Skip to main content

Cara Menghitung Persentase Pada Matematika Lengkap Contoh Soal

cara menghitung persentase
Cara menghitung persen Pada Matematika – pada kesempatan kali ini kami akan memberikan rumus menghitung persentase yang lebih mudah rumus mencari persen ini dapat dicoba untuk diterapkan yang biasanya akan berlangsung pada bisnis atau usaha ketika menghitung Untung dan rugi, nah dari itu untuk menghitung persentase harus mempunyai metode hitungan tersebut.

Rumus persentase tentunya adik adik sekalian akan mencari tentang bagaimana sih rumus menghitung persentase, dan ini biasa diberikan oleh guru pada pelajaran matematika, tetapi tenang saja karena di kesempatan yang berbahagia ini, kerjasante akan memberikan cara sederhana menghitung persen lengkap dengan contoh soal yang bisa memudahkan adik adik untuk memahami persentase.

Ada rumus untuk menghitung persen yang dapat kamu coba agar hasilnya lebih akurat dan dapat dibilang sebagai perbandingan dan rasion pada  pelajaran matematika disekolah.

Tetapi dalam dunia bisnis menghitung persentase sangat diperlukan ketika menghitung rugi dan laba usaha.

Baca Juga : Cara Menghitung Berat IDEAL

Di kesempatan kali ini saya akan memberikan info  tentang  rumus mencari presentase lengkap juga dengan cara mencari rumus persen. Sebenarnya jika kamu tahu caranya menghitung rumus presentase sangat mudah, tetapi  beberapa diantara kita  ada yang lupa atau sudah tidak tahu lagi cara menghitungnya.

Cara Menghitung Persentase

Contoh I

Untuk menghitungnya menggunakan  Nilai Persen = Nilai Persen x Nilai Pecahan / 100.
Harga baju adalah 30.000 dan mendapatkan Diskon sebesar 5%, nah bagaimana cara mencari 5% dari harga 30000 tersebut, dan berapa harga sebenarnya baju tersebut, berikut adalah jawabannya.

Nilai persen =(Nilai Perse) X (Nilai Pecahan)/(100)

5% x 30.000/100
5x100 = 1.500

Jadi Harga Baju = 30.000 – 1.500 = 28.5000

Dan selanjutnya mencari nilai (%)

Rumus mencari persentase berikutnya menggunakan rumus  = Nilai / Nilai Pecahan x 100

Misalnya kita sudah mengetahui nilai suatu pecahan dan ingin mencari persentase, dan contohnya kita mencari 1500 dari 30000 dan berapa selisih persennya? Dan kita bisa menghitung menggunakan rumus sebagai berikut.

Persen = (Nilai ) : (Nilai Pecahan) x (100)

Dan nilainya adalah 5 %

Contoh Soal II

Cara menghitung persentase / rumus persen


Nah demikian informasi tentang cara menghitung persentase yang telah saya sampaikan contoh dan tata cara mengetahui rumus menghitung presentase. Semoga artikel yang kami berikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Kerjasante.com Catatan Tulisan Admin menyajikan Info Gadget, Ragam Contoh, Tips Terbaru Dan Kumpulan Contoh Soal Soal CPNS/UNBK/USB Jika tulisan ini terasa menarik jangan lupa SHARE Terimakasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar