Skip to main content

Latihan Soal TKD CPNS Part I Lengkap Kunci Jawaban

Latihan Soal TKD CPNS Part I Lengkap Kunci Jawaban- salam semuanya pada kesempatan ini kami akan memberikan Kisi Kisi soal TKD CPNS dan doa pertama saya adalah semoga teman teman bisa lulus ketika menyimak materi yang kami sajikan ini

Tes Kompetensi Dasar (TKD) adalah tes yang digunakan ketika Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). SKD adalah salah satu tahapan tes saat Seleksi Penerimaan CPNS atau saat Seleksi Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Sekolah Kedinasan ( IPDN, STIS, PKN STAN,STSN,  STTD, STIN,STMKG, POLTEKIP & POLTEKIM).
Latihan Soal TKD CPNS Part I Lengkap Kunci Jawaban

TKD yang terdiri dari 100 soal yang wajib untuk dikerjakan dalam waktu 90 menit. Selain itu 100 soal tersebut, TKD terdiri dari 3 subtes yaitu:


  1. TWK (Tes Wawasan Kebangsaan). TWK adalah sub pertama TKD yang menguji pengetahuan wawasan kebangsaan dari peserta seperti halnya pengetahuan  UUD 145, sejarah perjuangan bangsa, dll. TWK terdiri 35 soal & mempunyai Passing Grade 75. Ketentuan skor TWK ialah jawaban benar bernilai 5 dan jawaban salah nilai0.
  2. TIU (Tes Intelegensi Umum). TIU adalah subtes ke dua TKD yang menguji kemampuan intelegensi peserta, soalnya adalah perhitungan  logika,matematika, dll. TIU yang terdiri dari 30 soal & mempunyai Passing Grade 80. Ketentuan untuk skor TIU ialah jawaban benar bernilai 5 untuk jawaban salah bernilai 0.
  3. TKP (Tes Karakteristik Pribadi). TKP adalah subtes ke tiga dari TKD yang merujuk pada karakteristik kepribadian peserta, soalnya adalah  soal-soal kepribadian. TKP terdiri 35 soal & mempunyai Passing Grade 143. Ketentuan skor TKP dengan skornya dalam rentang 1-5, jadi untuk jawaban terbaik bernilai 5 untuk jawaban terendah diberi nilai 1 untuk masing-masing soalnya.

Contoh Soal TKD CPNS Part I Lengkap Kunci Jawaban

Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Materi CPNS Daerah

1. Konsekuensi dan hubungan organis antara pancasila, pembukaan UUD 1945 dan batang tubuh UUD 1945 yang tidak dapat terpisahkan adalah …

A. Tiap pasal tidak boleh saling bertentangan
B. Nilai pancasila harus ada dalam tiap pasal
C. Unsur tersebut harus saling mengisi
D. Batang tubuh merupakan penjelasan pancasila
E. Unsur ideologi setiap bangsa

Jawaban: C. Unsur tersebut harus saling mengisi.
Konsekuensi dan hubungan organis antara pancasila, pembukaan UUD 1945 dan batang tubuh UUD 1945 yang tidak dapat terpisahkan adalah unsur tersebut harus saling mengisi.

2. Pengamalan pancasila sebagai dasar negara mengandung keharusan-keharusan dan larangan-larangan yang harus dilaksanakan oleh setiap warga negara tanpa terkecuali. Norma dasar yang harus kita perhatikan dalam mengamalkan pancasila sebagai dasar negara adalah

A. Ketetapan MPR
B. Pembukaan UUD 1945
C. Batang tubuh UUD
D. UU
E. Ketentuan hukum

Jawaban : B. Pembukaan UUD 1945
Dalam pembukaan UUD 1945 pada alenia IV diterangkan bahwa indonesia berdasarkan pancasila, dimana sila-sila pancasila ini dijadikan dasar bertingkah laku.

3. Pancasila dikatakan sebagai ideologi terbuka karena memiliki nilai-nilai yang di anggap baik dan benar oleh masyarakat indonesia. Hal ini berarti pancasila memiliki dimensi

A. Dimensi idealistis
B. Dimensi subjektifutas
C. Dimensi realitas
D. Dimensi objektifitas
E. Dimensi normative

Jawaban : A. Dimensi idealistis

Pembahasan :
Pancasila berdimensi idealistis mengandung cita-cita yang ingin diicapai dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila bukan saja memenuhi dimensi idealisme ini tetapi juga berkaitan dengan dimensi realitas. Sehingga Pancasila memiliki dimensi idealitas, karena pancasila memiliki nilai-nilai yang di anggap baik dan benar oleh masyarakat indonesia.

4. Pembukaan UUD 1945 tidak boleh dirubah oleh siapapun karena ...

A. Akan membubarkan negara
B. Merupakan janji
C. Warisan pahlawan
D. Tidak sesuai
E. Harus diupdate

Jawaban : A. Akan membubarkan negara.

Merubah isi pembukaan UUD 1945, berarti pembubaran negara yang diproklamasikan pada 17 Agustus 1945.


5. Pada umumnya UUD memuat tentang ...

1. Tujuan negara
2. Bentuk negara
3. Bentuk pemerintah
4. Pembagian kekuasaan negara

Jawaban : E (semua jawaban benar )

UUD memuat diantaranya tujuan negara, bentuk Negara, bentuk pemerintahan, dan pembagian kekuasaan.

6. Berbagai konvensi internasional yang berkaitan dengan hak asasi manusia telah diratifikasi dalam bentuk undang-undang. Ratifikasi adalah ...

A. Penyesuaian
B. Perubahan
C. Penyerapan
D. Pelaksanaan
E. Pengesahan


Jawaban : E. Pengesahan

Pembahasan:

Ratifikasi merupakan pengesahan suatu dokumen negara oleh parlemen, khususnya pengesahan UUD, perjanjian negara, dan persetujuan hukum internasional.
Ratifikasi adalah proses adopsi perjanjian internasional, atau konstitusi atau dokumen yang bersifat nasional lainnya (seperti amandemen terhadap konstitusi) melalui persetujuan dari tiap entitas kecil di dalam bagiannya. Proses ratifikasi konstitusi sering ditemukan pada negara federasi seperti Amerika Serikat atau konfederasi seperti Uni Eropa.
Pada pasal 2 Konvensi Wina 1969, ratifikasi didefinisikan sebagai tindakan internasional dimana suatu Negara menyatakan kesediaannya atau melahirkan persetujuan untuk diikat oleh suatu perjanjian internasional. Karena itu ratifikasi tidak berlaku surut, melainkan baru mengikat sejak penandatanganan ratifikasi

7. Menjelang proklamasi muncul perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda mengenai waktu yang tepat untuk memproklamasikan kemerdekaan indonesia.

SEBAB

Golongan muda dibawah pimpinan Chaerul Saleh menculik Soekarno-Hatta dan membawanya ke rengasdengklok.
Jawaban : B.
Perbedaan antara golongan tua dan muda disebabkan karena golongan muda menginginkan terjadinya proklamasi kemerdekaan secepatnya setelah jepang kalah dari sekutu tanggal 14 agustus 1945. Sedangkan golongan tua menginginkan proklamasi kemerdekaan harus menunggu perintah jepang melalui sidang PPKI. Namun pernyataan dan alasan tidak memiliki hubungan.

8. Pristiwa 17 Oktober 1952 adalah demonstrasi yang menuntut ...

A. Pembubaran parlemen
B. Percepatan pelaksanaan pemilihan umum
C. Pembubaran partai-partai politik
D. Retooling kabinet
E. Nasionalisasi perusahaan-perusahaan belanda di indonesia

Jawaban : A. Pembubaran parlemen

Pembahasan: pristiwa 17 Oktober 1952 adalah demostrasi yang terjadi pada kabinet Wilopo untuk membubarkan parlemen (DPRS) karena di anggap campur tangan dalam masalah internal AD.

9. Teori yang mengedepankan kemiskinan negara-negara dunia ketiga lebih disebabkan oleh struktur perekonomian dunia yang bersifat eksploitatif adalah teori ….

A. lokasi
B. modernisasi
C. ketergantungan
D. struktural

JAWABAN:

C. ketergantungan
Teori ketergantungan mengedepankan kemiskinan negara-negara dunia ketiga lebih disebabkan oleh struktur perekonomian dunia yang bersifat eksploitatif Adapun:

- Teori lokasi tidak mengedepankan kemiskinan negara-negara dunia ketiga lebih disebabkan oleh strktur perekonomian dunia yang bersifat eksploitatif

- Teori modernisasi tidak mengedepankan kemiskinan negara-negara dunia ketiga lebih disebabkan oleh struktur perekonomian dunia yang bersifat eksploitatif

- Teori struktural tidak mengedepankan kemiskinan negara-negara dunia ketiga lebih disebabkan oleh struktur perekonomian dunia yang bersifat eksploitatif

10. Roucek dan warren dalam bukunya Sociology an introduction mengemukakan bahwa salah satu ciri khas masyarakat desa adalah faktor geografis karena mempunyai arti penting sebagai suatu prinsip terbentuknya organisasi/asosiasi karena:

A. Berbeda dengan orang kota yang pengelompokkannya berdasarkan atas kepentingan, pengelompokkan orang desa lebih berdasarkan atas kedaerahan
B. Perasaan setia antara sesama warga suatu masyarakat atau kelompok sosial lainnya 
C. Pemilahan antara dua hal atau konsep yang bertentangan atau berseberangan satu sama lain
D. Wilayah dan masyarakat di luar desa yang secara administratif berada di atas desa

JAWABAN:

A. Berbeda dengan orang kota yang pengelompokkannya berdasarkan atas kepentingan, pengelompokkan orang desa lebih berdasarkan atas kedaerahan. Adapun:

- Perasaan setia antara sesama warga suatu masyarakat atau kelompok sosial lainnya adalah pengertian dari solidaritas sosial
- Pemilahan antara dua hal atau konsep yang bertentangan atau berseberangan satu sama lain, adalah pengertian dari dikotomi
- Wilayah dan masyarakat di luar desa yang secara administratif berada di atas desa adalah pengertian dari supra desa

11. Eksistensi desa yang bersifat otonom, bebas dari pengaruh dan pengendalian pihak luar menandakan desa berada dalam salah satu tahap evolusi politik sebagaimana yang dikemukakan oleh Elman Service yakni tahap:

A. Band B. Tribe
C. Chiefdom D. State

JAWABAN: B. Tribe

- band adalah tahap masyarakat desa hidup dari berburu dan meramu yang tidak menetap di suatu tempat secara permanen
- dalam tahap chiefdom desa telah terkoodinasi secara sendtral dan diperintah dari atas ke bawah
- dalam tahap state, kekuasaan Negara mencampuri hamper semua aspek kehidupan desa

12. Fungsi keluarga merupakan faktor pendukung dari family control, berikut ini yang termasuk fungsi keluarga kecuali :

A. Fungsi reproduksi B. Fungsi ekonomi C. Fungsi sosial
D. Fungsi komunitas

JAWABAN:

D. Fungsi komunitas

Fungsi komunitas bukan merupakan faktor pendukung dari family control adapun:

- fungsi reproduksi merupakan faktor pendukung dari family control
- fungsi ekonomi merupakan faktor pendukung dari family control
- fungsi sosial merupakan faktor pendukung dari family control

13. Yang mempunyai peranan dalam lembaga adat desa-desa di Indonesia adalah sebagai berikut,kecuali :

A. Ikatan genealogis 
B. Ikatan daerah
C. Agama
D. Gotong royong

Jawaban:

D. Gotong royong
Gotong royong tidak mempunyai peranan dalam lembaga adat desa-desa di Indonesia. Adapun:

- ikatan genealogis mempunyai peranan dalam lembaga adat desa–desa di Indonesia
- ikatan daerah mempunyai peranan dalam lembaga adat di desa–desa di Indonesia-
- ikatan Agama mempunyai peranan dalam lembaga adat di desa–desa di Indonesia

14. Salah satu alasan petani huma dikategorikan sebagai komunitas petani, hal ini karena: 

A. Menerapkan suatu sistem yang konsisten dalam cocok tanam mereka
B. Rendahnya kemampuan perorangan untuk mengendalikan masa depan mereka
C. Berkaitan dengan pandangan sempit sebatas lokalitas dalam mana seseorang tinggal/hidup
D. Sumber-sumber ekonomi yang mengatur dirinya sendiri (self regulated) digunakan seluruhnya dan sifatnya stabil

JAWABAN:

A. Menerapkan suatu sistem yang konsisten dalam cocok tanam mereka Adapun:
- Rendahnya kemampuan perorangan untuk mengendalikan masa depan mereka adalah pengertian dari fatalisme
- Berkaitan dengan pandangan sempit sebatas lokalitas dalam mana seseorang tinggal/hidup adalah pengertian dari lokaliteness
- Sumber-sumber ekonomi yang mengatur dirinya sendiri (self regulated) digunakan seluruhnya dan sifatnya stabil adalah karakteristik ekonomi klasik menurut John M. Keynes

15. Modernisasi ternyata mempengaruhi kehidupan masyarakat desa, termasuk gaya hidup perkotaan yang negatif, berikut ini adalah gaya hidup perkotaan yang negatif, kecuali :

A. Hedonisme
B. Konsumtivisme
C. saling rukun satu sama lain 
D. Sekularisme

JAWABAN:
C. saling rukun satu sama lain Adapun:

- hedonism adalah salah satu gaya hidup perkotaan yang negative
- konsumtivisme adalah salah satu gaya hidup perkotaan yang negative
- sekularisme adalah salah satu gaya hidup perkotaan yang negative

16. Pelayanan yang disediakan pemerintah daerah kepada masyarakat yang bersifat regulatif antara lain...

A. rumah sakit 
B. terminal
C. jalan dan pasar
D. kartu tanda penduduk

JAWABAN:
D. kartu tanda penduduk Adapun:

- rumah sakit, terminal, serta jalan dan pasar merupakan pelayanan yang bersifat public goods

17. Mekanisme yang dilakukan pemerintah daerah untuk menjamin dilaksanakannya sistem dan kebijakan manajemen sehingga tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah tercapai adalah ...

A. pengawasan 
B. pengendalian 
C. pemeriksaan 
D. pembinaan

JAWABAN:
B. pengendalian
pengendalian merupakan mekanisme untuk menjamin dilaksanakannya sistem dan kebijakan

adapun:

- Pengawasan merupakan kegiatan yang dilakukan pihak di luar eksekutif untuk mengawasi kinerja pemerintahan
- Pemeriksaan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pihak independen dan berkompeten untuk memeriksa apakah hasil kinerja pemda telah sesuai dengan standar atau kinerja yang ada
- Pembinaan merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tercapainya tujuan penyelenggaraan otonomi daerah.

18. Ciri pokok hubungan pusat-daerah dalam agency model antara lain pemerintah daerah...

A. memiliki tingkat kebebasan tertentu 
B. memiliki kewenangan secara formal
C. menyeimbangkan kekuasaan antara pusat dan daerah 
D. memiliki kewenangan terbatas

JAWABAN:
D. memiliki kewenangan terbatas Adapun:

- memiliki tingkat kebebasan tertentu merupakan ciri model kemitraan
- memiliki kewenangan secara formal merupakan ciri model kemitraan
- menyeimbangkan kekuasaan antara pusat dan daerah merupakan ciri model kemitraan

19. Karakteristik dekonsentrasi dalam bentuk field administration antara lain  ...

A. pegawai pusat yang bekerja di daerah berada di bawah pengawasan kepala wilayah 
B. kepala daerah melakukan koordinasi terhadap staf pelaksana pemerintah pusat
C. hubungan timbal balik dan hubungan koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah
D. aparatur pemerintah pusat yang bekerja di daerah berada di bawah arahan dan pengawasan pemerintah pusat

JAWABAN;

D. Aparatur pemerintah pusat yang bekerja di daerah berada di bawah arahan dan pengawasan pemerintah pusat
Adapun:

- pegawai pusat yang bekerja di daerah berada di bawah pengawasan kepala wilayah merupakan karakteristik local administration
- kepala daerah melakukan koordinasi terhadap staf pelaksana pemerintah pusat merupakan karakteristik local administration
- hubungan timbal balik dan hubungan koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah merupakan karakteristik devolusi

20. Urusan-urusan tertentu yang segera dapat diatur dan diurus oleh daerah sebagaimana ditetapkan dalam undang-undang pembentukan daerah disebut sebagai ...

A. urusan pusat 
B. urusan daerah
C. kewenangan pangkal 
D. isi otonomi daerah

JAWABAN:
C. kewenangan pangkal

Pada organisasi pemerintah, kegiatan yang dijalankan untuk mencapai tujuan didasarkan pada kewenangan yang dimilikinya.
Organisasi pemerintah daerah di Indonesia pada masa lalu disusun dengan dasar perhitungan :
- adanya kewenangan pangkal yang diberikan kepada daerah melalui undang-undang pembentukan daerah otonom;
- adanya tambahan penyerahan urusan berdasarkan pandangan pemerintah pusat;
- adanya pemberian dana/anggaran yang diikuti dengan pembentukan organisasi untuk menjalankan urusan dan menggunakan dana (prinsip Function Follow Money). Adapun:
- urusan pusat merupakan segala sesuatu yang menurut peraturan ditugaskan sendiri oleh pusat kepada dirinya
- urusan daerah merupakan segala sesuatu yang menurut peraturan ditugaskan pusat kepada daerah
- isi otonomi daerah merupakan jenis/macam urusan – urusan pemerintahan yang diserahkan kepada daerah

21. Karakteristik persebaran urusan pemerintahan kepada daerah yang menggunakan ajaran rumah tangga formil antara lain ...

A. setiap saat urusan rumah tangga daerah dapat ditambah sesuai dengan kesanggupan dan kemampuan daerah yang bersangkutan
B. urusan rumah tangga daerah tidak diperinci secara nominatif di dalam undang-undang pembentukan daerah
C. persebaran urusan pemerintahan antara pemerintah pusat dan daerah diperinci secara tegas di dalam peraturan perundang-undangan
D. urusan rumah tangga daerah sebagai modal pangkal ditetapkan dalam undang-undang pembentukan daerah

JAWABAN:
B. urusan rumah tangga daerah tidak diperinci secara nominatif di dalam undang-
undang pembentukan daerah
Adapun:

- setiap saat urusan rumah tangga daerah dapat ditambah sesuai dengan kesanggupan dan kemampuan daerah yang bersangkutan merupakan ciri ajaran rumah tangga riil.
- persebaran urusan pemerintahan antara pemerintah pusat dan daerah diperinci secara tegas di dalam peraturan perundang-undangan merupakan ciri ajaran rumah tangga materiil
- urusan rumah tangga daerah sebagai modal pangkal ditetapkan dalam undang-undang pembentukan daerah merupakan ciri ajaran rumah tangga riil

22. Organisasi perangkat daerah sebagai pembantu kepala daerah dalam penyusunan kebijakan dan koordinasi adalah ...

A. sekretariat daerah
B. lembaga teknis daerah 
C. badan atau kantor
D. dinas daerah

JAWABAN:
A. sekretariat daerah Adapun:

- lembaga teknis daerah merupakan unsur pendukung tugas kepala daerah dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah yang bersifat spesifik
- badan atau kantor merupakan bentuk lembaga teknis daerah
- dinas daerah merupakan unsur pelaksana urusan daerah
23. Jika distribusi penerimaan kepada daerah didasarkan pada atau menurut asal sumber penerimaan, maka model hubungan keuangan pusat –dae rah yang digunakan adalah...

A. by origin
B. by formula
C. by percentage
D. money follow function

JAWABAN:
A. by origin

by origin merupakan model hubungan keuangan pusat-daerah berdasar asal sumber
penerimaan
Adapun:
- by formula merupakan model hubungan keuangan pusat- daerah berdasar formula tertentu
- by percentage merupakan model hubungan keuangan pusat – daerah berdasar persentase tertentu
- money follow function merupakan pendanaan mengikuti fungsi yang harus dilaksanakan pemda

24. Pajak daerah yang dipungut kabupaten, kota besar dan kota kecil pada masa berlaku Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1948 antara lain ...

A. pajak kendaraan tidak bermotor 
B. pajak kendaraan bermotor
C. pajak perorangan 
D. landrente

JAWABAN:
A. pajak kendaraan tidak bermotor.
ajak kendaraan tidak bermotor pajak ini merupakan kelanjutan pemungutan pajak daerah sejak jaman Hindia Belanda
Adapun:

- pajak kendaraan bermotor merupakan pajak negara yang diserahkan kepada daerah berdasarkan ordonantie financieele
- pajak perorangan merupakan pajak negara yang diserahkan kepada daerah berdasarkan ordonantie financieele
- landrente merupakan pajak negara yang diserahkan kepada daerah berdasarkan ordonantie financieele

25. Sumber pendanaan daerah yang berasal dari pendapatan asli daerah dan dana bagi hasil disebut sebagai ..

A. alokasi dasar 
B. kapasitas fiskal 
C. celah fiskal
D. kebutuhan fiskal

JAWABAN:
B. kapasitas fiskal
kapasitas fiskal merupakan dana yang bersumber dari PAD dan dana bagi hasil Adapun:

- alokasi dasar merupakan alokasi dana dari pemerintah pusat kepada pemda yang dihitung berdasar jumlah pegawai negeri sipil daerah
- celah fiskal merupakan kebutuhan fiskal dikurangi dengan kapasitas fiskal daerah
- kebutuhan fiskal merupakan kebutuhan pendanaan daerah untuk melaksanakan fungsi layanan dasar umum

26. Fungsi pokok pemerintah pada tahap unifikasi primitif adalah ...

A. melindungi modal yang berasal dari rakyat
B. mempersatukan rakyat yang belum terikat kuat 
C. mengijinkan dan membantu modernisasi ekonomi
D. memberikan dasar bagi pengaturan dan pengorganisasian kembali struktur sosial

JAWABAN:
B. mempersatukan rakyat yang belum terikat kuat adapun:
- melindungi modal yang berasal dari rakyat adalah fungsi pokok pemerintah pada tahap kesejahteraan nasional
- mengijinkan dan membantu modernisasi ekonomi adalah fungsi pokok pemerintah pada tahap industrialisasi
- memberikan dasar bagi pengaturan dan pengorganisasian kembali struktur sosial adalah fungsi pokok pemerintah pada tahap politik

27. Hak dalam memilih pendidikan termasuk dalam hak asasi 

A. politik
B. ekonomi
C. sosial dan kebudayaan 
D. pribadi

JAWABAN:
C. sosial dan kebudayaan
hak sosial dan kebudayaan adalah hak memilih pendidikan, mengembangkan kebudayaan, dsb
Adapun:

- hak asasi politik adalah hak ikut serta dalam pemerintahan, hak pilih dan dipilih dalam pemilu, hak berserikat dan berorganisasi, dsb
- hak ekonomi adalah hak membeli sesuatu, memiliki dan menjualnya serta memanfaatkannya, dsb
- hak pribadi adalah kebebasan memeluk agama, menyatakan pendapat, bergerak, dsb

28. Pada masa Demokrasi Terpimpin partai politik telah dipandang bertindak memecah belah persatuan bangsa karena terlalu mementingkan ideologi masing-masing. Salah satu strategi pemerintah Orde Baru dalam mengatasi persoalan tersebut adalah membebaskan rakyat di daerah pedesaan terhadap kegiatan-kegiatan politik, dengan memutuskan hubungan mereka dengan partai-partai politik. Strategi ini dikenal dengan ...

A. massa mengambang
B. penataran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) 
C. pencanangan Pancasila sebagai satu-satunya asas
D. penyederhanaan dan pengelompokan ideologi

JAWABAN:

A. massa mengambang
massa mengambang adalah pembebasan rakyat di pedesaan terhadap kegiatan politik
Adapun:

- penataran P4 adalah untuk melancarkan sosialisasi ideologi dalam masyarakat
- pencanangan Pancasila sebagai satu-satunya asas adalah untuk menyeragamkan ideologi dalam organisasi massa
- penyederhanaan dan pengelompokkan ideologi adalah untuk menyederhanakan ideologi dalam partai politik

29. Fungsi ideologi bagi suatu negara antara lain sebagai ..

1. sarana pengejawantahan orientasi dasar yang dimiliki oleh suatu bangsa
2. pedoman bagi masyarakat dalam menjalankan peran dan fungsinya masing-masing
3. lambang kekuasaan dan kenegaraan bagi elit penguasa

JAWABAN: A. Jawaban 1 dan 2 Benar.
fungsi ideologi negara adalah sebagai sarana pengejawantahan orientasi dasar yang dimiliki oleh suatu bangsa dan pedoman bagi masyarakat dalam menjalankan peran dan fungsinya masing-masing. Sedangkan ideologi tidak berfungsi sebagai lambang kekuasaan dan kenegaraan bagi elit penguasa

30. Pada dasarnya hak-hak politik mencakup hak 

1. menyatakan pendapat
2. ikut serta dalam pembelaan negara
3. memperoleh perlindungan hukum

JAWABAN: B. Jawaban 1 dan 3 Benar.
Hak politik mencakup hak menyatakan pendapat dan memperoleh perlindungan hukum. Sedangkan turut serta dalam pembelaan negara merupakan kewajiban politik.

31. Aspek positif dari sistem pemilihan proporsional adalah ...

1. sistemnya sederhana dan mudah dilaksanakan
2. dianggap demokratis dan representatif
3. wakil rakyat yang terpilih dengan sistem ini diharapkan lebih mengutamakan kepentingan nasional

JAWABAN: C. Jawaban 2 dan 3 Benar.
Aspek positif dari sistem pemilihan proporsional adalah dianggap demokratis dan representatif, serta wakil rakyat yang terpilih dengan sistem ini diharapkan lebih mengutamakan kepentingan nasional. Sedangkan sistem pemilu yang sederhana dan mudah dilaksanakan adalah sistem distrik

32. Pembangunan politik yang terjadi pada masa Demokrasi Parlementer antara lain ...
1. terlaksananya pemilihan umum yang bebas tahun 1955
2. terbentuknya banyak partai politik
3. dikeluarkannya undang-undang darurat perang tahun 1957

JAWABAN: A. Jawaban 1 dan 2 Benar.
Pembangunan politik yang terjadi pada masa Demokrasi Parlementer antara lain terlaksananya pemilihan umum yang bebas tahun 1955, serta terbentuknya banyak partai politik. Sedangkan dikeluarkannya undang-undang darurat perang tahun 1957 bukan merupakan pembangunan politik

33. Rakyat secara sadar patuh pada setiap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Kepatuhan masyarakat ini terjadi karena adanya . . . . . yang melekat pada pemerintah untuk menciptakan keamanan dan ketertiban.

A. Kewenangan
B. Pengaruh
C. Kewajiban
D. Kharisma

JAWABAN:
A. Kewenangan
karena adanya kewenangan yang melekat pada pemerintah untuk menciptakan keamanan dan ketertiban

34. Pemerintah wajib memberikan layanan publik secara profesional kepada masyarakat sebab layanan publik oleh birokrasi publik bertujuan untuk . . . . .

A. Mempercepat penyelesaian tugas birokrasi
B. Mengejar performance organisasi modern
C. Menyejahterakan masyarakat
D. Menunjukkan efektivitas birokrasi

JAWABAN:
C. Menyejahterakan masyarakat
layanan publik oleh birokrasi publik bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat
Adapun:
- Mempercepat penyelesaian tugas birokrasi tujuan utamanya mengembangkan kemampuan dan kreativitas masyarakat demi tujuan bersama yaitu welfare state
- Mengejar performance organisasi modern tujuan utamanya mengembangkan kemampuan dan kreativitas masyarakat demi tujuan bersama yaitu welfare state
- Menunjukkan efektivitas birokrasi tujuan utamanya mengembangkan kemampuan dan kreativitas masyarakat demi tujuan bersama yaitu welfare state

35. Teori asal mula negara yang mengasumsikan terbentuknya negara sebagai hasil pendudukan dan penaklukan kelompok etnis yang lebih kuat terhadap kelompok etnis yang lemah, adalah Teori

A. Kekuatan 
B. Keturunan 
C. Organis 
D. Daluarsa

JAWABAN: A. Kekuatan
Teori Kekuatan berdasar atas asumsi bahwa negara yang pertama adalah hasil dominasi dari kelompok yang lebih kuat terhadap kelompok yang lemah.
Adapun:
- Teori Keturunan bukan teori tentang asal-usul negara
- Teori Organis tidak mengasumsikan negara sebagai hasil penaklukan kelompok etnis yang lebih kuat terhadap kelompok etnis yang lemah
- Teori Daluarsa tidak mengasumsikan negara sebagai hasil penaklukan kelompok etnis yang lebih kuat terhadap kelompok etnis yang lemah

36. Jumlah penduduk yang besar berpengaruh terhadap lingkungan sistem pemerintahan Indonesia, yang dalam konsep sistem pemerintahan dikategorikan sebagai faktor

A. fisik
B. geografi
C. demografi
D. struktur

JAWABAN:
C. demografi
faktor demografis  merupakan  cerminan  jumlah penduduk  yang merupakan modal
bagi proses pembangunan
Adapun:
- faktor fisik tidak terkait jumlah penduduk
- faktor geografi tidak terkait jumlah penduduk
- faktor struktur tidak terkait jumlah penduduk

37. Pada hakikatnya rakyat dan negara bagian di Indonesia pada masa diberlakukannya UUD 1950, menginginkan kembali ke bentuk negara kesatuan, yang ditandai oleh adanya

A. Negara Pasundan menproklamirkan sebagai Negara Islam Serikat
B. Negara Jawa Timur mengusulkan penyerahan tugas-tugas pemerintahan kepada pemerintah federal
C. Dewan Konstituante menyatakan dirinya mampu menyusun konstitusi pengganti UUD 1950
D. Presiden Soekarno membubarkan pembentukan Negara Pasundan

JAWABAN:
B. Negara Jawa Timur mengusulkan penyerahan tugas-tugas pemerintahan kepada pemerintah federal
Federalisme ternyata tidak cocok diterapkan di Indonesia pada masa awal kemerdekaan. Hal ini dibuktikan dengan tindakan negara bagian Jawa Timur untuk menggabungkan diri dengan negara federal

ADAPUN:
- Negara Pasundan memproklamirkan diri sebagai NIS bukan indikasi negara kesatuan
- penyusunan konstitusi pengganti UUD 1950 bukan indikasi negara kesatuan
- pembubaran Negara Pasundan bukan indikasi Negara Kesatuan

38. Kegagalan Konstituante dalam menetapkan UUD baru sebagai pengganti UUDS 1950 disebabkan oleh

A. adanya perbedaan tentang paham kenegaraan yang akan diletakkan dalam konstitusi
B. persaingan di tubuh Konstituante untuk menduduki posisi DPR
C. pergantian sistem pemerintahan dari sistem parlementer ke presidensial
D. persaingan antara partai politik untuk memasukkan masing-masing kepentingannya

JAWABAN:
A. adanya perbedaan tentang paham kenegaraan yang akan diletakkan dalam konstitusi.
Konstituante gagal mempersatukan pertentangan antara kelompok politisi Islam dan kelompok nasionalis dalam merumuskan UUD yang baru Adapun:
- kegagalan Konstituante bukan disebabkan oleh persaingan memperebutkan posisi
DPR
- kegagalan Konstituante bukan karena pergantian sistem pemerintahan
- kegagalan Konstituante bukan karena konflik antar partai politik

39. Atlet indonesia yang berhasil meraih mendali emas pada olimpiade atlanta, tahun 1996 adalah .....

A.  Mia audina
B. Lisa rumbewas
C. Rexy mainaky
D. Taufik hidayat
E. Denny kantono

Jawaban : C.  Rexy mainaky

Rexy mainaky dan Ricky subagja berhasil mempersembahkan mendali emas bulutangkis ganda putra bagi kontigen indonesia.

40. Indonesia sebagian besar terdiri daerah lautan. Ibukota provinsi dibawah ini mempunyai pelabuhan laut, kecuali ...

A. Mataram
B. Bengkulu
C. Ambon
D. Bandung

Jawaban : D. Bandung
Kota bandung adalah salah satu ibukota provinsi yang tidak mempunyai pelabuhan laut.

41. Jumlah barang dan jasa yang dihasilkan di suatu negara selama 1 tahun disebut ...

A. Pendapatan negara
B. Investasi
C. Product domestic bruto
D. Product domstic netto
E. Pajak penghasilan

Jawaban : C. Product Domestic Bruto
Produk Domestik Bruto adalah disingkat (PDB) yaitu jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu negara tertentu, atau merupakan jumlah nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit ekonomi. PDB atas dasar harga berlaku menggambarkan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung menggunakan harga yang berlaku pada setiap tahun, sedangkan PDB atas dasar harga konstan menunjukkan nilai tambah barang dan jasa tersebut yang dihitung menggunakan harga yang berlaku pada satu tahun tertentu sebagai dasar. PDB atas dasar harga berlaku dapat digunakan untuk melihat pergeseran dan struktur ekonomi, sedang harga konstan digunakan untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun.

42. Kalimat yang tidak merupakan pola dasar kalimat bahasa indonesia adalah ....

A. Ayah membaca surat kabar
B. Kakak ke pasar
C. Ateng pelawak
D. Gareng berenang
E. Kursi malas

Jawaban : E. Kursi Malas
Pembahasan : pada bahasa indonesia, sebuah susunan kata dinamakan kalimat jika sekurang-kurang nya memiliki pola dasar ( subjek – predikat ). Kursi malas bukan kalimat melainkan kata majemuk.

43. Pegawai negeri tidak di perkenankan beristri dua orang .

Makna ber – pada kalimat tersebut sama dengan makna  ber – pada kalimat berikut ...

A. Jangan bermain api
B. Pintu itu bergagang dua
C. Pria bertopi merah itu pemain sepak bola
D. Narkota beredar lewat pelabuhan yang ramai
E. Bertahun-tahun  konflik di timur tengah belum berakhir

Jawaban : B. Pintu itu bergagang dua
Pembahasan : makna beristri adalah mempunyai atau memiliki istri. Imbuhan ber-yang bermakna sama terdapat dalam kalimat pintu itu bergagang dua. (bergagang = memiliki gagang dua buah)

44. Bentuk berawalan me-  yang merupakan kata kerja transitif ialah ...

A. Mengerti
B. Merokok
C. Melompat
D. Memasak
E. Menangis

Jawaban : D. Memasak
Kata kerja transitif adalah kata kerja yang memerlukan adanya objek. Jika objek nya ditiadakan terasa belum lengkap, misalnya memasak. Jika tidak dilengkapi dengan subjek nya terasa belum lengkap (memasak apa).

45. Sunyi itu duka Sunyi itu kudus Sunyi itu lupa Sunyi itu lampus
Bentuk bahasa di atas mengandung gaya bahasa ...

A. Eufemisme
B. Paralelisme
C. Pleonasme
D. Sarkasme
E. Alegori

Jawaban : B. Paralelisme
Kata sunyi dalam puisi itu diulang-ulang. Gaya bahasa seperti ini disebut anafora (paralelisme). Anafora ialah gaya bahasa repetisi yang merupakan perulangan kata pertama pada setiap baris atau kalimat. Majas anafora merupakan bentuk majas perulangan yang menempatkan kata atau frasa yang sama di depan suatu puisi.

46. Tony is going to return to aceh as soon as he ... his university diploma’s degree.

A. Gets
B. Will get
C. Would get
D. Got

Jawaban : A. Gets
Tony is going to return to aceh as soon as he gets his university diploma’s degree.
(pola kalimat tersebut = present continous tense + as soon as + simple present).

47. ... discussed before the director proposed it.

A. The economic crisis had been
B. The economic crisis being
C. The economic crisis has already been
D. The economic crisis is already

Jawaban : A. The economic crisis had been
Pembahasan : klausa kedua kalimat di atas berupa simple past, maka klausa
pertama harus berupa past perfect ( s + had + v3).

48. ..., which is the highest in the range, appears challenging.

A. Climbing the mountain
B. The mountans
C. Up the mountains
D. The mountain that is

Jawaban : A. Climbing the mountain
Pembahasan : kata kerja utama APPEARS tidak memiliki subjek yang seharus nya berupa kata benda atau frasa kata benda. THE MOUNTAINS merupakan bentuk jamak padahal kata kerja APPEARS dipakai untuk bentuk tunggal. Jawaban mungkin hanya pilihan A, frasa kata benda menggunakan gerund.

49. A separate account is kept for each asset, liabilities, and capital item ... information can be recorded for each one of them.

A. In order to
B. So that
C. For
D. Despite

Jawaban : B. So that
A separate account is kept for each asset, liabilities, and capital item ... information can be recorded for each one of them. ( akun yang terpisah disimpan untuk setiap aset, jaminan, dan item dana ... informasi dapat di catat untuk masing-masing dari item itu). Klausa kedua merupakan akibat dari klausa pertama sehingga kata penghubung yang tepat adalah yang berarti sehingga (so that ).

50. SINONIM: EVOKASI= ….

A. Penanggulangan bencana
B. Pemindahan korban
C. Penyelamatan
D. Penggugah rasa
E. Pemberiaan maaf

Jawaban: D. Penggugah rasa
Penggugah rasa, penggugah jiwa

Untuk Latihan Soal 51 - 100 Dapat Dilihat Pada Latihan Soal CPNS Bagian I

Buka Komentar
Tutup Komentar