Skip to main content

Kata Ucapan Selamat Nyepi, Makna Dan Runtunan Hari Raya Tahun Baru Caka 1941

Kumpulan Kata Ucapan Selamat Nyepi
Kumpulan Kata Ucapan Selamat Nyepi Perayaan Nyepi tidak terasa setahun sudah berlalu saja nyepi berlangsung pada bulan maret besok adalah se- rangkaian Hari Raya para umat Hindu. Nyepi tidak hanya di Bali, tetapi di berbagai lokasi Indonesia juga banyak memperingati hari raya nyepi.

Hari Raya Nyepi menjadi hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat hindu di dunia kusunya yang berada di Bali karena pada hari nyepi ini dunia terasa berhenti sejenak untuk beraktifitas dari kegaduhan, polusi, dan kegiatan-kesibukan manusia, terasa nyaman dan tenang begitulah yang dirasakan ketika berjumpa dengan nyepi yang sering disebut dengan istilah ‘ Silent Day ‘.Namun belakangan ini ada hal yang sangat disayangkan ketika peringatan ‘ Hari Raya Nyepi ‘  banyak generasi muda yang seharusnya melestarikan budaya dan ke sakralan hari suci dengan hal yang kurang terpuji seperti tidur dijalan dan melakukan selfie ketika hari sipeng, tentunya ini harus menjadi perhatian dan kesadaran setiap umat beragama.


Menyambut Tahun baru Caka se bagai umat beragama banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperingati hari nyepi ini, seperti contoh sederhana memberikan ucapan selamat hari raya nyepi lewat kata kata mutiara yang indah tentunya menjadi hal yang sederhana untuk membangun keharmonisan dalam umat beragama dan keluarga.

Baca Juga : Makna Hari raya Galungan Dan Kuningan


Buat kamu yang  turut serta ingin memberikan ucapan Hari Raya Nyepi yang akan diberikan kepada sanak saudara dan kerabat dekat, sebaiknya ketahui terlebih dahulu  cara mengucapkan, dan kata-kata yang tepat untuk dibagikan lewat  sosial media Facebook, Email, WA


Di zaman yang sudah maju seperti ini, tentunya diberikan kemudahan untuk mengirim ucapan tahun baru lewat hari perayaan untuk  rekan-rekan dan sanak saudara yang merayakan.


Memberikan ucapan hari raya, sudah menjadi hal wajib di setiap rangkaian acaranya. Nah dikesempatan ini kerjasante.com akan memberikan kumpulan ucapan Hari Raya Nyepi disertai dengan koleksi gambar ucapan selamat hari raya nyepi. Namun sebelum membahas lebih jauh Kumpulan Ucapan hari raya nyepi tidak ada salahnya kamu mengetahui makna hari raya nyepi tersebut.

Makna Hari Raya Nyepi 


Arti Hari Raya Nyepi - Bila diperhatikan berdasarkan tujuan filosofis Hari Raya Nyepi, makna pelaksanaan Hari Raya Nyepi mempunyai  arti dan makna yang begitu  relevan akan tuntutan yang masa kini dan masa akan datang. Melestarikan alam adalag bagian dari  tujuan utama upacara Tawur Kesangaini adalah  tuntutan hidup masa kini dan Untuk hidup yang akan datang. BhutaYajña (Tawur Kesanga) mempunyai makna penjelalasan untuk  memotivasi umat Hindu dengan  ritual dan spiritual bagi alam senantiasa menjadi sumber kehidupan.

Tawur Kesanga mempunyai makna sifat-sifat serakah yang berada pada diri manusia. Pengertian ini diungkapkandari kata “tawur” berarti mengembalikan dan membayar. Sebagaimana diketahui, manusia akan mengambil sumber-sumber alam agar bisa mempertahankan hidupnya. Perbuatan  jiwa atau pada karma wasana. Perbuatan mengambil harusdimbangi dengan perbuatan memberi, yang berupa persembahan secara tulus ikhlas. Dengan cara mengambil dan memberi memangwajib di

lakukan untuk karma wasanaagar nantinya  jiwa menjadi seimbang. Jadi Tawur Kesanga mempunyai makna memotivasi ke-seimbangan jiwa. Nilai inilah  yang perlu ditanamkan untuk makna dan pelaksanaan hari raya nyepi ketika merayakan pergantian Tahun Saka.

Pelaksanaan Upacara Melasti


Upacara Melasti dilaksanakan antara empat atau tiga hari sebelum Nyepi.

Di Bali umat Hindu seperti biasa melaksanakan upacara Melasti dengan cara  mengusung pralinggadan sering disebut pratima Ida Bhatara dan segala kelengkapan atas asas hati tulus ikhlas, tertib sertahidmatyang menuju samudra dan mata air  yang dianggap suci. Upacaramelasti dilaksanakan dengan cara melakukan persembahyangan secara  bersama samamenghadap arah laut.
Dalam rangkaian Nyepi di Bali, upacara Nyepi dilakukan berdasarkan wilayah  sebagai berikut: di ibukota provinsi akkandilakukan upacara tawur. Di tingkat kabupaten dilaksanakan upacara Panca Kelud. Sementara untuk di tingkat kecamatan dilaksanakan upacara Panca Sanak. Untuk  tingkat desa dilakukan upacara Panca Sata. tingkat banjar dilaksanakan upacara Ekasata.

Sedangkan untuk masing-masing rumah tangga, upacara dilaksanakan di natar merajan (sanggah). Di sini umat melakukan upacarasegehan Panca Warna 9 sembilan tanding, segehan nasi sasah 100 tanding. Untuk di pintu masuk halaman rumah, dibuat tempat sanggah cucuk (terbuat dari bambu) nah dari sanggah cucuk ini menghaturkan banten daksina, tumpeng ketan sesayut, ajuman, peras, dandanan,  penyeneng jangan-jangan dan perlengkapannya.  sanggah cucuk digantungkan tiipat kelanan (ketupat 6 buah), sujang berisi arak tuak. Di bawah sanggah cucuk biasanya umat menghaturkan segehan agung asoroh, segehan manca warna sebanyak 9 tanding dengan tambahan ayam burumbun dan tetabuhan arak, berem, tuak dan air tawar.

Setelah pecaruan, semua anggota keluarga, kecuali bayi, melaksanakan upacara byakala prayascita dan juga natab sesayut pamyakala lara malaradan di halaman rumah.

Upacara Bhuta Yadnya tingkat provinsi, kabupaten dan kecamatan, dilaksanakan upacara pada tengah hari pukul 11.00 – 12.00 (kala tepet). Untuk yang  di tingkat desa, banjar dan rumah tangga dilaksanakan saat sandhyakala (sore hari). untuk di tingkat rumah tangga, adalah melakukan upacara mecaru. Setelah mecaru selanjutnya dengan ngrupuk ketika sandhyakala, dan mengelilingi rumah dengan membawa obor, menaburkan nasi tawur. untuk di tingkat desa dan juga banjar, umat akan berkeliling wilayah desa atau banjar tiga kali untuk membawa obor dan alat bunyi-bunyian. Dari tahun 1980-an, umat mengusung ogoh-ogoh adalah patung raksasa. Ogoh-ogoh yang berasal dengan uang iuran warga itu selanjutnya dibakar. Makna pelaksanaan hari raya nyepi, terkait pembakaran ogoh-ogoh ini adalah lambang nyomia atau menetralisir Bhuta Kala, yang itu merupakan unsur-unsur kekuatan jahat.

Ogoh-ogoh memang tidak mempunyai hubungan langsung akan upacara Hari Raya Nyepi. Patung ogoh ogoh dibuat menggunakan bambu, kertas, kain dan juga benda-benda sederhana itu adalah bagian dari  kreativitas spontanitas masyrakat yang murni sebagai bentuk cetusan rasa semarak memeriahkan upacara ngrupuk di hari raya nyepi.

Ogoh Ogoh memamang tidak ada hubungannya dengan Hari Raya Nyepi, maka ogoh-ogoh itu tidak mutlak ada saat upacara tersebut. Tetapi  benda itu tetap dibuat untuk sarana pelengkap kemeriahan upacara dan bentuknya juga disesuaikan, misalnya menyerupai raksasa yang melambangkan Bhuta Kala.

Ogoh ogoh sendiri adalah suatu tradisi warisan seni dan budaya dari leluhur yang harus tetap dilesatrikan.

Gambar Ogoh Ogoh Perayaan Nyepi

Di bali ogoh ogoh seakan menjadi pentas seni untuk menunjukan kreatifitas, adapun Ogoh- Ogoh yang ditunggu-tunggu masyarakat bali diantaranya adalah karya dari mahestro  Kedux dan Marmar.

Gambar ogoh Ogoh

Gambar ogoh Ogoh



Nah, terus  bagaimana pelaksanaan Nyepi di luar Bali? Bagaiaman Rangkaian Hari Raya Nyepi di luar Bali berdasarkan desa, kala, patra disini  tetap memperhatikan tujuan utama dari  hari raya yang jatuh setahun sekali itu. tentunya, pelaksanaan Nyepi di Jakarta salah satu contohnya, jelas tidak dapat dilakukan seperti di Bali. jika di Bali, tidak ada kendaraan yang diperkenankan masuk dankeluar (kecuali mendapat izin khusus), tetapi berbeda  di Jakarta hal serupa memang jelas tidak bisa dilakukan.

Catur Brata Penyepian


  • 1. Amati Geni (tidak boleh menyalakan api termasuk memasak). Itu bertujuan melakukan upawasa (puasa).
  • 2. Amati Karya (tidak boleh  bekerja). Hal ini bertujuan menyepikan indria.
  • 3. Amati Lelungaan (tidak boleh bepergian). Tujuannya mengistirahatkan badan.
  • 4. Amati Lelanguan (tidak boleh mencari hiburan).


Pada prinsipnya, ketika Nyepi, panca indria kita akan diredakan akan kekuatan manah dan budhi. Meredakan nafsu indria itu bisa menumbuhkan kebahagiaan secara dinamis sehingga kualitas hidup manusia dapat semakin meningkat. Bagi umat yang mempunyai  kemampuan yang khusus, mereka akan melakukan tapa yoga brata samadhi ketika saat Nyepi itu.

Nah setelah mengetahui makna hari raya nyepi, sekarang ke topik pembahasan Kata Selamat Hari Raya Nyepi untuk sanak keluarga dan kerabat.

Kata Ucapan Selamat Nyepi Terbaru


1. Rahajeng nyanggra rahina Nyepi caka … (Selamat menyambut hari Nyepi Caka 1940)

2. Rahajeng nyanggra Nyepi tahun barucaka …., dumogi prasida ngalaksanayang “Catur Brata Penyepian” Ngge (Selamat menyambut hari Nyepi tahun baru caka, semoga bisa melaksanakan Catur Brata Penyepian)

3. Rahina “Nyepi” dumogi prasida kaanggen jalaran ngeret indria (Hari Nyepi semoga bisa dijadikan sarana menahan hawa nafsu)

4. “Rahina Nyepi” pinaka sarana Sane kaanggen mulat sarira ring sajeroning angga sarira (Hari Nyepi kita jadikan sarana intropeksi diri)

5. “Rahina Nyepi” pinaka rahina suci, dumogi sarengsami pageh nglaksanayang Catur Brata Nyepi (Hari Nyepi ialah hari suci, semoga tetap (kukuh) melaksanakan Catur Brata Nyepi)

6. “Rahajeng Rahina Nyepi” semeton sarengsami (Selamat “Hari Raya Nyepi” untuk kitasemuanya)

7. Rahajeng Rahina Nyepi semeton sinamian, dumogi molihang kerahayuan tur kerahajengan (Selamat Hari Nyepi kita semua, mudah mudahan diberi kelancaran dan keselamatan)

Kumpulan Ucapan Hari Raya Nyepi Dalam Bahasa Indonesia


Selamat Menyambut Hari Raya Nyepi, semoga bisa melaksanakan “Catur Brata Penyepian”.

Hari Nyepi Ialah hari suci, semoga kita selalu  (kukuh) ketika melaksanakan “Catur Brata Nyepi” dan senantiasa sehat selalu

Selamat Tahun Baru Saka …., Semoga Hyang Widhi Wasa senantiasa dan melimpahkan berkah wara nugraha-NYA kepada kita semua

Ketika kesunyian akan kau dapati makna kehidupan, Saat kesepian akan kau rasakan kehadiran-NYA. Tuhan dengan orang-orang yang selalu ingat penciptanya. “Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka ….”

Keheningan yang sepi, semoga kita selalu menemukan jati diri kita agar selalu bisa melangkah lebih baik Dlm perjalanan hidup di masa depan, “Selamat menjalankan Catur Brata Penyepian, Tahun Baru Saka …”

Ucapan Nyepi Dalam Bahasa Bali


Rahajeng nyanggra Rahina Nyepi wanti warsa anyar ….

Dumogi “Ida Sang Hyang Widhi Wasa” Sueca Asung Kertha Wara Nugraha

Om Swastiastu, Tyang ngaturang rahajeng Nyepi tahun caka ….

Rahajeng Nyanggre Rahina Nyepi tahun caka …. ,Dumogi “Ida Sang Hyng Widhi Wasa”, ngicen irage sareng sami kerahahayuan kerahajengan

Rahajeng Nyanggra Rahina Nyepi Caka …. Dumogi Polih Kerahajengan tur Kerahayuan Sareng Sami

Dumogi “Ida Sang Hyang Widhi Wasa” Sueca Asung Kertha Wara Nugraha

Rahajeng Nyanggra Rahina Nyepi Caka ….. Dumogi Rahayu Sareng Sinamian lan Ngardi Jagat Shanti lan Jagaditha

Rahajeng Nyangra Rahina Nyepi, Tahun Baru Caka …. Dumogi ngemolihang Rahajeng Sinamian

Rahajeng Nyangra Rahina Jagat “Nyepi” Caka Warsa …. Dumogi sareng sami nge-molihan kerahayuan. OM Santhi, Santhi, Santhi om.

Kumpulan Gambar Ucapan Selamat Nyepi

gambar ucapan selamat hari nyepi

gambar ucapan selamat hari nyepi

gambar ucapan selamat hari nyepi

gambar ucapan selamat hari nyepi

gambar ucapan selamat hari nyepi

gambar ucapan selamat hari nyepi

gambar ucapan selamat hari nyepi

gambar ucapan selamat hari nyepi

gambar ucapan selamat hari nyepi


Demikianlah Kata Ucapan selamat Hari Raya Nyepi yang langsung dapat diberikan kepada sanak keluarga dan teman teman. Semoga Artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Jangan Lupa Share ke teman teman yang lain Yah.

Kerjasante.com Catatan Tulisan Admin menyajikan Info Gadget, Ragam Contoh, Tips Terbaru Dan Kumpulan Contoh Soal Soal CPNS/UNBK/USB Jika tulisan ini terasa menarik jangan lupa SHARE Terimakasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar