Skip to main content

Peta Indonesia ( Letak Geografi, Pembagian Administratif, Topografi, Demografi ) Dan Keragamannya

Gambar Peta Indonesia
Peta Indonesia – Indonesia dikenal sebagai kepulauan terbesar di dunia. Hal ini terlihat dari peta Indonesia untuk jumlah pulaunya lebih banyak jika dibanding dengannegara di Asia Tenggara lainnya. Indonesia menjadi Negara ikonik yang dikenal sebagai negara kepulauan, negara maritim, negara agraris, dan banyak lagi.

Sekilat Tentang Indonesia


Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia mempunyai lebih dari 17.000 pulau, di mana sekitar 7.000 pulau yang berpenghuni. Jawa, Kalimantan,Sulawesi, Sumatra dan Papua adalah pulau utama di Indonesia. Selain itu Indonesia juga mempunyai pulau-pulau kecil seperti Bali, Karimunjawa, Gili dan juga pulau Lombok yang pulai kecil dan merupakan tujuan wisata lokal dan internasional. Ibukota negara Indonesia adalah Jakarta, berada di Pulau Jawa.

Indonesia Salah satu negara di Asia Tenggara ini mempunyai keragaman dan juga keunikan yang jelas berbeda dengan negara Asia Tenggara lainnya. Sehingga, tidak mengherankan bila banyak wisatawan mancanegara yang meluangkan waktunya untuk mengunjungi Indonesia bahkan ada yang memilih untuk menetap di Indonesia.

Hal ini tidak lepad dari berbagai faktor, salah satunya dari kondisi geografis Indonesia berbeda dengan negara lain di dunia.


# Peta Indonesia Lengkap

Peta Indonesia Lengkap


# Peta Pulau Indonesia

Peta Pulau Indonesia

# Peta Buta Indonesia

Peta Buta Indonesia

# Peta Indonesia Hitam Putih

Peta Indonesia Hitam Putih

# Geografi Indonesia

Geografi Indonesia

Indonesia dilihat dari segi geografis, kepulauan Indonesia berada di antara 5° 54′ 08″ bujur utara sampai 11° 08′ 20″ bujur selatan 95°00’38“ hingga 141°01’12“ bujur timur. Dan beberapa kepulauan Indonesia terletak di garis ekuator. Karena itu, siang dan malam mempunyai waktu yang hampir sama, yaitu 12 jam. karena dasar letak geografis yang luas, wilayah Indonesia mempunyai 3 zona waktu adalah  WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah) dan juga  WIT (Waktu Indonesia Timur). Dari satu pulau ke pulau lainnya bisa  terjadi perbedaan waktu sampai  8 jam.

Indonesia terkenal karena mempunyai pulau pulau yang indah selain itu, iklim tropis Indonesia juga menjadi alasan wisatawan berkunjung ke Indonesia. Waktu terbaik untuk berwisata ke Indonesia ialah saat musim panas yang biasanya berlangsung dari bulan April sampai dengan Oktober. Bulan Maret dan November adalah pergantian musim. untuk pergantian musim ini, dipastikan cuaca di Indonesia bisa menjadi tidak menentu. BIsa Hujan, panas matahari dan juga dibarengi dengan angin lebat bisa datang bersamaan dalam satu hari. Sementara itu, musim hujan berlangsung dari bulan Desember hingga Maret.

 Indonesia mempunyai sekitar  17.504 pulau, dan sebanyak 6.000 pulau tidak berpenghuni. Hal ini disebabkan kebanyakan penduduknya mendiami 5 pulau besar, seperti Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan  juga Papua.

Indonesia mempunyai batas laut dan darat yang membedakan kepulaun Indonesia dengan pulau tetangga seperti.

Bagian Utara. Di sebelah utara Indonesia berbatasan atau bertetangga dengan Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, Samudra Pasifik,  dan Vietnam.

Bagian Barat. Di bagian barat, Indonesia berbatasan atau dibatasi oleh Samudera Hindia dan negara India.

Bagian Selatan. Negara Indonesia berbatasan atau dibatasi  Samudra Hindia dan Timor Leste

Bagian Timur. Di bagian Timur berbatasan atau bertetangga dengan negara yaitu Papua Nugini

# Pembagian Administratif Indonesia

Pembagian Administratif Indonesia

Negara yang dikenal dengan sistem pemerintahan presidensil dan negara kesatuan berbentuk republik tentunya secara administratif Indonesia dibagi  atas provinsi-provinsi.


Untuk setiap provinsi terdiri dari kabupaten, dan kabupaten akan kembali terbagi lagi menjadi kecamatan sampai  tingkat desa. Indonesia mempunyai 34 provinsi terbagi menjadi 416 kabupaten dan juga 98 kota sekitar  7.024 daerah setingkat kecamatan atau 81.626 setingkat desa.

Untuk etiap provinsi akan ada Gubernur dan DPRD provinsi. Kabupaten berada  Bupati dan DPRD Kabupaten, untuk kota yaitu Walikota dan juga DPRD Kota yang nantiinya dipilih rakyat secara langsung lewat pemilihan umum atau pemilu.

Berikut adalah daftar nama Provinsi yang ada di Indonesia dengan nama Ibukotanya :

  1. Aceh – Banda Aceh
  2. Sumatera Utara – Medan
  3. Sumatera Barat – Padang
  4. Riau – Pekanbaru
  5. Kepulauan Riau – Tanjungpinang
  6. Jambi – Jambi
  7. Sumatera Selatan – Palembang
  8. Kepulauan Bangka Belitung – Pangkal Pinang
  9. Bengkulu – Bengkulu
  10. Lampung – Bandar Lampung
  11. DKI Jakarta – Jakarta
  12. Banten – Banten (Serang)
  13. Jawa Barat – Bandung
  14. Jawa Tengah – Semarang
  15. DI Yogyakarta – Yogyakarta
  16. Jawa Timur – Surabaya
  17. Bali – Denpasar
  18. Nusa Tenggara Barat – Mataram
  19. Nusa Tenggara Timur – Kupang
  20. Kalimantan Barat – Pontianak
  21. Kalimantan Tengah – Palangkaraya
  22. Provinsi Kalimantan Selatan – Banjarmasin
  23. Kalimantan Timur – Samarinda.
  24. Kalimantan Utara – Tanjung Selor
  25. Sulawesi Utara – Manado
  26. Gorontalo – Gorontalo
  27. Sulawesi Tengah – Palu
  28. Sulawesi Barat – Mamuju
  29. Provinsi Sulawesi Selatan – Makassar
  30. Sulawesi Tenggara – Kendari
  31. Maluku – Ambon
  32. Maluku Utara – Sofifi
  33. Papua Barat – Manokwari
  34. Papua – Jayapura

Untuk pembagian  jumlah provinsi di Indonesia, terdapat  5 provinsi yang mempunyai status berbeda yang mempunyai otonomi khusus bagi provinsi-provinsi tersebut. Provinsi-provinsi itu mempunyai hak istimewa dan juga  tingkat otonominya lebih tinggi jika dibandingkan dengan provinsi lainnya.

# Lingkungan Hidup Indonesia


  Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati yang sangat  tinggi tentunya tidak jarang disebut “mega biodiversity”. Baik flora dan fauna berada di Indonesia jenisnya begitu  banyak dan menyebar di seluruh wilayah Indonesia.
Lingkungan Hidup Indonesia


Daftar flora identitas provinsi di Indonesia merupakan  daftar flora nusantara yang juga menjadi simbol flora nasional Indonesia.

Untuk setiap provinsi di Indonesia terdapat jug bunga provinsi yang menjadi ikon masing-masing provinsi di Indonesia. Hal tersebut ditetapkan pada Surat Kemendagri No. 48 tahun 1989 yang mengatur tentang Pedoman Penetapan Identitas Flora dan Fauna Daerah.

Selain itu, dikenal juga bunga nasional yang mana bunga ini ditetapkan pemerintah sebagai karakteristik bangsa Indonesia, diantaranya adalah bunga melati sebagai puspa bangsa, bunga anggrek bulan symbol  puspa pesona, bunga patma raksasa adalah simbol puspa langka.

Selain Flora Indonesia, indonesia dikenal Fauna Indonesia yang beraneka ragam. Hal tersebut diseabkan oleh keadaan alam, gerakan hewan, dan juga rintangan alam.

Persebarannya bisa dilihat pada peta Indonesia sesuai daerahnya masing-masing. Untuk Indonesia sendiri menggolongkan jenis-jenis  fauna yang terbagi menjadi  3 golongan, diantaranya :

Fauna Peralihan. Fauna jenis ini memang sangat  mudah ditemukan di peta Indonesia pada bagian tengah: Sulawesi dan Nusa Tenggara. Hewan jenis  ini disebut hewan asli Indonesia yang tidak bisa ditemui di negara lain. Untuk Persebaran hewan ini termasuk fauna peralihan diantaranya ialah babi rusa, komodo,  anoa daratan dan burung maleo.
Penggolongan fauna peralihan berdasar pengelompokan oleh Alfred Russel Wallace dan juga Max Wilhelm Carl Weber.

Fauna Tipe Asiatis. Fauna Type ini berdasarkan peta Indonesia dan persebarannya pada bagian barat Indonesia hingga Selat Makassar danjuga  Selat Lombok. Hewan-hewan ini hidup didaerah jenis hewan menyusui yang besar, diantaranya adalah harimau, gajah, badak, beruang, dan orang utan.

Fauna Tipe Australis. Jika diperhatikan dari peta Indonesia, fauna jenis ini akan sangat mudah ditemukan pada timur Indonesia seperti  Papua dan sekitarnya. Contoh fauna satu ini seperti burung kasuari, cendrawasih, dan juga kakaktua.

# Demografi Indonesia

Demografi Indonesia

Berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik, penduduk Indonesia mempunyai populasi hampir 270.054.853 juta jiwa di tahun 2018 ini. Indonesia adalah  negara yang luas juga mempunyai penduduk yang jumlahnya begitu  besar. Tidak heran bila Indonesia menempati posisi 4 dengan penduduk terbesar didunia.

Tetapi diantara 5 pulau besar Indonesia, Pulau Jawa adalah  pulau dengan penduduk terbanyak tepatnya di ibukota  Jakarta yang begitu padat penduduknya.

Penduduk Indonesia sebagian besar adalah  bangsa Austronesia, ada juga kelompok Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia. Dan akhirnya setiap daerah pada setiap pulau mempunyai  jenis suku masing-masing yang menjadi suatu  identitas  daeraha mereka. Di Indonesia terdapat beberapa agama yang telah diakui, diantaranya Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu. Selain itu terdapat kepercayaan yang penduduk Indonesia terutama pada daerah pedalaman-pedalaman. Sedangkan kelompok mayoritas adalah penduduk agama  Islam.

# Topografi Dan Iklim Di Indonesia


Indonesia negara yang terletak pada garis khatulistiwa umumnya mempunyai iklim yang tropis. tidak heran lagi  jika Indonesia mempunyai  dua musim, yaitu musim hujan dan juga musim kemarau. Indonesia dikenal negara maritim yang mempunyai  perairan luas ditambah letaknya diapit dua Samudera  besar menjadikan Indonesia beriklim laut. Dengan iklim ini, tentunya  kelembagaan udara cukup tinggi bisa mencapai  lebih dari 80%. Hal ini disebabkan sifat kepulauan daerah tropis sehingga biasa disebut iklim tropis basah.
Topografi Dan Iklim Di Indonesia

Keuntungan adanya iklim laut ini diantaranya adanya pengaruh angin laut yang nantinya bisa membawa kelembapan ke daratan. Sehingga, bisa menyejukkan daratan yang panas dan juga daerah kering pada musim kemarau. Sedangkan untuk  malam harinya memang tidak terlalu dingin sebab pengaruh laut yang hangat.Kepulauan di Indonesia terdiri atas dataran rendah, dataran tinggi, dan juga pegunungan dengan puncak-puncak menjulang tinggi menciptakan variasi iklim. Untuk  kawasan Indonesia ada iklim tropis lembab di daratan rendah dan juga iklim salju abadi pada puncak pegunungan Jaya Wijaya. Terdapat  juga iklim hujan tropis pada daerah hadap angin dan iklim kering pada daerah bayangan hujan.

# Peta Indonesia Vektor

Kamu suka dan sering desain gambar, logo, poster, dan sebagainya . Trus desain tersebut bertema nasionalis dan sebagainya yang tentunya membutuhkan konten peta indonesia di dalam desain yang akan dibuat. Silahkan dowload peta indonesia DI SINI  bentuk cdr, sehingga bisa dengan mudah mengedit, dan menyesuaikan ukuran serta warna sesuai selera dan kebutuhan.
Peta Indonesia Vektor



Nah itulah beberapa informasi terkait gambar peta Indonesia beserta keanekaragaman didalamnya. Indonesia adalah negara kepulauan tentunya mempunyai keadaan geografis yang sangat-sangat menarik dengan letaknya sangat strategis.

Kerjasante.com Catatan Tulisan Admin menyajikan Info Gadget, Ragam Contoh, Tips Terbaru Dan Kumpulan Contoh Soal Soal CPNS/UNBK/USB Jika tulisan ini terasa menarik jangan lupa SHARE Terimakasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar