Skip to main content

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil


Cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil – Salam hangat dikesempatan kali ini kami kembali memberikan catatan tentang ciri ciri masa subur di era yang sudah serba maju ini memang banyak yang bisa dilakukan untuk menghitung masa subur wanita seperti menggunakan aplikasi menghitung masa subur atau bisa juga menggunakan kalkulator menghitung masa subur haid yang tidak teratur, memang sangat banyak dijumpai wanita wanita yang mengalami keluhan Haid yang tidak lancar.
Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Menghitung masa subur, Bagi wanita yang sudah berumah tangga tentunya menginginkan agar segera mempunyai momongan, dan yang paling penting adalah mengetahui kapan masa subur itu berlangsung ? sehingga dari sini akan membuat anda lebih cepat mendapatkan keturunan, sebenarnya untuk menghitung masa subur wanita itu sangat mudah jika anda sudah memahami catatan ringan ini.


Masa subur apa yang anda ketahui tentang masa subur ? masa subur adalah proses dimana sel telur dilepaskan ovarium dan menuju saluran indung telur. Pembuahan ini sendiri terjadi karena sudah terjadinya ovulasi, pada intinya anda memang harus mengetahui kapan masa subur itu berlangsung.
Masa subur dapat juga terjadi karena sirkulasi haid pada setiap wanita dan ini memang tidak sama antara teratur atau tidaknya, nah tentunya pada kesempatan ini kami kerjasante.com akan memberikan Bagaimana cara mengetahui masa subur wanita dengan benar. baca juga [ Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Di Rekomendasikan ]

Siklus menstruasi mempengaruhi masa subur wanita


Masa subur wanita disebabkan beberapa faktor  siklus menstruasi. Tiap wanita mempunyai siklus menstruasi yang berbeda-beda.Siklus menstruasi adlaah dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Untuk Normalnya , siklus menstruasi bisa berlangsung hingga 21-35 hari. Namun , rata-rata wanita mempunyai siklus menstruasi hingga 28 hari.

Siklus menstruasi ini bisa terjadi masa paling subur wanita. Apabila terjadi pembuahan (ketika sel telur bertemu sperma) pada masa subur wanita ini, tentu kehamilan bisa terjadi. Namun, dan apabila pembuahan tidak terjadi, sel telur wanita tidak meluruh dan keluar dari vagina bentuk darah. Inilah penyebabnya wanita setiap bulan mengalami menstruasi. Setiap bulan wanita melepaskan satu sel telur.

Kapan masa subur wanita terjadi?


Pada umumnya, masa subur wanita berlangsung sekitar masa ovulasi (saat ovarium melepaskan sel telur). ovulasi terjadi, Ovulasi berlangsung sekitar 12 hingga 14 hari sebelum periode menstruasi dimulai. Rata-rata masa subur wanita akan terjadi di hari ke 10 hingga ke 17 setelah hari pertama berlangsungnya menstruasi, apabila  siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari.

5 (lima) hari sebelum ovulasi, juga satu hari di mana ovulasi berlangsung, ini adalah masa paling subur wanita. Ingat, sperma pria dapat bertahan hidup sampai dengan 5 hari dan sel telur dapat bertahan hidup hanya satu hari saja. Kemungkinan agar bisa hamil meningkat tajam bila Anda berhubungan seksual untuk 2 atau 3 hari sebelum sel telur akan dilepaskan, kemudian 12 hingga 24 jam setelah itu. Berhubungan seksual saat ini adalah bagian peluang besar bagi Anda agar lebih cepat hamil.

Menentukan masa subur wanita siklus haidnya teratur 28 hari


Jika anda wanita yang mempunyai siklus haid  teratur yaitu 28 hari tentunya sangat mudah menghitung masa subur cukup mengurangi hari pertama haid dan berikutnya 14 hari dan sudah dapat menentukan masa suburnya.
menghitung masa subur Haid Teratur

Salah satu contoh misalnya hari pertama haid ialah tanggal 3 Mei. Dan Berikutnya tinggal tambahkan dengan 28 dan itu hari pertama haid anda berikutnya.

Contoh 3 + 28 = 31.
Itu adalah hari pertama haid anda berikutnya tanggal 31 pada bulan Mei.
Agar dapat  mengetahui masa subur tinggal kurangi saja 31 dengan 14 dan itulah hasil  masa subur anda. 31 – 14 = 17 sehingga bisa didapatkan hari di mana anda berada pada keadaan subur yakni tanggal 17 bulan Mei.

Gambar masa subur

Untuk tanggal 17 ini merupakan puncak masa subur sebab pada waktu tersebutlah anda berada pada keadaan yang paling subur. Sedangkan untuk 3 hari sebelum dan juga sesudah puncak masa subur berlangsung merupakan masa subur biasa.

Dengan ini untuk masa subur anda dalam seminggu ialah tanggal  14, 15, 16, 17, 18, 19 dan 20. Khusus pada tanggal 17 merupakan puncak masa subur.

Menentukan masa subur wanita jika siklus haidnya tidak teratur


Sementara itu cara menghitung masa subur wanita yang mempunyai  siklus haid tidak teratur memang sedikit susah sebab dari sini harus tahu siklus haid 6 bulan terakhir. selanjutnya tinggal mengurangi siklus haid terpendeknya dengan 18 maka  hasilnya adalah hari pertama masa suburnya yang kemudian dikurangi siklus haid terpanjangnya dengan 11 maka  hasilnya ialah hari terakhir masa suburnya.

Salah satu contoh yang dapat kami berikan contoh selama 6 bulan terakhir berturut-turut yaitu 27adalah, 31, 28, 29, 30 dan 26. pada siklus haid selama 6 bulan terakhir ini tentunya masa subur anda dapat diketahui dengan rumus sebagai berikut:

Hari 1 Pertama dari masa subur: 26 – 18 = 8
Hari terakhir dari masa subur: 31 – 11 = 20

Itu sebabnya masa subur anda ialah tanggal hari ke-8 dihitung berdasarkan hari pertama anda haid hingga hari ke-20. Dengan begitu jika anda haid tepat tanggal 3 Maret, tentunya hari pertama masa subur anda tepat pada tanggal: 3 + 8 = 11 dan hari terakhir dari masa subur anda ialah tanggal: 3 + 20 = 23.
menghitung masa subur haid tidak teratur

Nah demikianlah  informasi yang bisa kami sampaikan tentang  cara menghitung masa subur wanita baik  siklus haid teratur dan tidak teratur.

Menentukan masa subur wanita menggunakan alat Test Pack Kesuburan


Anda dapat juga  mengetahui masa subur wanita menggunakan siklus haid tidak teratur menggunakan test pack.
menghitung masa subur menggunakan Test pack

Perlu diketahuin untuk Keakuratan cara menggunakan testpack  dapat mencapai 95 persen dibandingkan cara rumus sebelumnya. Cara menggunakannya test pack memang cukup mudah anda hanya tinggal mencelupkan alat test pack ini pada air seni anda dan menunggunya sekitar 5 menit.
Bila hasilnya positif (+) itu tanda anda tengah berada dalam keadaan subur, tetapi jika negatif (–) nah ini sebaliknya anda belum berada dalam masa subur.

Pilih tanggal
Jumlah hari dari hari pertama haid sampai hari pertama haid berikutnya
Kerjasante.com Catatan Tulisan Admin menyajikan Info Gadget, Ragam Contoh, Tips Terbaru Dan Kumpulan Contoh Soal Soal CPNS/UNBK/USB Jika tulisan ini terasa menarik jangan lupa SHARE Terimakasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar