Skip to main content

Cara menghitung Jangka Sorong Lengkap Dengan Gambar

Cara membaca jangka sorong baik pada kesempatan ini kami akan memaparkan cara menghitung jangka sorong yang harus teman teman ketahui terlebih dahulu cara mengukur jangka sorong ini biasanya akan ditemui pada pelajaran sekolah sekaligus sebagai refrensi anda mengerjakan tugas.
Cara menghitung Jangka Sorong Lengkap Dengan Gambar

Cara Menghitung Jangka Sorong – mungkin diantara adik adik sekalian ada yang belum tahu tentang jangka sorong? tentunya untuk anda yang berada di sekolah terutama SMP dan SMA begitu  dekat sekali dengan alat ini satu ini dan kususnya  di pelajaran matematika. Jangka sorong adalah alat berukuran besar yang mempunyai skala paling kecil 0,1 mm.

Baca Juga : Cara Menghitung IPK

Untuk Pengukuran jangka sorong sendiri mempunyai suatu  skala utama satuan cm dan juga skala Nonius pada satuan mm. Jangka sorong mempunyai rangah tetap atas dan juga bawah yang tidak dapat  digeser-geser. Untuk lebih jelasnya adik adik bisa melihat gambar dibawah ini.

cara Menghitung jangka sorong


Jangka sorong sangat sering dijumpai pada pelajaran matematika, lain halnya di bengkel dan pabrik sorong ini sangat bergua sebagai alat mendeteksi dan mencocokan panjang seta diameter suatu mesin atau benda, dan jangka sorong ini juga sangat bergua terutama yang mempunyai profesi ahli kunci.

Fungsi jangka sorong diantaranya :


1. Untuk bisa mengukur diameter luar benda dan juga  panjang benda yang ukurannya kecil.
2. Untuk dapat mengukur diameter suatu benda.
3. Untuk dapat mengukur kedalaman benda.
Cara membaca skala jangka sorong :

cara Menghitung jangka sorong


Anda dapat  melihat skala nonius yang terletak berdekatan bersama salah satu skala utamanya. Angka berdekatan untuk skala nonius bersama skala utama ialah angka 4 dan itu mempunyai nilainya sebesar 0,4 mm. Jika perhatikan angka 0 untuk  skala nonius yang berada tepat  di angka skala Utama 4,7 cm.

Cara menghitung :
4,7 cm + 0,4 mm = 4,74 cm
contohnya jika anda  bingung menjumlahkannya anda  tinggal di konfersikan pada satuan mm. 4,7 cm = 47 mm. selanjutnya 47 mm + 0,4 mm = 47,4 mm.
Nah untuk nilai 47,4 mm = 4,74 cm. Jika dala mm akan menjadi cm selanjutnya  dibagi dengan 10.
Contoh soal:
cara membaca jangka sorong


Sedangkan jika dilihat pada gambar dibawah ini skala paling tepat  atau berdekatan dengan skala nonius dan skala utama sudah tepat dengan tanda merah di gambar.
Cara membacanya adalah nilai skala utamanya 4,5 cm. sedangkan untuk skala noniusnya sebesar 0,1 mm. Jadi untuk  2,5 cm + 0,6 mm = 2,56 cm.
Cara mudah menghitung jangka sorong bila  skala noniusnya berimpit bersama dengan skala utama

cara membaca jangka sorong


Cara membaca gambar  di atas sangat mudah, yaitu  skala utama adalah di angkat 6,2 cm. Dan selanjutnya angkat noniusnya diangka 2 dan juga berimpit di angkat 7 skala utama. Jadi untuk tips membacanya ialah 6,2 cm + 0,02 cm = 6,22 cm.
Nah demikianlah Cara membaca Jangka sorong, semoga yang kami bagikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua salam dan terimakasih.


Kerjasante.com Catatan Tulisan Admin menyajikan Info Gadget, Ragam Contoh, Tips Terbaru Dan Kumpulan Contoh Soal Soal CPNS/UNBK/USB Jika tulisan ini terasa menarik jangan lupa SHARE Terimakasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar