berkilau pasti akan menjadi milik kalian.
Kerjasante.com Catatan Tulisan Admin menyajikan Info Gadget, Ragam Contoh, Tips Terbaru Dan Kumpulan Contoh Soal Soal CPNS/UNBK/USB Jika tulisan ini terasa menarik jangan lupa SHARE Terimakasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar